Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Apa Itu Kurikulum Merdeka? Cari Tahu Yuk

Belakangan ini, pendidikan di Indonesia sedang ramai membicarakan tentang kurikulum baru yang berlaku, yakni Kurikulum Merdeka. Kurikulum baru tersebut dinilai akan memberikan dampak lebih optimal dalam proses pembelajaran.

Kurikulum Merdeka rencananya akan mulai berlaku secara nasional di tahun ajaran baru 2024/2025. Nah, seperti apa sih Kurikulum Merdeka dan bagaimana penerapannya dalam pendidikan di Indonesia? Cari tahu bareng EduBridge yuk.

Pengertian Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah sistem pembelajaran intrakurikuler yang dikembangkan sebagai kurikulum yang lebih fleksibel. Dengan tujuan agar pelajar memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep, namun tetap berfokus pada materi serta pengembangan karakter. Sehingga bisa menguatkan kompetensi dari peserta didik. 

Dalam kurikulum ini, guru  atau pengajar memiliki keleluasaan dalam memilih berbagai perangkat untuk mengajar. Sehingga, nantinya sistem pembelajaran bisa menyesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Karakteristik dari Kurikulum Merdeka

  • Memiliki Pembelajaran Berbasis Project. Bertujuan  untuk mengembangkan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila.
  • Materi yang Lebih Fokus. Kurikulum ini akan berfokus pada materi esensial, sehingga pelajar memiliki waktu yang  cukup untuk mendalami pelajaran tentang kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.
  • Cara Mengajar yang Lebih Fleksibel. Guru juga bisa melakukan proses pembelajaran dengan fleksibel, sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Kurikulum Merdeka juga mendukung siswa untuk mengenali minat dan bakat sejak dini. Mengutamakan materi pembelajaran yang esensial, kurikulum ini bisa mendorong perkembangan siswa berdasarkan minat bakat dari peserta didik.

Sehingga dari sisi pengajar pun akan lebih berfokus pada proses pembelajaran dan kebutuhan belajar dari para siswanya. Hal ini akan membuat pelajar lebih mudah untuk mengenali minat dan bakatnya lebih dalam.

MyFuture Psychotest Hadir untuk Kenali Minat dan Bakat Kamu

Nah, kamu bisa mengetahui minat dan bakat yang kamu miliki melalui MyFuture Psychotest. Tes minat bakat ini juga bermanfaat untuk mengenali User Persona yang kamu miliki, sehingga bisa menjadi panduan untuk memilih program studi untuk masuk ke universitas nantinya.

Dengan mengenali minat dan bakat sejak dini, akan jadi kemudahan tersendiri bagi Bridgers dalam memilih mata pelajaran pada Kurikulum Merdeka ini. Dimana pemilihan mata pelajaran tersebut, nantinya akan berkaitan dengan jurusan yang bakal kamu pilih di universitas. 

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengikuti MyFuture Psychotest ini. Mulai dari pemahaman mengenali minat dan bakat, panduan dalam memilih jurusan, hingga dukungan ahli dari Tim Psikolog dan Konselor Pendidikan.

Buat yang masih ragu, kamu bisa mencoba Mini MyFuture Psychotest secara gratis dari EduBridge. Psikotes ini akan sangat berguna untuk mencari tahu karakter kepribadian kamu, sebelum menentukan jurusan dan jenjang karier yang kamu inginkan.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Seminar “Mengoptimalkan Pilihan Jurusan Kuliah dan Karir Melalui MyFuture Psychotest & Kurikulum Merdeka” yang akan dibawakan oleh Nur Hidayati Handayani selaku Konselor Psikolog Alumni dari University of Oxford, pada EduBridge Education Expo 2024 yang bakal diselenggarakan di bulan September dan Oktober ini.

Gimana Bridgers, mulai tertarik untuk lebih mengenali minat dan bakat yang kamu miliki? Langsung aja daftar di sini buat ikut seminarnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *