Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

5 Tips Untuk Bridgers Sebelum Kuliah Ke Luar Negeri

Siapa nih yang punya rencana studi ke luar negeri? Buat Bridgers yang sedang menempuh kelas 12 atau di akhir semester akhir sarjana pasti ada nih mimpi dan niat tersebut! Beragam negara seperti ke Kanada, Inggris, atau negara-negara lain di Eropa, sepertinya sangat seru ya? Nah, tapi sebelumnya apa aja nih persiapan yang perlu dilakukan? Bridgers harus mulai dari mana sih untuk bisa sampai goal kuliah di luar negeri? Yuk, simak tips dan langkah berikut!

Tentukan Jurusan

Sumber: Canva

Sebelum tentukan negara tujuan atau sesuaikan dengan budget untuk biaya hidup, harus ada langkah paling pertama dulu nih. Pastinya Bridgers harus tentukan dulu ya mau kuliah di jurusan apa atau fokus di bidang mana. Misal nih, Bridgers sudah mengetahui scope field yang mau ditempuh. Setelah itu Bridgers harus pastikan juga prospek karir yang cocok untuk Bridgers nantinya. Pastinya nggak mau dong rugi setelah berhasil masuk kuliah namun jurusan tidak sesuai. Sudah keluar budget banyak tapi malah gak sejalan dengan passion. Masalah ini bisa merugikan karir dan waktu kita yang terbuang kedepannya loh!

Di jaman modern ini sudah tersedia beragam bidang dan jurusan yang bisa mendukung passion-mu. Contoh jurusan di bidang Business: Business Analytics, Business Economics, Business for Agri-Food and Rural Enterprise, Business Information Technology. Contoh lain untuk Computer Science jurusannya meliputi: Computer Science with Software Development, Computer Science and Electronic Engineering. Satu jurusan pun dapat saling terhubung dan bercabang loh. Contohnya jurusan Computer Science bisa mempelajari juga Programming language theory, Computer graphics, Human-computer interaction, Artificial intelligence, dan masih banyak lagi.

Nah, gimana nih untuk bisa menentukan jurusan yang paling tepat buat Bridgers kuliah luar negeri? Jawabannya adalah dengan melakukan research yang baik. Pastikan untuk menggali dan pahami betul soal keinginan dan sesuaikan prospek karirnya. Plus Bridgers harus mempersiapkan dokumen secara rapi dan sesuai deadline dengan konsultasi langsung bareng agen seperti EduBridge.

Belajar Bahasa atau Persiapkan IELTS

Sumber: Canva

Nah, sembari lakukan research pilihan jurusan, jangan lupa untuk menguasai bahasa inggris dan tingkatkan skor IELTS ya! Mengapa IELTS? Karena salah satu persyaratan wajib untuk admission atau pendaftaran kuliah di luar negeri adalah dengan melampirkan skor IELTS terbaru yang masih memiliki masa berlaku valid. Skor IELTS sendiri memiliki masa validitas selama 2 tahun setelah sertifikat terbit. Kalian bisa memulainya dengan belajar mandiri di rumah dan mengerjakan soal-soal latihannya atau bisa juga ikuti bimbingan langsung dengan kursus IELTS di tempat terpercaya. Bila kalian tertarik, EduBridge juga punya program kelas IELTS yang siap membantu.

Cari Akomodasi atau Tempat Tinggal

Sumber: Canva

Pilih jurusan dan kampus tujuan sudah, skor IELTS pun juga sudah di tangan, nah sekarang saatnya Bridgers untuk cari tempat tinggal selama menjalani studi di negara tujuan. Jenis akomodasi di kampus-kampus di luar negeri biasanya ada dua, yaitu tempat tinggal di dalam kampus atau yang masih berlokasi di dalam area kampus, dan tempat tinggal yang ada di luar area kampus.

Biasanya untuk mahasiswa tahun pertama yang berkuliah di luar negeri, mereka akan memilih akomodasi dalam kampus agar mudah selama commute ke maupun dari kampus. Meski terletak dalam kampus, lingkungan sekitar yang ada di akomodasi dalam kampus juga sudah menyediakan banyak hal atau berbagai kebutuhan dasar yang penting bagi mahasiswa. Contohnya seperti supermarket untuk membeli groceries bulanan atau mingguan, communal laundry room untuk mencuci baju, dan jalur transportasi. Sebagai tambahan terdapat pula communal social space atau tempat berkumpul sesama mahasiswa, study areas untuk belajar dan diskusi bersama, fitness facilities untuk berolahraga dan melakukan banyak aktivitas fisik dan  hobi menarik, juga bahkan tersedia juga jasa on-site maintenance bila suatu saat terjadi kerusakan pada tempat tinggal kalian.

Accommodation off-campus atau tempat tinggal di luar area kampus tidak jauh berbeda dengan akomodasi dalam kampus, hanya saja tergantung dengan lokasi tempat tinggalnya. Bila lokasi tempat tinggal masih tidak jauh dari kampus, biasanya tersedia berbagai tempat yang menunjang kebutuhan mahasiswa, seperti fitness station, supermarket, jasa laundry, dan lain sebagainya.

Pembuatan Visa

Sumber: Canva

Bila sudah yakin akan semua kelengkapan persyaratan yang berhubungan dengan studi kalian di luar negeri, langkah terakhir adalah pembuatan visa. Pembuatan aplikasi visa sebenarnya cukup mudah, hanya saja setiap negara memiliki persyaratan dokumen dan step yang berbeda-beda. Untuk hal ini, biasanya agen konsultan studi akan siap membantu Bridgers! Mulai dari pengurusan visa mulai dari pengumpulan dokumen, translate dokumen, proses aplikasi, hingga aplikasi visa jadi dan berhasil issued. Semua “fasilitas” tidak akan kena charge dari harga yang semestinya ya Bridgers! EduBridge sama sekali tidak memungut biaya di luar itu!

Pelajari Budaya

Sumber: Canva

Semua persyaratan dokumen sudah beres, tinggal membeli tiket pesawat dan kamu pun siap untuk berangkat. Eh tapi, sebetulnya selain itu ada hal lain lagi nggak sih yang perlu kalian ketahui? Yup! Pastinya ada, dong. Penting untuk kalian ketahui bahwa setiap negara memiliki keunikan dan perbedaan gaya hidup masing-masing. Maka itu Bridgers mesti bisa beradaptasi dengan membuka diri untuk keragaman yang ada. Di negara tujuan, pasti juga kalian akan banyak menemukan ragam etnis dari berbagai negara yang berbeda dengan international students lain. Nah, kalian pasti juga akan mengenal banyak bahasa dan budaya deh! Dalam keseharian kalian, pasti juga akan banyak kebiasaan baru yang perlu kalian adaptasi untuk menyatu dengan masyarakat lokal disana. Memang benar kata pepatah: “Dimana kaki berpijak disitu langit dijunjung,”. Setiap negara juga memiliki standar kesantunan dan adat yang berlaku. Wajib mengikuti norma yang ada, Bridgers harus tetap saling menghormati dan menghargai ya!

Kalau kalian sudah memenuhi kelima checklist di atas, selamat! Artinya kalian sudah cukup mempersiapkan diri dan selangkah lebih dekat dengan menggapai cita-cita kalian, yaitu kuliah ke luar negeri. Bila merasa kesulitan mengurus segalanya sendiri, jangan lupa ya Bridgers, ada EduBridge yang selalu siap bantu kalian. Semangat, Bridgers!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *