Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Bekerja dengan Elon Musk di 4 Jurusan Futuristik Potensial

Bridgers! Sudah dengar tentang kabar kerjasama terbaru dari CEO Tesla, Elon Musk, dengan presiden Jokowi belum? Berita pertemuannya dengan presiden Indonesia, Jokowi, berhasil menggemparkan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, dalam pertemuan tersebut membahas kemungkinan untuk kerjasama antara Indonesia dengan kedua perusahaan TOP di dunia! 

Bila memang kerjasama dengan Elon Musk tersebut terlaksana, pastinya akan banyak lapangan pekerjaan yang terbuka. Pertemuan tersebut juga membahas hal-hal mengenai perkembangan kendaraan listrik dan kemungkinan inovasi lainnya. Selain itu juga ada bahasan mengenai investasi nikel di Indonesia. Nah, mengingat Tesla dan SpaceX adalah perusahaan teknologi terkenal di dunia, pastinya akan memunculkan banyak lapangan pekerjaan ya, Bridgers! Lulusan yang akan banyak diperlukan diperkirakan berkisar di bidang Electrical Engineering, Artificial Intelligence, Aerospace Engineering dan Mining Engineering.

Maka dari itu, yuk kita simak lebih lanjut jurusan yang bisa menjadi salah satu pilihanmu Bridgers!

Berkarir dengan Electrical Engineering

electrical engineering yang berkutat tidak hanya di mesin elektronik namun juga matematika dan berbagai teori.
Sumber: Michigan Technological University

Electrical Engineering adalah inti dari produksi komponen listrik loh! Mengapa? Teknik yang satu ini menggunakan gabungan dari beberapa teori yaitu teori listrik dan elektronik, matematika dan material yang memungkinkan untuk menciptakan banyak perbedaan di dunia dari perihal kesehatan hingga eksplorasi luar angkasa. 

Fokusnya adalah untuk merancang sirkuit sehingga dapat melakukan suatu objektif (fungsi), tidak lupa dengan memenuhi persyaratan keselamatan, keandalan, dan efisiensi energi. Teknik ini juga akan memprediksi bagaimana sirkuit tersebut akan berperilaku, sebelum desain hardware diimplementasikan.

Mengapa Jurusan Electrical Engineering Berpotensi?

Nah Bridgers, salah salah satu bentuk kerja sama yang dibicarakan pada pertemuan Elon Musk dan Jokowi adalah pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Sudah jelas bukan, bahwa teknisi listrik pasti akan sangat dibutuhkan untuk proses seperti perencanaan, desain, hingga produksi dan pengawasan komponen serta mesin elektronik yang diperlukan. Pastinya lapangan pekerjaan langsung terbuka luas ya!

Universitas Terbaik untuk Electrical Engineering

Bagi Bridgers yang tertarik di bidang teknik mesin, bisa memilih beberapa universitas terbaik di dunia untuk jurusan tersebut berdasarkan QS World University Rankings 2022:

  • Massachusetts Institute of Technology(MIT)
  • University of Oxford
  • Stanford University
  • University of Cambridge
  • Imperial College London

Berkarir dengan Artificial Intelligence (AI)

Jurusan artificial intelligence yang sangat futuristik
Sumber: The Verge

Apakah Bridgers familiar dengan AI? AI sering sekali menjadi pemeran utama perkembangan film Sci-Fi hingga saat ini! Singkat kata, AI ini berfokus untuk membuat robot atau mesin untuk dapat berpikir seperti manusia melalui rangkaian data, algoritme dan sistem komputasi. 

Sistem kerjanya dimulai dari memperoleh suatu informasi dan bagaimana cara menggunakannya (Pembelajaran), berlanjut ke pencapaian suatu kesimpulan (Penalaran) dan terakhir proses mengoreksi mandiri secara konstan (Persepsi). Tanpa perlunya waktu istirahat, proses ini berulang terus menerus sampai kemudian sistem komputer berhasil melakukan tujuannya, salah satunya menyelesaikan suatu masalah yang kompleks seperti mengidentifikasi transaksi palsu dengan cepat.

Mengapa Jurusan Artificial Intelligence (AI) Berpotensi?

Tidak hanya teknik mesin, Artificial Intelligence merupakan salah satu komponen terbesar yang dimanfaatkan perusahaan Tesla dan SpaceX. Bridgers tahu gak, roket dari SpaceX menggunakan sistem autopilot berbasis AI! Sedangkan mobil Tesla pun dapat belajar untuk menyetir mandiri secara otomatis dengan sistem AI yang mempunyai sensor khusus. Keren sekali ya, tak heran pekerja di bidang ini banyak dicari!

Universitas Terbaik untuk Artificial Intelligence

Bagi Bridgers yang ingin mempelajari bidang Artificial Intelligence, ini dia beberapa universitas terbaik di dunia untuk jurusan AI berdasarkan QS World University Rankings 2022:

  • Carnegie Mellon University
  • Massachusetts Institute of Technology
  • Stanford University
  • University of California – Berkeley
  • University of Toronto

Berkarir dengan Aerospace Engineering

Karir Aerospace Engineering yang memerlukan ketekunan luar biasa seperti Elon Musk
Sumber: Coventry Life

Kalau teknik yang satu ini sesuai namanya ya Bridgers, berhubungan erat dengan dunia pesawat terbang, pesawat ruang angkasa dan semua peralatannya. Tidak hanya itu, sistem pertahanan udara juga menjadi salah satu fokusnya. Terdapat 2 jenis teknik di dalamnya yaitu Teknik Penerbangan yang berfokus pada atmosfer bumi dan Teknik Astronautika yang berfokus pada ruang angkasa. 

Proses kerja Aerospace Engineering dimulai dari perancangan dan pengujian peralatan atau pesawat terbang, bisa juga spesifik berupa roket dan satelit. Setelah pengujian berhasil dan layak pakai, barulah teknisi menjalankan pengelolaan. Selain itu, perkembangan dan inovasi teknologi terus menerus meningkat di teknik penerbangan ini loh!

Mengapa Jurusan Aerospace Engineering Berpotensi?

Sudah tidak asing mengapa SpaceX membutuhkan di Aerospace Engineering. Perusahaan ini memang terkenal dengan penerbangan ke luar angkasa yang artinya membutuhkan orang-orang untuk mengelola peralatan, roket dan semacamnya ya! Bisa jadi di masa yang akan datang, penerbangan keluar angkasa sudah jadi hal yang normal, otomatis lowongan yang luas Bridgers!

Universitas Terbaik untuk Aerospace Engineering

Bagi Bridgers yang tertarik dengan dunia Aerospace Engineering, berikut beberapa universitas terbaik di dunia yang bisa menjadi referensi:

  • California Institute of Technology
  • Massachusetts Institute of Technology
  • Georgia Institute of Technology
  • University of Michigan – Ann Arbor
  • Stanford University

Berkarir dengan Mining Engineering 

Jurusan Mining Engineering yang belum banyak orang pahami potensinya
Sumber: EIT Raw Materials

Sudah bukan rahasia lagi ya Bridgers, bahwa Indonesia mempunyai banyak kekayaan alam, maka dari itu teknik pertambangan pun mempunyai lapangan pekerjaan yang cukup banyak. Teknik pertambangan berfokus pada pengambilan dan pemurnian bahan mentah seperti nikel dan minyak yang krusial setiap harinya untuk menyokong kehidupan manusia seperti pasta gigi hingga bahan bakar mobil.

Bukan hanya untuk proses ekstraksi bahan mentah, namun di teknik pertambangan akan belajar mengenai cara mengakses dan menyempurnakan bahan-bahan tersebut dengan aman. Yang paling penting adalah agar proses ekstraksi tidak merusak lingkungan, menggunakan alat yang tepat serta tidak membahayakan para pekerjanya. 

Mengapa Jurusan Mining Engineering Berpotensi?

Di masa yang akan datang ada salah satu kemungkinan kerjasama Elon Musk dengan Indonesia di bidang Nikel. Dengan meningkatnya produksi kendaraan listrik, maka kebutuhan akan nikel juga bertambah karena salah satu dari komponen baterai kendaraan listrik adalah nikel. Maka dari itu, ahli teknik pertambangan akan memiliki prospek karir yang tinggi.

Universitas Terbaik untuk Teknik Pertambangan

Bagi Bridgers yang tertarik di teknik pertambangan, ini adalah beberapa universitas unggul menurut QS World University Rankings 2022 yang bisa menjadi opsi:

  • The University of Western Australia
  • Colorado School of Mines
  • Curtin University
  • The University of New South Wales
  • The University of Queensland

Itu dia keempat jurusan yang memiliki potensi dalam kerjasama Elon Musk dengan Indonesia di masa yang akan datang. Kalau Bridgers minat yang mana nih? Baiknya untuk merencanakan sedini mungkin agar tidak salah pilih dan sesuai dengan minat. Yuk, Bridgers konsultasikan rencana studimu dengan Edubridge sekarang! 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *