Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Strategi Membuat Personal Statement Efektif!

Bridgers, setelah perjuangan menentukan jurusan dan pilihan universitas, ada lagi beberapa tantangan yang kalian akan hadapi! Kebanyakan universitas, terutama universitas luar negeri mengharuskan kalian submit personal statement. Personal statement sendiri merupakan esai yang dibutuhkan sebagai bagian dari proses penerimaan.

Umumnya, surat ini berfungsi untuk menunjukkan kualitas pribadi dan akademik Bridgers. Di dalamnya harus tertera alasan mengapa kalian cocok dengan program serta universitas yang kalian pilih. Mau tau strategi membuat personal statement yang tepat? Simak artikel ini sampai habis Bridgers!

Ketahui Struktur & Penulisan Tepat

Biasanya kalian harus menulis surat ini sebanyak kurang lebih 4000 karakter. Meskipun sedikit mirip dengan penulisan personal statement untuk CV, tetap ada sedikit perbedaan yang harus kalian pahami. Bridgers bisa coba mengikuti struktur di bawah ini:

  • Alasan ingin belajar di universitas tersebut

Jabarkan mengapa Bridgers ingin berkuliah di universitas pilihan. Apa yang membuat universitas tersebut stand out dari yang lain? Mengapa kalian ingin mempelajari jurusan pilihan tersebut? Sebutkan juga apa goals kalian kedepannya, rencana karir dan lain sebagainya.

  • Mengapa kalian cocok dan suitable belajar di universitas tersebut

Setiap universitas memiliki standard dan motto tersendiri dalam sistem pengajarannya. Universitas akan melihat apakah kalian sudah sesuai kriteria untuk mengikuti pembelajaran terkait jurusan pilihan kalian. Pastikan untuk well prepared mempelajari jurusan yang akan kalian ambil. 

  • Studi yang relevan

Apakah Bridgers telah memiliki bidang studi yang relevan dengan jurusan yang akan dipilih? Jika belum, jangan khawatir! Apapun skill yang kalian peroleh, baiknya tetap kalian sertakan di dalam personal statement. Bisa saja keahlian tersebut menjadi dasar untuk jurusan lain yang lebih cocok untuk kalian loh!

  • Hobi dan minat 

Jangan lupa untuk menyertakan hobi dan minat kalian! Hobi bisa menjadi salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kalian berwawasan luas dan selalu aktif dalam meraih lebih banyak keahlian. Contoh bisa berupa kegiatan klub dan organisasi sekolah.

  • Keahlian dan prestasi

Memiliki banyak keahlian adalah hal yang bagus. Tetapi sertakan juga bagaimana pengalaman dan perjalanan Bridgers agar dapat meraih prestasi tersebut. Hal ini bisa menjadi plus poin kalian untuk menunjukkan soft skills yang relevan.

  • Pengalaman kerja

Jika sebelumnya Bridgers mempunyai pengalaman kerja baik magang, part time maupun full time, apalagi yang relevan dengan jurusan, sebaiknya diikutsertakan ya! 

Cukup jelas gak nih tips penulisan struktur personal statement yang baik? Kita yakin kalian pasti bisa membuatnya, coba dulu yuk! Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bridgers juga bisa menghubungi kami ya!

Tips Membuat Personal Statement ala EduBridge

Menulis personal statement pasti tidak semudah itu, apalagi untuk hasil yang “stand out”. Oleh sebab itu ada beberapa tips dari EduBridge agar penulisan menjadi otentik dan unik. Ini adalah salah satu kesempatan kalian untuk menonjolkan diri kalian, so make it worth it!

  • Menulis dengan kalimat aktif

Sebisa mungkin gaya menulis interaktif dan aktif. Dengan begitu para pembaca pun tidak akan bosan dan menaruh perhatian terhadap tulisan kalian!

  • Penulisan ringkas dan jelas

Kalian mempunyai batas maksimal kata dalam penulisan personal statement, oleh karena itu tulis kalimat secara ringkas dan jelas. Hindari terlalu penjelasan terlalu berputar-putar.

  • Hubungkan paragraf dengan transisi

Kalimat yang terlalu panjang tanpa jeda tentu akan melelahkan untuk dilihat ya! Oleh karena itu perhatikan penampilan dari statement kalian agar mudah terbaca.

  • Be yourself!

Apapun yang kalian tulis, pastikan bahwa tulisan tersebut mencerminkan diri kalian. Tidak perlu menjadi sesuatu yang bukan kalian, hal itu akan terlihat terpaksa dan kurang menarik loh.

  • Baca ulang personal statement

Bridgers bisa minta tolong ke orang lain, boleh juga pada konselor EduBridge untuk membaca ulang personal statement kalian. Dengan begitu kalian bisa terhindar dari typo. Ingat untuk selalu proofread dan revisi!

Nah itu dia Bridgers, tips dan cara jitu menulis personal statement yang baik. Kira-kira kalian tertarik untuk mencoba gak nih? Jika masih bingung, tenang saja, konselor EduBridge bakal siap sedia support. Yuk kontak kita sekarang untuk free consultations!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *