Industri perhotelan dikabarkan akan terus berkembang pesat di tahun 2025 ini, seiring meningkatnya kebutuhan wisata setelah pandemi. Kalau kamu tertarik untuk terjun di dunia hospitality, sekarang jadi momen yang tepat untuk mulai belajar dan cari tahu peluang karir di hospitality yang menjanjikan ini!
Bidang ini nggak cuma melayani tamu, tapi juga menawarkan berbagai bidang menarik lainnya yang bisa disesuaikan dengan minat kamu. Penasaran apa saja prospek karir di industri ini? Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya di sini!
Apa Saja Prospek Karir di Hospitality?
1. Concierge
Sebagai seorang concierge, kamu akan banyak menghadapi pertanyaan para tamu terkait rekomendasi tempat belanja, restoran, dan destinasi wisata di sekitar area hotel. Selain itu, kamu juga bertugas memberi informasi lengkap tentang fasilitas dan layanan hotel.
Untuk menjadi seorang concierge, kamu perlu memiliki kemampuan customer service, problem-solving yang baik, serta kesabaran dalam menghadapi permintaan tamu. Ilmu tentang fasilitas hotel dan destinasi wisata di area sekitar hotel akan sangat berguna di posisi ini!
2. Front Desk Supervisor
Sebagai front desk supervisor, tugas utamamu adalah memastikan proses check-in dan check-out tamu berjalan lancar. Kamu bertanggung jawab dalam memastikan tim front desk untuk tetap memberikan pelayanan terbaik.
Selain itu, kamu juga akan menyambut para tamu, membantu proses check-in & penyerahan kunci kamar, menangani pembayaran, hingga prosedur checkout. Untuk sukses di posisi ini, kamu perlu menguasai manajemen waktu yang baik, leadership, dan customer service.
3. Guest Relations Manager
Posisi yang satu ini cocok dengan kamu yang hobi bertemu orang baru! Sebagai guest relations manager, kamu membantu menciptakan pengalaman menginap yang spesial bagi para tamu, serta mengumpulkan feedback mereka untuk perbaikan kedepannya.
Tugasmu mencakup menerima masukan dan keluhan tamu, memastikan setiap masalah terselesaikan dengan solusi yang efektif. Entah itu melalui email, telepon, atau secara langsung. Kamu harus memastikan para tamu mendapatkan pengalaman terbaik agar mereka kembali tertarik untuk menginap.
4. Event Planner
Selain menyediakan penginapan, hotel juga sering menjadi tempat untuk mengadakan berbagai acara, seperti meeting, seminar, hingga pernikahan. Oleh karena itu, dibutuhkan pula seorang event planner yang dapat memastikan semua acara berjalan lancar.
Sebagai seorang event planner, kamu perlu skill komunikasi, attention to detail, negosiasi yang baik dengan klien dan vendor, budgeting, serta kemampuan organisasi. Siapa nih yang tertarik?
5. Housekeeping Director
Posisi ini juga memegang peran penting agar operasional hotel berjalan lancar. Kamu akan bertanggung jawab dalam mengelola tim housekeeping, termasuk proses perekrutan dan pemberhentian karyawan.
Selain itu, kamu akan bertugas dalam memberikan training, melakukan inspeksi, menyusun jadwal kerja, memastikan semua operasi sesuai budget, serta menerima laporan tentang kebutuhan suplai dan berbagai hal lainnya.
6. Banquet Manager
Sebagai banquet manager, kamu bertugas dalam memastikan setiap acara di hotel berjalan mulus dari awal hingga akhir. Tugas utama dari posisi ini yaitu merencanakan acara sedetail mungkin, mulai dari tata letak dan dekorasi, dan memantau tim yang bertugas melayani tamu.
Berbeda dengan event planner, posisi ini lebih fokus dengan koordinasi antara vendor, seperti katering, florist, pengisi acara dan logistik, untuk memastikan semua elemen acara sesuai dengan yang sudah ditentukan.
7. Reservation Manager
Selanjutnya, posisi ini memiliki peran penting dalam membawa banyak tamu. Kamu akan bekerja sama dengan tim marketing dan front desk untuk merancang promosi dan rate plan yang menarik, sehingga tingkat okupansi hotel makin tinggi.
Di posisi ini, kamu membutuhkan keahlian dalam manajemen waktu, customer service, kerja sama tim, marketing, dan keterampilan organisasi yang baik.
8. Restaurant Manager
Tugas utama Restaurant Manager yaitu memantau setiap menu makanan, melatih karyawan dalam menyajikan hidangan, dan memastikan tamu mendapatkan pengalaman kuliner yang memuaskan.
Sebagai restaurant manager, kamu akan bertanggung jawab dalam menjaga operasional dapur, menjalankan standar kebersihan, menguasai skill customer service, melakukan akuntansi dasar, serta memahami prosedur kesehatan & keselamatan.
9. Food & Beverage Manager
Food & beverage manager di hotel berperan penting dalam memastikan setiap prosedur pembelian dan penyimpanan bahan makanan & minuman berjalan baik. Kamu akan mengatur alur distribusi makanan ke berbagai layanan di hotel, seperti restoran, room service, minuman & snack complimentary, hingga snack bars di kamar hotel.
Posisi ini bertanggung jawab penuh dalam koordinasi, perencanaan, dan pengelolaan makanan serta minuman di seluruh hotel. Tujuannya untuk memastikan setiap layanan memenuhi standar kualitas dan kepuasan tamu, sembari menjaga budget F&B agar tetap sesuai anggaran hotel.
10. General Manager
Seorang general manager bertanggung jawab dalam mengawasi semua departemen di hotel, mulai dari housekeeping, food service, front desk, valet, human resources, marketing, F&B, hingga concierge.
Tugas utamanya yaitu mengatur operasional setiap harinya, bekerja sama dengan manajer dari tiap departemen, menyusun dan mengelola budget hotel, serta memberikan laporan kepada eksekutif tentang performa hotel.
11. Human Resources Manager
Berikutnya, human resources manager berperan dalam mengawasi, mengarahkan, dan mengelola sumber daya manusia di hotel. Di sini, kamu berperan besar dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif untuk setiap karyawan.
Untuk berhasil di posisi ini, kamu memerlukan keterampilan komunikasi, organisasi, problem solving, active listening, dan kemampuan negosiasi yang baik agar dapat membantu karyawan di saat mereka membutuhkan dukungan.
12. Finance Manager
Finance manager bertanggung jawab dalam mengatur operasional tim keuangan dan akuntansi setiap harinya, seperti menyiapkan & mengatur budget hotel dan memantau aktivitas yang berhubungan dengan aspek keuangan.
Di posisi ini, kamu akan membuat analisis keuangan, pelaporan, dan audit. Kamu juga akan memastikan semua dokumen legal dan status keuangan hotel terjaga dengan baik.
13. Sales & Marketing Manager
Terakhir, sales dan marketing manager bertanggung jawab dalam memaksimalkan pendapatan hotel dengan mengembangkan strategi dan business plan terbaik, misalnya dari banyaknya kamar yang terisi, acara, fasilitas hotel, hingga restoran.
Sebagai seorang sales & marketing manager, kamu memerlukan kemampuan creative thinking, budgeting, komunikasi, dan memahami ilmu marketing agar dapat menciptakan strategi marketing yang sukses.
Bekerja di industri perhotelan memang penuh dengan peluang seruya, Bridgers! Di sini, kamu bisa mengeksplorasi segala aspek perhotelan yang berkontribusi pada pengalaman terbaik para tamu, mulai dari finance, human resources, F&B, dan event management. Semua peluang karir di hospitality ini terbuka sangat luas untukmu!
Sekarang sudah siap mengejar karir di industri perhotelan? Yuk, mulai persiapkan diri untuk belajar Hospitality di luar negeri dengan konsultasi studi bareng EduBridge!