Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Deretan Universitas TOP di UK: G5 Universities

Semua orang ingin mendapatkan yang terbaik! Entah dalam bidang apapun juga. Secara naluriah saja, pastinya kita selalu menginginkan yang berkualitas untuk memperkaya diri secara ilmu, materi dan kesehatan. Pendidikan adalah langkah awal menuju karir dan kesejahteraan hidup di masa depan. Tentu saja sebagai orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya dan sebagai anak juga ingin mendapatkan kesempatan untuk berkarir sukses dong Bridgers? Nah, pada kesempatan kali ini EduBridge bakal bahas sedikit tentang grup universitas elit di UK nih, yaitu G5 Universities! G5 atau Golden Triangle Universities adalah sebuah kelompok universitas terkemuka di Inggris yang terdiri dari lima universitas: University of Oxford, University of Cambridge, Imperial College London, the London School of Economics (LSE), dan the University of Chicago. Kelompok ini dibentuk untuk mempromosikan kerjasama antar universitas dan meningkatkan kualitas pendidikan serta riset di Inggris.

Untuk detail lebih lanjut, yuk simak penjelasan lainnya Bridgers!

Kualitas Edukasi dan Riset TOP Sedunia

Best of both worlds, seluruh anggota G5 Universities tentu terkenal secara global untuk kualitas pendidikan dan risetnya. Klaim ini juga tidak datang dengan sembarangan! Terdapat bukti pendukung di baliknya.

  • Riset

Salah satu karakteristik yang membedakan Universitas G5 adalah fokus mereka yang kuat pada penelitian. Faktanya, lembaga-lembaga ini memiliki beberapa pendapatan penelitian tertinggi di antara universitas Inggris, berada di peringkat ke-7 di antara universitas-universitas di Inggris berdasarkan pendapatan hibah dan kontrak penelitian (bersama dengan Manchester dan Edinburgh) dan peringkat ke-6 di antara universitas-universitas di Inggris berdasarkan pendanaan berulang dari Research England (bersama dengan Manchester). Sebagian besar hibah penelitian dan pendapatan kontrak mereka berasal dari kedokteran klinis, bervariasi (pada tahun 2021/22) dari 41,7% (Cambridge) hingga 63,6% (King’s College London), dibandingkan dengan rata-rata di seluruh Inggris sebesar 34,4%. 

  • Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu karakteristik yang menentukan dari Universitas G5. Institusi-institusi ini menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana yang mencakup beragam disiplin ilmu, mulai dari ilmu pengetahuan alam, teknik hingga humaniora dan ilmu sosial. Meskipun terlihat sangat ketat dan menuntut, tetapi juga bermanfaat dan meningkatkan pertumbuhan intelektual kita Bridgers! Para mahasiswa akan terdorong untuk berpikir kritis, mengajukan pertanyaan, dan terlibat dalam penelitian independen.

Jika Bridgers masih ragu, berikut adalah peringkat setiap anggota di dunia berdasarkan QS World University Rankings 2023:

  • The University of Cambridge: Peringkat 2
  • The University of Oxford: Peringkat 4
  • Imperial College London: Peringkat 6
  • University College London: Peringkat 8
  • King’s College London: Peringkat 37
  • The London School of Economics: Peringkat 56

Wah keren banget ya! Kira-kira ada universitas impian Bridgers gak nih di daftar tersebut?

Tantangan Kuliah Di Inggris

Tidak bisa kita pungkiri bahwa kuliah di luar zona nyaman, apalagi di beda benua, pastinya banyak tantangan! Challenging sih, namun bermanfaat. Salah satu kendala utama yang bisa Bridgers hadapi ketika belajar di Inggris adalah kendala bahasa. Banyak pelajar yang kesulitan dalam menggunakan bahasa Inggris, baik dalam hal bahasa lisan maupun tulisan. Lebih sulit lagi untuk keperluan akademis yang jauh berbeda dari percakapan sehari-hari.

Kendala lain adalah perbedaan budaya atau istilahnya culture shock. Gaya mengajar dan belajar, serta ekspektasi Bridgers, mungkin sangat berbeda dengan apa yang biasa mereka lakukan. Umumnya pendidikan di luar negeri lebih kearah praktek dan siswa harus lebih inisiatif untuk dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Belum lagi biaya hidup yang relatif cukup tinggi, auto pusing deh jadinya. Untuk mengatasi kendala tersebut, pelajar Indonesia dapat mengambil langkah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka sebelum tiba di Inggris. Hal ini dapat dilakukan dengan mengambil kelas bahasa Inggris atau dengan berlatih bersama penutur asli.

Bridgers juga bisa mengatasi culture shock loh! Biasakan untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk membiasakan diri dengan norma-norma budaya serta ekspektasi di Inggris. Penting juga untuk mengetahui kebiasaan dalam sistem pendidikannya. Hal ini dapat lebih membantu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Di UK, terbuka kesempatan untuk part-time atau magang untuk lebih meringankan beban finansial sekaligus mencari koneksi! Belum lagi kegiatan tersebut pastinya bisa nge-boost CV kalian deh! Lumayan kan, sekalian bisa eksplorasi career path Bridgers!

Jadi meskipun kuliah di luar negeri terdapat banyak tantangan, banyak hal yang bisa Bridgers lakukan untuk mengatasi. Intinya harus selalu inisiatif mencari informasi sebelumnya. Usahakan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan profesionalnya atau murid yang pernah kuliah di luar! Contohnya kalian bisa menghubungi konselor EduBridge. Konsultasinya gratis loh!

Yuk, start preparing now! Selagi masih bisa kita dapat mengejar pengalaman berharga yang bisa memperkaya diri!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *