Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Studi Di Luar Negeri VS Studi Di Indonesia, Apa Yang Membedakan?

Seperti yang kita ketahui Bridgers, kita bisa menuntut pendidikan dimanapun kita berada. Masing-masing dari kita tentunya mempunyai suatu preferensi berbeda untuk tujuan studi. Di negara kita, negara Indonesia, banyak pilihan kampus yang bisa kalian pilih. Kampus tersebut juga tidak kalah bagusnya dengan yang berada di luar negeri. Sebaliknya, di negara lain pun bertebaran kampus dengan reputasi dan sistem pendidikan yang bagus juga! Lantas, mana yang harus kita pilih?

Agar tidak bingung, ada baiknya kita melihat beberapa perbedaan baik dari segi sistem pendidikan hingga terbentuknya mental mahasiswa yang berkuliah di dalam negeri maupun di luar negeri!

Bedanya Sistem Pendidikan

Sumber: Hexaware

Sistem pendidikan di Indonesia memang lebih condong ke arah teori dan analisis. Bukan hanya di dunia perkuliahan, dari pendidikan dini pun negara kita berfokus kepada membaca, menghitung dan menulis. Hal ini yang menyebabkan mengapa siswa Indonesia sangat pintar menyelesaikan suatu kasus secara detail, terperinci dan cepat.

Sedangkan kebanyakan dari sistem pendidikan di luar negeri lebih berfokus kepada praktik dan metode lainnya. Mereka lebih mendorong muridnya untuk belajar dengan cara eksplorasi dan saling berinteraksi satu sama lainnya. Terbiasanya siswa belajar menggunakan praktik menjadi salah satu sebab banyaknya inovasi dan penemuan yang dihasilkan.

Tetapi, meskipun memiliki sistem pendidikan yang berbeda, keduanya tetap memiliki keunggulan masing-masing. Jadi sebetulnya yang paling penting adalah bagaimana kita sebagai siswa yang mengambil inisiatif dalam belajar ya Bridgers!

Jurusan Yang Tersedia

Sumber: Ilumin Education

Tentu saja di Indonesia tersedia berbagai jurusan yang bisa kalian pilih! Dari jurusan akuntansi hingga animasi, dapat kalian temukan di beberapa universitas dalam negeri. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa jurusan yang tidak bisa ditemukan disini. Ini dia beberapa jurusan yang tidak tersedia:

  • Manajemen Teknologi Baking
  • Horologi
  • Pembuatan dan Destilasi Bir
  • Psikologi Kuda dan Ilmu Pengetahuan Olahraga

Jadi, bagi Bridgers yang mempunyai minat di jurusan tertentu memang dianjurkan untuk menuntut ilmu di negara dengan kampus yang menyediakan. Namun bila jurusan yang kalian minati tersedia di Indonesia, kalian juga bisa mencari kampus berkualitas yang sesuai!

Inisiatif Mengikuti Part Time dan Magang

Sumber: Pittsburgh Community Broadcasting

Program magang sudah bisa kita temukan di beberapa kampus Indonesia. Lowongan kerja paruh waktu pun tersedia di penjuru Indonesia. Apa dong yang membuatnya berbeda dari luar negeri? Berdasarkan riset, hanya 65% mahasiswa Indonesia mengikuti program magang atau paruh waktu. Itupun karena program diharuskan oleh kampus tempat belajar mereka. 

Sedangkan mahasiswa yang studi di luar negeri kerap menanti program magang ataupun bahkan inisiatif mengambil kerja paruh waktu (sesuai peraturan negara masing-masing). Hal ini sering menjadi solusi untuk menutup biaya studi dan hidup yang terbilang relatif “mahal”. Selain itu juga mahasiswa berbondong-bondong berusaha mendapatkan Post-Study Work Visa untuk dapat bekerja dan tinggal di negara tempat mereka menuntut ilmu.

Bisa kita lihat dong Bridgers, meskipun tidak semua, namun kebanyakan dari mahasiswa Indonesia kurang terbiasa dengan budaya kuliah sambil bekerja. Sebenarnya kembali lagi ke tujuan yang ingin kalian capai dan kemampuan yang kalian miliki. Meskipun kalian punya inisiatif, pastikan untuk tidak memaksakan diri ya!

Koneksi dan Kesempatan Karir Yang Luas

Sumber: Michigan Ross

Bridgers, kalian yang baru pertama kali akan studi di luar negeri pasti sedikit banyak akan merasa cemas campur senang bukan? Wajar banget! Coba saja bayangkan, kalian akan tinggal di lingkungan yang baru dan bertemu dengan orang-orang baru. Tapi tau gak sih ini justru bisa menjadi poin plus untuk kalian loh. Interaksi dengan orang dari berbagai negara dan latar belakang bisa memberikan sudut pandang dan ilmu yang tidak kalian dapatkan dalam ruang kelas. Mahasiswa Indonesia juga bisa memperluas koneksi internasional, dengan catatan harus mengeluarkan usaha lebih ya!

Selain itu, mahasiswa yang studi di luar negeri juga mempunyai kesempatan tinggi untuk menetap dan bekerja di luar daripada mahasiswa yang menuntut ilmu di dalam negeri. Meskipun tidak menutup kemungkinan juga bagi Bridgers yang kuliah di Indonesia untuk berkarir di luar. Sekali lagi ini semua tergantung niat kalian sendiri, mau atau tidaknya berkembang.

Keterampilan Bahasa Asing

Sumber: Learn English Teens

Di Indonesia, terdapat banyak sekolah dan universitas internasional. Kalian juga bisa melihat jurusan dan kursus bahasa asing dari harga yang relatif terjangkau hingga yang harganya cukup tinggi. Dari berbagai fasilitas yang tersedia ini mahasiswa Indonesia dapat mempelajari bahasa asing yang mereka inginkan. Semakin banyak bahasa yang bisa kalian kuasai, semakin membawa nilai plus untuk diri kalian!

Sedangkan di luar negeri, Bridgers akan lebih banyak belajar bahasa di luar ruang kelas atau les, yaitu di rutinitas keseharian. Terlebih lagi ada banyak teman yang bisa membantu proses belajar! Bisa juga kalian belajar bahasa asing lainnya dengan lingkup pertemanan antar negara yang luas. 

Sebenarnya sama-sama belajar, namun perbedaan metode dapat mempengaruhi cepatnya menyerap bahasa asing yang ingin dipelajari.

Kemampuan Beradaptasi dan Kesiapan Mental

Sumber: Canva

Melanjutkan pembahasan sebelumnya, studi di negara lain pasti akan memiliki banyak tantangan dalam segi lingkungan dan pertemanan. Berbeda dengan mahasiswa yang masih kuliah di dalam negeri, meskipun kos, setidaknya masih berada di Indonesia. Jadi walaupun harus beradaptasi, biasanya tidak seberat mahasiswa yang studi di luar negeri. Dari segi jarak juga masih relatif terjangkau.

Seringkali mahasiswa luar negeri yang mengalami “culture shock” karena perbedaan kebiasaan yang signifikan. Pengalaman inilah kemudian dapat membentuk mental dan kemampuan mahasiswa untuk menghadapi perubahan dan mengasah pemikiran kritis serta inovatif. Maka dari itu, bila Bridgers sedang mengalami transisi yang sulit, jangan lupa bahwa kalian bisa melakukannya dan ini bisa menjadi bekal di kedepannya!

Nah itu dia beberapa perbedaan yang bisa kalian bandingkan bila studi di Indonesia dan luar negeri. Sekali lagi kita ingatkan ya Bridgers, mau studi dimana pun tidak menjamin apapun bila tidak ada niat dan usaha lebih. Jadi kalau kalian lebih pilih yang mana nih? Pastikan untuk melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum melanjutkan studimu ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *