Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

5 Beasiswa Fully Funded di Korea Selatan

1. Global Korea Scholarship

Fully funded scholarship Global Korea Scholarship South Korea for Masters, PHD, and Research Programs
sumber: scholarships corner

Global Korea Scholarship (GKS) merupakan beasiswa yang dari pemerintah Negeri Ginseng untuk kalian yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S1 hingga S3 di Korea Selatan. Beasiswa yang cukup banyak di minati oleh para pemburu beasiswa dari Indonesia ini biasanya mulai buka pada bulan September (untuk pelamar S1) dan Februari (untuk pelamar S2 dan S3). GKS tidak mewajibkan calon pelamarnya untuk memiliki pengalaman bekerja, jadi beasiswa ini cocok untuk para fresh graduate yang ingin langsung melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Terdapat dua jalur untuk mendaftar beasiswa ini, yakni melalui kedutaan besar Korea Selatan dan melalui kampus yang ada di Korea Selatan. Beasiswa ini memiliki persyaratan seperti nilai IPK tidak kurang 2,64, English Proficiency Test (tergantung kampus tujuan) namun tidak wajib terlampirkan, TOPIK (Test of Proficiency in Korean) atau Tes Kemampuan Bahasa Korea untuk penutur asing minimal level 3, dan belum pernah mengikuti program GKS (kecuali mendapatkan rekomendasi dari kedutaan besar Korea Selatan di negara asalnya dan hanya berlaku satu kali).

Hayo, Bridgers berani nggak nih untuk daftar beasiswa pemerintah Korsel yang satu ini?

2. Posco Asia Scholarship Fellowship

Scholarship fully funded by Posco TJ Park Foundation to international potential leaders
sumber: info-scholarship

Posco Asia Fellowship merupakan beasiswa yang diberikan oleh POSCO TJ Park Foundation. Tujuan-nya yaitu untuk mendukung para calon pemimpin dan intelektual muda melalui pertukaran bakat antar negara di Asia. Beasiswa ini mencakup uang sekolah dan biaya hidup di Korea Selatan untuk para mahasiswa S1 dan S2 yang terpilih. Syarat untuk mendaftar beasiswa ini pun cukup mudah. Kalian hanya perlu memiliki ijazah S1 (bagi pendaftar program magister) dan S2 (bagi pendaftar program doktor), surat rekomendasi, transkrip nilai, dan juga sertifikasi kemampuan Bahasa Inggris atau English Proficiency Test.

Tunggu apa lagi? Persiapkan diri kamu dari sekarang, ya!

3. Yonsei Global Leader Fellowship

fully-funded scholarship provided by Yonsei University to international students
sumber: aseanop

Yonsei Global Leader Fellowship merupakan beasiswa yang disediakan oleh Yonsei University. Tertuju untuk para mahasiswa internasional yang berprestasi baik dalam bidang akademik, maupun non-akademik (terlibat dalam organisasi maupun kegiatan sukarelawan). Untuk dapat mendaftar pada beasiswa ini, harus mendapatkan rekomendasi dari universitas, atau mendapatkan Dean Award. atau gelar/penghargaan sejenis. Syarat lainnya yakni memiliki nilai TOEFL PBT minimal 600. Selain itu awardee beasiswa ini harus mampu untuk mempertahankan nilai GPA minimal 3,4/4,3 untuk dapat mempertahankan beasiswa ini.

Tertarik untuk mendaftar pada beasiswa ini? Persiapkan semua persyaratannya, ya!

4. Hyundai Motor Chung Mong-Koo Global Scholarship

Fully funded scholarship by Ching Mong-Koo Foundation to master and PhD degree
sumber: Hyundai-CMK Foundation

Hyundai Motor Chung Mong-Koo Global Scholarship merupakan beasiswa yang disediakan oleh Hyundai Chung Mong-Koo Foundation yang ditujukan untuk mendukung mahasiswa Internasional terbaik (program pascasarjana S2 dan S3) yang berpotensi untuk berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan antar negara ASEAN dan Republik Korea Selatan. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa dari negara ASEAN, termasuk Indonesia dan berfokus pada beberapa bidang studi seperti Ekonomi/Manajemen, Ilmu Sains dan Teknik Industri (teknologi informasi intelligent, bio-health, dan industri sustainable energy), Bahasa Korea atau studi tentang Korea. Beasiswa ini biasanya dibuka dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Desember dan Juni.

Tertarik untuk berkontribusi antarnegara ASEAN dan Republik Korea Selatan? Pastikan kamu cek semua persyaratan di official websitenya ya!

5. Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) Scholarship

Fully funded scholarship available for undergraduate students
sumber: info-scholarship

Kabar baik untuk kalian yang lulus SMA/SMK, KAIST Scholarship ini di peruntukkan untuk kalian yang lulus SMA/SMK dan ingin melanjutkan studi S1 ke Negeri Ginseng, Korea Selatan. Beberapa jurusan yang ada di KAIST yang bisa kamu pilih dalam beasiswanya adalah sebagai berikut.

  • FIPA: Jurusan Fisika, Jurusan Ilmu Matematika, dan Jurusan Kimia.
  • FIKB: Jurusan Ilmu Biologis. 
  • FT: Teknik Mesin, Teknik Dirgantara, Teknik Elektro, Ilmu Komputer, Teknik Sipil & Lingkungan, Teknik Bio & Brain, Desain Industri, Teknik Sistem & Industri, Teknik Biomolekuler & Kimia, Ilmu Material &  Teknik, Teknik Nuklir & Kuantum.
  • FB: Jurusan Bisnis dan Teknologi Manajemen. 

Beasiswa ini menawarkan biaya penuh perkuliahan selama 8 semester dengan catatan dapat mempertahankan GPA minimal 2.7 dari 4.3 setelah tahun pertama, biaya hidup sebesar 350.000 KRW per bulan, serta asuransi kesehatan nasional. 

Persyaratan untuk mendaftar pada beasiswa ini antara lain nilai IELTS minimal 6,5 serta 1 surat rekomendasi dari sekolah, nilai transkrip dan nilai hasil kelulusan SMA sederajat (Ujian Nasional/Ujian Sekolah), serta sertifikat penghargaan atau sertifikat pendukung lainnya.

Tertarik untuk mendapatkan Fully-funded Scholarship lainnya? Yuk check berbagai Info Beasiswa di sini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *