Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Culinary Students from Ecole Ducasee

Ini Lho Cara Jadi Reviewer Berkelas!

Akhir-akhir ini sedang ramai di dunia media sosial dan dunia kuliner, mengenai review F&B sebuah restoran yang berakhir plot twist!

  Fenomena review makanan yang terjadi akhir-akhir ini, ternyata sudah menjadi tren sejak lama, lho. Bahkan telah menjadi sebuah karier bagi beberapa orang karena dengan mereview makanan atau menjadi food vlogger, dapat menghasilkan sebuah pendapatan dari media sosial.

Namun di sisi lain fenomena ini, ada satu karier profesional yang lumayan bergengsi dan terkenal di bidang kuliner. Apalagi kalau bukan F&B Consultant!

Apa sih, F&B Consultant itu?

Sebelum itu, Industri F&B (Food & Beverage) meliputi segala hal yang berkaitan dengan makanan dan minuman. Mulai dari perencanaan dapur, penyediaan bahan makanan dan minuman, pengolahan makanan dan minuman, penyajian, hingga pengolahan sampah dari proses produksi makanan dan minuman.

Nah, layaknya bidang karier yang lain, bidang F&B ini pun memiliki consultant yang dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis F&B kedepannya. Maka dari itu, seorang F&B Consultant harus mempunyai kriteria kompetensi yang profesional. Tentu saja ini demi kesuksesan dalam memberikan konsultasi dan penilaian terhadap bisnis tersebut.

  • Kemampuan analitis tren pasar dan konsumen, konsultan F&B harus mampu menganalisa data, mengidentifikasi masalah, dan mengambil keputusan berdasarkan pemahaman yang mendalam tentang situasi bisnis F&B
  • Kemampuan komunikasi yang baik dan efektif dengan klien serta tim, konsultan harus mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan singkat, serta menjadi pendengar yang baik. Kemampuan komunikasi yang baik juga akan mempermudah interaksi dengan klien sehingga konsultan dapat mengetahui kebutuhan klien secara keseluruhan
  • Kemampuan pemecahan masalah, konsultan harus bisa menjabarkan masalah yang sedang terjadi dan menganalisis sebab-akibat dari sebuah masalah, serta merumuskan solusi baik jangka pendek atau jangka panjang.

Kompetensi diatas sangat penting untuk dimiliki konsultan F&B untuk dapat menjalankan perannya. Yaitu demi kesuksesan suatu bisnis F&B dan perannya yang merupakan seorang konsultan.

Nah, istilah F&B Consultant ini sudah mulai ramai diperbincangkan dan memang sudah tidak asing di dunia perkulineran. Apalagi untuk para siswa yang memang melakukan studi di bidang culinary. Hal ini terbukti dari semakin banyaknya studi mengenai kuliner di universitas-universitas terbaik di dunia. Walaupun seperti yang kita tahu, bahwa Perancis merupakan salah satu negara yang menjadi pelopor culinary arts di dunia. Salah satu universitas yang terkenal adalah École Ducasse, yang merupakan universitas milik dari seorang chef dunia, Alain Ducasse, chef pertama yang mempunyai 3 restoran dengan 3 michelin star.

Namun, nggak cuma di Perancis, universitas di Asia juga nggak kalah keren, lho! Salah satu universitas di Malaysia, yaitu Taylors University pun mempunyai studi mengenai kuliner yaitu Bachelor of Culinary Management!

Supaya kamu bisa jadi pereview handal, mulai studi di bidang kuliner melalui universitas-universitas di atas, yuk! 

Langsung kontak EduBridge sekarang dan konsultasikan study plan yang Bridgers punya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *