Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

6 Tokoh Indonesia Lulusan Luar Negeri

Ternyata beberapa tokoh besar Indonesia merupakan lulusan kampus di luar negeri, bahkan tak sedikit yang ternyata menempuh studi di salah satu universitas TOP dunia! Beberapa diantaranya seperti Oxford University, Stanford University, hingga Columbia University. Bagaimana sih tepatnya perjalanan studi mereka hingga berhasil membawa ke jenjang karir yang cemerlang? Yuk, simak ulasan berikut, siapa tahu Bridgers bisa menjadi salah satu lulusan luar negeri berikutnya!

1. Sri Mulyani

Sri Mulyani, tokoh Indonesia yang berpengaruh di bidang perekonomian
Sumber: amartha blog

Siapa yang tidak kenal salah satu sosok wanita hebat Indonesia kita, Sri Mulyani. Beliau merupakan Menteri Keuangan saat ini dan sebelumnya pernah bekerja di World Bank sebelum dipanggil kembali untuk mengabdi di Indonesia. Sri Mulyani tercatat pernah melanjutkan sekolah di luar negeri dan berhasil meraih gelar Master dan Ph.D. di University of Illinois. Tidak hanya gelarnya yang menakjubkan, beliau adalah tokoh reformis tangguh dan tercatat dapat memperkuat ekonomi Indonesia, meningkatkan investasi dan mengarahkan ekonomi terbesar di Asia Tenggara melalui krisis keuangan 2007-10. Pada tahun 2014, Beliau menduduki peringkat ke-38 wanita paling berpengaruh di dunia oleh majalah Forbes.

2. Nadiem Makarim

Nadiem Makarim, Founder Gojek dan Menteri Indonesia
Sumber: orderonline

Sosok kali ini tidak kalah menarik. Nadiem Makarim merupakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi saat ini. Dijuluki sebagai “Mas Menteri” karena menjadi salah satu menteri termuda saat ini, Beliau merupakan founder Gojek yang merupakan start-up pertama di Indonesia yang bernilai 10 miliar USD. Jika ditilik dari pendidikannya, Beliau telah mengenyam pendidikan sejak di bangku SMA. Mulai dari bersekolah di sekolah internasional yang terletak di Singapura, United World College of Southeast Asia (UWC SEA) hingga berkuliah di Brown University untuk gelar BA dan Harvard Business School untuk gelar MBA. Sosok yang sangat inspiratif ya, Bridgers?

3. Maudy Ayunda

Maudy Ayunda, public figure Indonesia yang terkenal cerdas
Sumber: detik.com

Maudy Ayunda merupakan artis inspiratif ketiga yang akan kita bahas dalam artikel ini. Sosok wanita muda ini mulai dikenal publik sejak membintangi film “Perahu Kertas” dan tidak lama kemudian mengenyam pendidikan di Oxford University. Tidak hanya itu, ia melanjutkan studi master-nya di Stanford University. Maudy Ayunda juga aktif dalam melawan perbudakan modern, yang meliputi kerja paksa, pernikahan, dan kerja berbahaya. Pada Maret 2017, ia terpilih sebagai juru bicara melawan perbudakan modern di Istana Wakil Presiden di Jakarta. Melalui karyanya, ia mencoba untuk memperkenalkan audiensnya dengan realitas perbudakan modern, dan menggunakan platform media sosial untuk menyuarakan pesan tersebut. Ia juga memiliki banyak kesempatan untuk berbicara di konferensi lokal, regional, hingga global yang berfokus pada keprihatinan di bidang pendidikan, media, dan industri kreatif. Pada tahun 2017, Ia dianugerahi oleh BUBU Awards sebagai “Influencer Digital Terbaik” dan Style Awards sebagai “Milenial Paling Berpengaruh” atas keterlibatan dan kolaborasi positif di media sosial dengan CIMB Niaga dalam gerakan “Kejar Mimpi”. Definisi artis muda dengan Brain, Beauty, and Behavior nih Bridgers!

4. Najwa Shihab

Najwa Sihab, presenter dan jurnalis yang terkenal kritis dalam menanggapi sebuah issue
Sumber: liputan6.com

Siapa yang tidak kenal dengan jurnalis kondang sekaligus pembawa acara “Mata Najwa” dan aktif dalam mengkritisi para pemangku kebijakan ini? Sosok inspiratif ini juga tidak kalah menarik untuk diulas. Sebelum terjun ke dunia jurnalistik, Beliau pernah mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia lalu melanjutkan studinya di Melbourne Law School Australia dengan beasiswa penuh Australian Leadership Awards dan mengambil jurusan hukum media. Tidak hanya itu, beliau juga mendapat penghargaan Young Global Leader (YGL) di tahun 2011 dari World Economic Forum.

5. Cinta Laura

Cinta Laura, aktris Indonesia yang memiliki banyak karya
Sumber: zonabanten

Siapa yang tidak dengan artis cantik blasteran Jerman-Indonesia ini. Selain parasnya yang menawan, Cinta Laura merupakan salah satu dari beberapa artis Indonesia yang pernah mengenyam pendidikan di luar negeri. Lulus dengan penghargaan cumlaude dari Columbia University membuatnya semakin aktif dalam hal pendidikan dengan mendirikan beberapa sekolah di daerah tertinggal. Selain aktif di bidang pendidikan, ia juga aktif dalam menyuarakan tentang hak-hak wanita dan kemudian terpilih sebagai duta anti kekerasan terhadap perempuan dan anak oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Artis yang sangat inspiratif, bukan?

6. Vidi Aldiano

Vidi Aldiano, salah satu musisi Indonesia yang menempuh studi di luar negeri
Sumber: okezone

Siapa sangka penyanyi kondang Vidi Aldiano ini juga sempat mengenyam pendidikan di luar negeri, loh! Ia mengambil short course pada Berklee College of Music di Amerika Serikat dan kemudian melanjutkan studi master-nya di University of Manchester. Ia rela vakum dalam dunia hiburan selama satu tahun untuk menyelesaikan studinya tersebut. Menginspirasi sekali, bukan? 

Nah, itu tadi sekilas informasi tentang beberapa tokoh berpengaruh di Indonesia lulusan universitas luar negeri. Untuk Bridgers yang ingin mendapatkan informasi lebih banyak tentang kuliah di luar negeri, kalian bisa menghubungi Edubridge ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *