Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Berkarir Di Industri K-Pop Dengan Jurusan Tepat

Sudah tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa industri K-Pop telah menjamur dan mendunia! Mungkin orang awam yang tidak tahu menahu detailnya tetap pernah mendengar istilah K-Pop ini. Istilah ini awalnya mengartikan “Korean Popular Music” atau musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Namun, pengaruhnya sangat luas hingga melampaui tren pakaian, kecantikan, perfilman, dan lain sebagainya. Bahkan tak jarang tercipta UMKM di Indonesia untuk produk merchandise atau photo card idola K-Pop favorit. Selain itu, dunia tari juga ikut terpengaruh dengan bermunculannya grup menari yang meng-cover grup K-pop tertentu. Senyata dan sebesar itu pengaruhnya, hebat sekali bukan?

Industri ini pun terus bertumbuh dan menciptakan beragam peluang kerja sedunia. Tentu saja berkarir dalam bidang ini tidak akan rugi deh! Tenang saja Bridgers, bagi kalian yang berminat, EduBridge akan spill beberapa jurusan yang bisa kalian ambil nih.

Jurusan K-Beauty Design

Sumber: Canva

Industri K-Pop adalah salah satu trendsetter untuk beberapa aspek kecantikan seperti skincare, makeup, hairdo dan masih banyak lagi. Mungkin dari luar terlihat mudah ya, hanya hal biasa. Namun yang perlu Bridgers ketahui, jika ingin berkarir secara profesional banyak sekali yang harus kita kuasai.

Trend selalu berputar dan dalam industri ini pula, dapat berubah dalam jentikan jari. Itu sebabnya sungguh penting untuk selalu up to date dan mengantisipasi trend yang akan datang. Tak hanya itu, persaingan pun sangat sengit dengan peminat membludak. Bridgers harus bisa menguasai teknik untuk dasar hingga professional. Jika kalian mengambil jurusan ini, Bridgers bisa memperluas ilmu, training dan semua yang diperlukan untuk berkarir di industri K-Pop. Prospek karirnya juga luas seperti artis K-Pop, influencer, beauty designer atau entrepreneur. 

Menarik sekali ya? Cocok banget untuk para K-Poppers! Belajar apa yang kalian sukai akan 100% lebih menyenangkan deh!

Jurusan K-Pop Arts Management

Sumber: Canva

Tadi kita sudah membahas mengenai jurusan yang lebih “teknis”. Tau gak sih ada juga jurusan bagi kalian yang lebih suka bekerja “behind the scene”? 

Ternyata di belakang suksesnya idola K-Pop, terdapat rentetan aspek yang membuat keajaiban. Orang-orang itu terdiri dari bagian pencari talent, produser, distributor, perancang konser, manager, marketer, dan masih banyak lagi. Merekalah yang memasarkan dan membina para talent untuk menunjukkan bakatnya ke pasar internasional.

Untuk melakukan itu, tentu ada skill dan ilmu tersendiri yang harus kita miliki Bridgers! Apalagi “Korean Wave” ini sangat berbeda dari industri hiburan lainnya. Maka itu bagi Bridgers yang tertarik, kalian harus membekali diri dengan ilmu yang relevan untuk bertanggung jawab atas produksi, manajemen dan pemasaran K-Pop. Siapa tahu kedepannya Bridgers bisa bekerja di perusahaan entertainment top atau bahkan mempunyai startup entertainment sendiri! Tidak ada yang mustahil!

Gimana, apakah ada yang berminat mengambil salah satu dari kedua jurusan yang baru kita bahas? 

Semakin Terbuka Peluang Kerja Internasional

Sumber: The Korea Times

Terbukanya lowongan pekerjaan selalu mengiringi pesatnya perkembangan industri K-Pop. Apalagi industri ini telah meraih market internasional. Semakin banyak juga preferensi agensi besar untuk mempekerjakan orang asing. 

Teori ini terbukti juga dengan pernyataan Lee-Sang Hwan yaitu co-founder dan CEO dari Conexus Lab. Perusahaan ini khusus menopang sumber daya manusia untuk berkarir dalam industri K-Pop. Bahkan perusahaan entertainment ternama seperti HYBE, JTBC dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa pernyataan Lee dalam interview bersama The Korea Times.

  • “Jumlah karyawan asing di label K-pop bertambah akhir-akhir ini dan kemungkinan akan terus meningkat,” 
  • “JYP Entertainment, yang menaungi megastar seperti TWICE dan Stray Kids, baru-baru ini memposting lowongan pekerjaan secara eksklusif di Jepang untuk mempekerjakan pekerja untuk anak perusahaannya di Jepang. SM Entertainment, label di balik jagoan seperti EXO dan NCT, mengatakan dalam pengumuman pembukaan pekerjaan terbarunya bahwa orang asing masuk juga memenuhi syarat untuk melamar posisi tersebut. Di tahun-tahun mendatang, saya pikir perusahaan bahkan mungkin mempertimbangkan untuk menulis iklan pekerjaan hanya untuk orang asing.”

Ini berita yang sangat bagus bukan Bridgers? Akhirnya semakin banyak peluang yang terbuka bagi K-Poppers di luar Korea!

Tantangan Bagi Foreigner di Industri K-Pop

Meski terlihat mudah, nyatanya terdapat pula berbagai tantangan yang menanti. Dunia kerja pada umumnya sangat kompleks serta fluktuatif. Terlebih lagi bila Bridgers bekerja di luar negeri yang jelas budayanya saja berbeda dengan di negeri sendiri!

Bridgers akan bersaing dengan tenaga kerja asing lainnya, termasuk pekerja lokal di Korea. Elemen yang terpenting untuk bersaing adalah keahlian bahasa. Maka itu Bridgers yang betul-betul serius ingin mendalami karir ini, meski tersedia kuliah dalam program inggris usahakan untuk mendalami bahasa Korea. Bila tidak, kemungkinan akan menjadi hambatan loh nantinya! 

Setelah bahasa sudah oke, skills sesuai juga sudah Bridgers kuasai saatnya ke elemen paling penting yaitu rasa inisiatif dan kemauan untuk belajar. Ini dia yang harus kalian tumbuhkan dari sekarang Bridgers! Bahkan skills kalian tidak akan cukup bila tidak bersamaan dengan sifat-sifat ini.

Seperti yang kita ketahui industri K-Pop adalah lingkungan dinamis dan fast-paced. Belum lagi persaingan antar perusahaan terbilang sengit. Demi kesuksesan karir dalam industri ini Bridgers mesti selalu terbuka akan hal baru. Selain secara teori, ilmu juga bisa kalian dapatkan melalui pengalaman. Satu lagi yang tak boleh kalian lupakan merupakan kekuatan mental. Pelajaran dapat datang pula dalam bentuk tantangan. Jadi, seberapa sulitnya itu, kalian tidak boleh menyerah Bridgers! Kunci dalam kesuksesan ialah tetap bertumbuh dan berkembang dalam kompleksnya dunia kerja.

Nah, siapa nih Bridgers yang tertarik setelah membaca artikel ini? Kalau sudah mantap tak usah ragu lagi, EduBridge bisa langsung bantu kalian apply ke uni dengan jurusan terbaik untuk bidang K-Pop. Bila masih ragu kalian juga bisa bebas secara gratis konsultasi dengan tim konselor kami yang selalu siap sedia.

Apapun pilihanmu, yuk berinisiatif dari sekarang untuk merencanakan pilihan studi mu! 

Preparation is the key for success. Lebih baik memulai lebih awal daripada terlambat Bridgers!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *