Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Jurusan Occupational Therapy, Solusi Meningkatkan Kualitas Hidup Sesama

Apakah Bridgers adalah tipe pribadi yang suka kerja sosial dan membantu sesama? Contohnya orang yang sudah tua, orang dengan disabilitas, dan lain sebagainya. Terkadang orang-orang dengan kondisi seperti itu memiliki kesulitan untuk bekerja, bahkan melakukan aktivitas sehari-hari. Jika ya, mungkin Occupational Therapy merupakan jurusan yang tepat untuk kalian!

Nah, Occupational Therapy sendiri adalah bidang perawatan kesehatan yang berfokus pada peningkatan kemampuan individu untuk melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan pekerjaan. Melalui pendekatan yang disesuaikan, jurusan ini membantu Bridgers belajar tentang: Bagaimana meningkatkan fungsi fisik, mental, kemandirian, serta kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan bagi mereka yang membutuhkan.

Simak penjelasan lengkapnya ya Bridgers!

Apa itu Jurusan Occupational Therapy?

Jurusan Occupational Therapy adalah program yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi terapis okupasi berlisensi. Kurikulumnya mencakup berbagai topik, termasuk anatomi dan fisiologi, psikologi, dan intervensi terapeutik. Setelah lulus, mahasiswa akan memperoleh keterampilan dan pengetahuan untuk memberikan perawatan kepada pasien yang membutuhkan. Mereka termasuk: Orang berumur, orang dengan disabilitas, orang dengan trauma, atau mereka yang sedang dalam proses Post Surgery.

Peluang karir dalam Occupational Therapy sangat beragam dan berlimpah. Bridgers bisa bekerja di berbagai tempat, termasuk rumah sakit, sekolah, pusat rehabilitasi, dan banyak lagi. Selain itu, kalian juga dapat berspesialisasi dalam bidang-bidang tertentu seperti pediatri, terapi tangan, atau rehabilitasi fisik.

Dengan jurusan ini, kalian mempunyai kesempatan untuk membantu orang lain melakukan perubahan dalam hidup mereka!

Pentingnya Occupational Therapy

Layanan Occupational Therapy ini sangat penting dalam meningkatkan fungsi fisik dan mental seseorang loh. Melalui terapi, individu dapat meningkatkan kemandirian dan keterampilan hidup sehari-hari, sehingga memudahkan mereka untuk melakukan tugas-tugas seperti: berpakaian, berdandan, dan memasak. Selain itu juga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Betapa rewarding nya Bridgers, kita bisa membantu orang mengurangi stres, meningkatkan mobilitas, dan meningkatkan kekuatan fisik.

Ada berbagai jenis layanan terapi okupasi, termasuk rehabilitasi fisik, terapi pediatri, dan terapi tangan. Rehabilitasi fisik berfokus pada peningkatan gerakan dan fungsi setelah cedera atau penyakit. Terapi pediatri dirancang untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk berpartisipasi dalam kegiatan sehari-hari. Terapi tangan adalah bentuk khusus terapi okupasi yang menangani cedera atau kondisi tangan dan ekstremitas atas.

Setiap pasien pastinya membutuhkan treatment berbeda sesuai kasusnya, jadi, ada banyak spesialitas yang kalian bisa ambil tergantung minat masing-masing!

Peran Seorang Occupational Therapist

a therapist helping elderly to put assemble screws
Sumber: Canva

Sebagai seorang ahli terapi okupasi, Bridgers akan berperan untuk menilai kebutuhan dan tujuan pasien serta mengembangkan rencana perawatan yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing. Hal ini mungkin melibatkan penerapan teknik terapi seperti pelatihan peralatan adaptif, terapi manual, dan integrasi sensorik. Tujuan akhir dari terapi okupasi adalah memberdayakan individu untuk mencapai potensi penuh mereka dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Perubahan yang menurut kita kecil, ternyata bisa berarti banyak untuk orang lain. 

Bagaimana, apakah Bridgers tertarik dengan jurusan ini? Ternyata universitas di luar negeri menyediakan jurusan ini loh! Yuk konsultasi dulu dengan konselor EduBridge untuk mengetahui persyaratan dan detailnya. Kalian juga bisa membaca tentang kisah sukses magang student EduBridge di blog ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *