Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Bekal Untuk Para Bridgers Fresh Graduate; Auto Sukses Setelah Lulus

Kuliah memang sulit kelihatannya. Banyak tugas, tes dan riset yang menumpuk terkadang bisa membuat mumet. Apalagi bila kondisi Bridgers sedang studi di luar negeri dan jauh dari keluarga. Selain itu juga proses adaptasi di negeri lain tidak semudah itu loh! Mereka yang sedang dalam keadaan tak stabil mentalnya bisa merasakan stress hingga depresi. Namun, kalian tau gak sih Bridgers? Perjalanan sebenarnya dimulai ketika kalian lulus dan menjadi Fresh Graduate. Ya, meski tugas menumpuk dapat mengintimidasi, namun dunia kerja pun begitu. Bahkan lebih membutuhkan mental kuat!

Fresh Graduate, mereka yang baru lulus dan akan memulai pencarian karir. Pastinya gak gampang ya! Terlebih lagi kebanyakan perusahaan mencari kandidat dengan pengalaman sesuai. Kita lihat faktanya saja, berapa banyak sih mahasiswa pengangguran setelah kelulusan?

Tetapi kita tidak boleh takut dan menjadikan ini alasan untuk tidak maju, Bridgers! No worries, EduBridge akan spill beberapa tips andalan dari kita bagi kalian Fresh Graduate!

Tips 1: Semua Bermula Di Waktu Kuliah

Sumber: Canva

Persiapan itu sangat penting untuk menopang kesuksesan. Ini alasannya mengapa EduBridge merekomendasikan Bridgers mempersiapkan diri selagi di kuliah. Banyak hal yang bisa kalian lakukan alih-alih belajar. Tentu, nilai akademis itu esensial. Tetapi ada beberapa hal yang tidak bisa kalian dapatkan hanya dari ruang kelas.

Inisiatif. Ini adalah kata-kata keramat untuk para mahasiswa. Inisiatif untuk memperluas koneksi dan memperdalam ilmu. Bagaimana caranya? Bersosialisasi dan perluas lingkaran pertemanan mu, usahakan bergabung juga dengan circle teman dari berbagai negara. Hayo, jangan menutup diri Bridgers!

Sebagai tambahan, kalian juga bisa mengambil program internship ataupun mencari part-time sesuai peraturan yang berlaku di negara masing-masing. Dengan begini, ketika melamar kerja kalian tidak memulai dari nol. Auto boosting CV deh!

Tips 2: Post Study Work Visa

Sumber: Canva

Ini adalah salah satu keuntungan Bridgers yang kuliah di negara tertentu seperti UK atau Canada. Beberapa negara menyediakan visa khusus agar setelah lulus mahasiswa internasional bisa bekerja di negara tersebut. Biasanya visa ini berdurasi 1-2 tahun. Jika kalian mendapatkan kesempatan ini, pergunakan dengan baik ya! 

Belum tentu semua negara menyediakan visa ini sedangkan banyak sekali orang yang ingin mencari pengalaman di luar kampung halaman loh!

Bekerja di suatu negara asing dapat memberikan Bridgers keuntungan yakni: Menjadi batu loncatan karir, menguasai bahasa asing, memperluas koneksi, mendapatkan pengalaman baru dan masih banyak lagi. Tidak menutup kemungkinan kalian bisa tinggal secara permanen di negara tersebut pula. Menarik sekali bukan?

Tips 3: Adjusting dengan Kultur

Sumber: Canva

Setelah Post Study Work Visa berakhir, tentunya Bridgers mempunyai pilihan kembali ke tanah air dong? Atau bagi yang tidak mempunyai kesempatan untuk kerja di luar negeri juga bukan jadi masalah kok!

Kerja di luar maupun dalam negeri, pengalaman tetaplah berharga. Maka itu EduBridge sangat menyarankan kalian untuk bekerja selama 2-3 tahun di Indonesia. Tujuannya adalah agar Bridgers dapat semakin mendapatkan perspektif berbeda dalam dunia kerja. Lokasi, situasi dan rekan kerja dari berbagai latar belakang dapat memperkaya soft skills kalian. Skill ini tak kalah penting dari technical atau hard skills loh. 

Justru agar karir kalian semakin lancar, kedua skills ini harus saling support dan melengkapi! 

Ada satu lagi nih selain meningkatkan keahlian dan tak kalah penting, yaitu koneksi. Mau berbisnis atau berkarir, relasi dengan sesama itu krusial. Networking dapat membuka ribuan pintu kesempatan bagi Bridgers. Jadi, selalu ingat untuk selalu berinisiatif ya!

Tips 4: Step Up Your level

Sumber: Canva

Inti dari kesuksesan adalah terus menerus mencari kesempatan. Setelah pengalaman dan berbagai skills sudah kalian kantongi, saatnya untuk menaikkan level. Mulailah mendaki puncak karir setinggi-tingginya!

Kasarnya begini, jika mindset kita hanya untuk bekerja saja akan sulit untuk berprogres. Bridgers mesti mempunyai goals! Seiring berjalannya umur, akan semakin sulit mencari pekerjaan. Bukan ingin menakuti, tetapi inilah realitanya. Nah, dengan ilmu yang Bridgers miliki, bukan tidak mungkin untuk membuka usaha sendiri. 

Alih-alih mencari pekerjaan, jadilah orang yang membuka lapangan pekerjaan. Bila kita lihat situasi saat ini, berbagai macam perusahaan besar bermula dari perusahaan kecil. Kesimpulannya, asal ada kemauan tak ada yang mustahil. 

Ilmu yang kalian punya pun berguna untuk meneruskan usaha atau bisnis keluarga (bila ada). Bahkan Bridgers mampu untuk memperluas kesempatan bisnis tersebut untuk lebih berkembang. Ini merupakan alasan mengapa EduBridge selalu menekankan pentingnya pendidikan dan pengalaman. Kombo luar biasa ini efektif deh membuka jalan menuju kesuksesan.

Setujukah kalian, Bridgers?

Pesan EduBridge Bagi Bridgers Fresh Graduate

EduBridge paham betul, lebih mudah untuk berbicara ketimbang melakukan. Percuma saja ada wacana tanpa usaha, malah jadi stuck terus!

Namanya hidup itu pasti naik turun dan masalah akan datang bahkan di saat yang tidak kita duga. Tetapi pada momen itu, meskipun sulit, Bridgers harus tetap berusaha bangkit. Kalian adalah orang-orang yang cukup beruntung untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik. Setiap ilmu pun akan berguna pada saatnya. Kalian tidak akan rugi deh belajar dan mengemban ilmu sebanyak-banyaknya!

Attitude, itulah yang terpenting.

Ilmu dan pengalaman bisa kita cari kapan pun dan kemana pun kita pergi. Namun sifat dan karakter berasal dari dalam diri sendiri. Sudah menjadi tugas kita agar menumbuhkan sifat inisiatif, memupuk pikiran positif serta selalu ingin belajar dan berkembang. Dengan begitu pada akhirnya kesempatan pun akan datang pada kita. Sepintar-pintarnya Bridgers dalam hal akademik atau seberapa banyak skills yang kalian punya, percuma jika tidak diimbangin dengan attitude positif.

Yuk, semangat selalu Bridgers! EduBridge yakin kalian pasti bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan passion deh. Semoga tips dari EduBridge dapat membantu kalian ya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *