Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Apa Itu Akreditasi Triple Crown?

Buat kalian yang berencana melanjutkan bidang perkuliahan di jurusan Business atau terlibat dalam bisnis dan manajemen, pasti sudah tak asing lagi dengan Istilah “Triple Crown”, atau mungkin salah satu dari kalian pernah berpikir, “Cari kampus yang akreditasi Triple Crown ah, biar gampang cari kerja.” Nah, tapi apa sih yang maksud dari akreditas Triple Crown? Apa kepentingan dan pengaruhnya untuk pelajar yang studi di kampus dengan akreditasi Triple Crown? Yuk, kita bahas lebih lanjut di artikel kali ini.

Triple Crown Accreditation for TOP University in Business and Management
Sumber: wgtn.ac.nz

Berikut adalah penjelasan dari tiga badan akreditasi utama dari Akreditasi Triple Crown:

AACSB – The Association to Advance Collegiate Schools of Business (Berbasis di Amerika Serikat)

AMBA – The Association of MBAs (Berbasis di Inggris Raya)

EQUIS – EFMD Quality Improvement System (Berbasis di Uni Eropa)

Sebuah institusi yang menerima akreditasi tersebut dapat dikatakan memiliki standar tinggi dan penawaran akademik berkualitas, dan bisa menjadi pertimbangan yang baik bagi calon mahasiswa dalam melihat kualitas pengajaran sekolah, kualitas staf dan fakultas, dan juga evaluasi untuk mahasiswa itu sendiri.

Walaupun telah menerima akreditasi dari satu atau dua organisasi pemerintahan membuat suatu institusi terpandang, memegang Triple Crown sangat dihargai di dunia sekolah bisnis. Hal ini karena sebuah institusi harus memenuhi serangkaian standar yang ketat  untuk menerima penghargaan dari ketiga organisasi akademik bisnis terkemuka dari “Akreditasi Triple Crown”. Akreditasi pada dasarnya berkomitmen untuk menegakkan pendidikan bisnis tingkat lanjut dan memajukan wirausahawan dan individu yang berorientasi bisnis dalam program mereka.

Selanjutnya, artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang tiga akreditasi yang terdapat dalam Triple Crown. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Akreditasi AACSB

AACSB Accreditation (Association to Advance Collegiate Schools of Business)
Sumber: aacsb.edu

Association to Advance Collegiate Schools of Business adalah organisasi yang memberikan Akreditasi AACSB Business. Akreditasi ini merupakan salah satu penghargaan dari akreditasi Triple Crown.

Menurut AACSB, sebagai sekolah bisnis yang baik harus menjunjung lima belas standar yang diklasifikasikan menurut persyaratan berikut:

  • Manajemen strategis dan inovasi;
  • Partisipan (termasuk semua dosen, mahasiswa, dan staf profesional);
  • Pembelajaran dan pengajaran akademik; dan
  • Keterlibatan profesional dan akademik.

2. Akreditasi AMBA

AMBA Accreditation (Association of MBAs)
Sumber: ieseg.fr

Association of MBAs dengan akreditasi AMBA-nya hanya memberikan penghargaan kepada program-program terbaik dan mengapresiasi program-program dengan standar keunggulan tertinggi dalam pendidikan pascasarjana. Di 75 negara yang berbeda, hanya 2% sekolah bisnis yang memiliki akreditasi AMBA. Organisasi tersebut melihat sepuluh prinsip penting sebelum memberikan penghargaan, termasuk:

  • Kualitas fakultas yang tinggi;
  • Desain program yang unggul dan
  • Pengalaman mahasiswa secara keseluruhan.

3. Akreditasi EQUIS

EQUIS Accreditation (European Quality Improvement System)
Sumber: wiki

European Quality Improvement System memberikan akreditasi EQUIS dengan melihat keseluruhan bisnis dan pengalaman berbagi pengetahuan dalam program bisnis. Standarnya mencakup hal-hal seperti berikut:

  • Konteks kritis dalam perencanaan bisnis;
  • Tata kelola, regulasi dan strategi;
  • Standar yang ditetapkan dan dicapai oleh mahasiswa; dan
  • Riset dan pengembangan secara menyeluruh.

Karena ketetapan persyaratan yang ketat dan standar yang tinggi, mendapatkan akreditasi Triple Crown sangat membanggakan dan hanya ada beberapa sekolah bisnis di dunia yang memiliki akreditasi Triple. Hal ini membuat mahasiswa yang akan menyelesaikan program mereka di universitas yang terakreditasi menjadi sangat istimewa dalam bidang bisnis. Tidak hanya prestasi yang membanggakan, dengan memperoleh keterampilan praktis dari sekolah yang bergelar Triple Crown juga menjadikan lulusannya berkualitas tinggi.

Di Asia Tenggara sendiri hanya ada dua sekolah bisnis yang memiliki tiga akreditasi ini, yakni Thammasat Business School (Thailand) dan Lee Kong Chian School of Business (Singapore). Di Indonesia sendiri belum ada universitas yang mendapatkan akreditasi Triple Crown, namun beberapa universitas di Indonesia seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) telah mendapatkan akreditasi AACSB Internasional. Sementara Universitas Indonesia (UI) telah mengantongi akreditasi AMBA.

Nah, itu tadi penjelasan tentang akreditasi Triple Crown dan beberapa universitas di Indonesia yang telah mendapatkan satu dari tiga akreditasi top-tier tersebut. Untuk informasi tentang 5 universitas terbaik dunia dalam bidang bisnis dan manajemen, bisa merujuk ke artikel sebelumnya ya Bridgers. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *