Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

6 Alasan Visa Pelajar Ditolak, Perhatikan Penyebabnya!

Konsultasi sudah, menentukan negara dan universitas impian sudah, terima letter of acceptance pun sudah! Nah, tinggal masalah urus visa nih. Eh tapi kita tak boleh menyepelekan urusan visa loh! Dari pekerja, turis hingga pelajar pun bisa saja mengalami penolakan visa. Kacau dong jika kita sudah mempersiapkan semuanya malah visa belum ada! Oleh karena itu kita harus memperhatikan cara yang tepat untuk mengajukan visa pelajar.

Pertama, ketahui dulu apa sih yang dapat menyebabkan visa tertolak. Dengan begitu kita dapat mengajukan tanpa perlu dag-dig-dug deh! Berikut adalah alasannya:

Unggahan Dokumen Buram

Biasanya untuk mengajukan aplikasi visa kita perlu untuk mengunggah dokumen dan persyaratan tertentu secara digital. Seringkali hasil scan yang kita lakukan hasilnya tidak jelas gambarnya alias buram! Ini tentu dapat berpengaruh negatif sebab data pada dokumen menjadi sulit terbaca. Perhatikan juga untuk mengunggah dokumen sesuai dengan ukurang yang berlaku ya Bridgers!

Dukungan Finansial Tak Mencukupi

Ketika kalian sudah memutuskan untuk kuliah di luar negeri, tentu kalian sudah paham tentang kebutuhan finansial di negara tersebut. Biaya untuk hidup, pendidikan dan lainnya harus tercukupi. Bagi setiap negara yang berbeda akan berlaku jumlah minimal tabungan. Jika tidak mencukupi akan beresiko visa pelajar tertolak. Oleh sebab itu dari jauh-jauh hari setidaknya 1 bulan sebelumnya kalian sudah harus persiapkan. Hindari juga mutasi rekening yang mencurigakan (aliran dana besar sebelum rekening dicetak) ya, Bridgers!

Pernah Melakukan Pelanggaran Imigrasi 

Bila kalian pernah melanggar ketentuan imigrasi seperti contohnya menjadi imigran gelap, overstay di suatu negara lebih dari batas waktu, memalsukan dokumen dan lain sebagainya, pasti akan tercatat dalam record di sistem imigrasi. Tindakan seperti itu akan sangat menyulitkan kita untuk masuk ke negara manapun. Jadi pastikan agar tidak melanggar ketentuan imigrasi agar pembuatan visa pelajar lancar jaya!

Masa Berlaku Paspor Akan Atau Telah Kadaluarsa

Masa berlaku paspor berpengaruh dalam diterima atau tidaknya visa pelajar. Paspor kita harus berlaku selama minimal 6 bulan setelah tanggal kedatangan di negara tujuan. Jika paspor akan kadaluarsa kurang dari 6 bulan atau bahkan telah kadaluarsa, kemungkinan visa akan tertolak. Tak hanya itu, kita pun tidak dapat masuk ke negara tersebut. Jangan lupa untuk selalu menjaga paspor karena kerusakan akan mempersulit pengajuan visa kita loh Bridgers!

Kemampuan Bahasa Kurang Memadai

Biasanya ketika sedang apply untuk universitas di luar negeri pun terdapat persyaratan bahasa. Contohnya kita akan memerlukan tes sertifikasi seperti IELTS dan TOEFL. Jika kurang dari persyaratan, agaknya akan sulit untuk kalian hidup beradaptasi dan studi di negara tersebut. Maka itu bisa menjadi salah satu faktor penolakan visa pelajar juga ya!

Data Tidak Lengkap dan Akurat

Selalu perhatikan berkali-kali data dan persyaratan untuk mengajukan visa. Kesalahan sedikit saja bisa berujung tertolaknya visa pelajar kita. Periksa ulang data-data seperti surat, tiket pesawat, identitas dan lengkapi semua sesuai ketentuan. 

Itu dia 5 alasan mengapa kita bisa gagal mengajukan visa pelajar. Bagaimana bila ditolak? Jangan panik, Bridgers. Kita bisa melakukan beberapa hal seperti: Mengajukan banding (bila keputusan terasa kurang tepat), mengajukan kembali visa baru, dan melengkapi segala kekurangan dokumen. Jadi, tetap tenang ya Bridgers! Yang terpenting adalah selalu teliti saat pengajuan. Bagi yang mager urus visa sendiri, EduBridge menyediakan jasa pembuatan visa juga loh untuk pelajar. Kalian bisa hubungi kami untuk informasi lebih lanjut! Jangan lupa juga untuk mempersiapkan segala sesuatu sebelum berangkat, bisa baca dulu artikel ini sebagai persiapan!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *