Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

6 Tips Pemilihan Jurusan Kuliah Yang Cocok

Congrats ya bagi kalian yang baru saja lulus SMA! Meski begitu, perjalanan kalian baru dimulai loh. Apakah Bridgers sudah memiliki pilihan jurusan dan universitas yang kalian mau? Jangan sampai salah pilih! Pemilihan jurusan kuliah adalah sebuah keputusan krusial dan akan menentukan masa depan kalian. Kesuksesan karir kedepannya akan sangat terbantu dengan jurusan yang tepat.

Tetapi tentu saja pemilihan jurusan tidak semudah itu. Tidak jarang banyak orang yang salah pilih. Sayang banget gak sih? Nah, untuk menghindari hal itu, yuk ikuti beberapa tips dibawah ini!

Kenali Minat & Bakat

Ini adalah langkah awal yang harus kalian lakukan! Apa hobi kalian atau mungkin Bridgers mempunyai bakat tertentu? Beberapa orang mahir dalam bidang sains, lainnya seni atau bahkan humaniora. Perlahan, kalian bisa mulai mengidentifikasi dengan banyak mencoba hal baru! 

Jika Bridgers mempunyai minat untuk membaca buku atau menulis bisa saja jurusan yang tepat adalah sastra atau jurnalistik. Peminat matematika atau sains akan lebih cocok di jurusan teknik maupun kedokteran. Agar lebih yakin, kita menyarankan kalian untuk konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya agar tidak salah pilih!

Eksplorasi Potensi Diri

Masih bingung bakat dan minat kalian apa? Bridgers bisa banget mengikuti tes minat bakat! Cara lainnya adalah untuk mendalami hobi kalian lebih dalam atau mencoba beberapa hal baru. Bisa saja aktivitas baru yang kalian ikuti ternyata adalah potensi terpendam.

Selagi masih bisa, usahakan untuk berinisiatif sejak dini! Kemageran malah akan menjadi hambatan untuk pemilihan jurusan yang tepat.

Peluang Karir

Ini tidak kalah pentingnya! Setelah mengetahui minat kalian, pastikan untuk riset tentang peluang karir kedepannya. Beberapa tahun kedepan, apakah peluang kerja akan semakin meningkat atau malah menurun? Apakah pendapatannya memadai? Seberapa relevan bidang karir yang kalian pilih kedepannya?

Hal ini bisa kalian ketahui dengan perbanyak riset, jangan lupa untuk selalu up to date mengenai informasi terbaru minat kalian. Jika sudah mantap, barulah bisa menentukan pilihan jurusan dengan baik!

Riset Jurusan dan Universitas

Setelah mempunyai gambaran tentang jurusan apa yang akan Bridgers ambil, saatnya untuk riset pilihan jurusan tersebut lebih lanjut. Kira-kira modul dan mata pelajaran apa saja yang akan kalian pelajari? Selain itu biasanya satu jurusan akan mempunyai banyak cabangnya, pilihlah yang paling mendekati dengan minat kalian. 

Selain riset jurusan, Bridgers juga boleh cari tahu universitas yang dapat mendukung jurusan tersebut. Datanglah ke expo atau acara pendidikan untuk riset dan bertanya langsung dengan representatif universitas. Biasanya di acara seperti itu akan banyak promo dan tawaran beasiswa juga loh. Jangan malu untuk bertanya ya Bridgers!

Konsultasi Dengan Profesional

Mungkin Bridgers sudah berusaha untuk mencari tahu minat, bakat serta tujuan karir kedepannya. Tapi bisa saja hal tersebut malah semakin membingungkan dan membuat galau! Terlalu banyak pilihan yang bisa kalian ambil atau mungkin saja kalian tidak percaya diri dengan pilihan sendiri.

Ini saatnya untuk mencari bantuan profesional, terlebih lagi mereka yang sudah berkecimpung di dunia kerja. Salah satu contohnya adalah konselor dari EduBridge! Mereka dapat membantu kalian memetakan jurusan dan karir tanpa pungutan biaya loh. Bridgers juga dapat menggali lebih banyak tentang lingkungan universitas, akreditasinya dan lain-lain.

Hindari Memilih Secara Gegabah

Pemilihan jurusan adalah kunci dari karir kalian kedepannya. Oleh karena itu, hindari untuk memilih secara terburu-buru apalagi hanya mengikuti pilihan teman atau trend! Pilihan masing-masing orang akan berbeda tergantung dengan minat. Jangan sampai karena mengikuti teman, kalian putus di tengah jalan dan mengambil ulang jurusan yang berbeda. Rugi banget dong!

Jadi gimana, Bridgers? Sudahkah kalian mencoba tips dari EduBridge? Kuncinya disini adalah inisiatif kalian sendiri untuk menggali potensi dan mencari bantuan ketika kalian membutuhkannya. Mereka yang aktif sedari awal akan merasakan kemudahan di kemudian hari!

Maka itu, jangan malu-malu untuk bertanya ya Bridgers. Team EduBridge akan menerima kalian dengan tangan terbuka. Yuk konsultasikan kegalauan pilihan jurusan kalian bersama kita!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *