Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

CV dan Wawancara untuk Lolos Kerja? Pahami Trik-nya!

Bridgers! Pastinya sedikit banyak pernah dong membuat CV atau Curriculum Vitae? Atau setidaknya, pernah diajarkan cara untuk membuatnya ketika masih menduduki bangku sekolah atau pendidikan tinggi! CV itu salah satu komponen yang kalian perlukan ketika ingin melamar kerja. Di bidang apapun dari industri perhotelan hingga perusahaan asuransi, semua akan membutuhkan CV dan wawancara! Bagi kalian yang belum betul-betul paham, apa sih itu CV? Nah kita simak dulu nih sebelum berdiskusi lebih lanjut!

Mengenal Istilah CV (Curriculum Vitae)

Sumber: AppleOne Blog

Pernah dengar kan Bridgers kalau kesan pertama itu penting? Nah, CV bisa dibilang salah satu wujud kesan pertama perusahaan yang dilamar terhadap kalian! Mengapa begitu? Secara detail, prestasi akademik dan profesional kalian semua tertera di dalam CV. Hal seperti riwayat pekerjaan profesional, pendidikan, keterampilan dan prestasi wajib banget kalian sertakan di dokumen ini.

Untuk lebih detail, ini lah beberapa hal yang WAJIB termasuk di dalam CV:

  • Riwayat pendidikan
  • Riwayat pekerjaan
  • Riwayat organisasi
  • Kualifikasi dan keterampilan
  • Prestasi dan sertifikat
  • Informasi kontak
  • Informasi personal atau hobi (berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar)

Kurang lebih itu dia yang kalian perlukan di dalam CV ya Bridgers! Mungkin akan ada pertanyaan, bagaimana kalau kita belum mempunyai pengalaman bekerja? Tidak masalah dong! Kalian bisa menuliskan pengalaman di dalam sekolah seperti ikut OSIS atau kepanitiaan lainnya. Selain itu juga bisa mencantumkan pengalaman di luar sekolah seperti kegiatan sukarela di gereja, lingkungan, dan sebagainya. 

Penulisan CV yang baik dapat meningkatkan peluang kalian untuk diterima di perusahaan impian kalian loh! Maka dari itu EduBridge mau memberikan sedikit tips dan trik yang bisa Bridgers terapkan dalam penulisan CV kalian. Simak lebih lanjut ya!

Tips dan Trik Penulisan CV 

Kalau kalian sudah menyimak sampai sini berarti sudah paham dong ya sedikit banyak bentuk serta format CV seperti apa. 

Ini dia beberapa hal yang perlu kalian lakukan saat penulisannya:

  • Sesuaikan CV dengan pekerjaan yang dilamar

Ya, tentu akan lebih baik bila kalian menyesuaikan CV dengan perusahaan dan pekerjaan yang kalian lamar. Contohnya: bila kalian melamar di bagian kreatif, ada baiknya menunjukkan desain, pengalaman dan keterampilan yang sesuai. Mengapa? HRD dapat membedakan mana lamaran yang generik dan mana yang bukan. Biasanya yang terpilih adalah mereka yang berhasil menunjukkan pengalaman relevan tentunya!

  • Terapkan Motto: “Singkat, Padat, Jelas”

Janganlah kalian mencantumkan seluruh pengalaman dan keterampilan yang kalian miliki. Bayangkan bila seseorang dengan pengalaman 30 tahun bekerja memasukkan seluruh pengalaman kerja mereka, akan sangat panjang sekali CV nya! Hal ini yang kalian harus hindari. Hanya masukkan yang relevan dan sesuai pekerjaan, disarankan tidak lebih dari 2 lembar.

  • Format Design yang Jelas dan Rapi

Ini penting untuk diperhatikan Bridgers! CV yang kalian tulis harus bisa terbaca dengan jelas menggunakan font misal Times New Roman dengan ukuran yang pas. Hindari penulisan CV 2 kolom yang terlalu padat dan desain yang membuat bingung pembaca. Satu hal lagi, penulisan pengalaman kerja harus dalam urutan kronologis terbalik, tampilkan pekerjaan terakhir kalian terlebih dahulu ya!

  • Periksa Kembali serta Cantumkan Data Faktual

Terakhir dan sama pentingnya juga, data yang kalian cantumkan harus VALID dan terbukti ya! Hindari menambahkan data yang tidak benar karena itu sudah melanggar etika dan bisa saja data yang kalian tuliskan dicek kebenarannya oleh perusahaan. Kalian tidak mau dong memulai suatu pekerjaan dengan konotasi negatif? Selain itu, periksakan kembali CV yang kalian tulis untuk menghindari kesalahan penulisan!

Itu dia Bridgers 4 tips yang bisa kalian gunakan ketika menulis CV. Setelah CV, hal yang perlu kalian perhatikan adalah persiapan wawancara atau interview. Apa yang dimaksud dengan wawancara ya?

Mengenal Istilah Wawancara Pekerjaan

Sumber: Pinterest

Setelah CV kalian berhasil menarik hati HRD, langkah selanjutnya yang akan terjadi adalah proses wawancara kerja. Proses tanya jawab ini biasanya akan HRD lontarkan untuk kandidat agar mengetahui bila kandidat cocok untuk pekerjaan atau tidak. Serangkaian pertanyaan akan ditujukan pada kalian, biasanya proses bisa mengambil waktu dari 45 menit  hingga 1 jam. 

Biasanya dalam wawancara, perusahaan akan menanyakan beberapa hal untuk mengenal kalian lebih jauh dalam aspek:

  • Pengalaman kerja/akademik
  • Minat dan antusiasme
  • Sifat dan karakter
  • Kekuatan dan kelemahan
  • Tujuan karir (Jangka panjang dan pendek)

Edubridge juga akan memberikan sedikit tips yang bisa kalian ikuti nih untuk mempersiapkan wawancara. Yuk simak bersama!

Tips dan Trik Wawancara Kerja

  • Riset Tentang Perusahaan dan Pekerjaan

Ibaratnya sebelum wawancara kalian harus riset terlebih dahulu tentang perusahaan dan produknya sehingga jika ditanya bisa menjawab dengan baik! Ini juga merupakan tanda bahwa kalian serius melamar pekerjaan ini loh.

  • Menjawab Secara Cukup dan Percaya Diri

Ketika menjawab sebuah pertanyaan, pastikan kalian menjawab dengan singkat, padat dan jelas. Hindari jawaban bertele-tele dan fokus pada intinya saja. Jangan lupa untuk menonjolkan sisi positif sebagai “selling point” kalian ya! Kepercayaan diri saat menjawab akan membantu berikan kesan positif untuk pewawancara juga. 

  • Siapkan Pertanyaan Untuk Perusahaan

Selain pertanyaan yang akan HRD berikan pada kalian, ada suatu saat perusahaan akan mempersilahkan pertanyaan dari Bridgers! Ketika peluang ini ada, ambilah dan tunjukan antusias akan perusahaan seperti “Menurut Anda apa hal terbaik tentang bekerja di sini?” atau pertanyaan sejenisnya. 

  • Berlatih Wawancara

Bagi Bridgers yang belum pernah melakukan wawancara sebelumnya, mungkin hal ini bisa terdengar menakutkan! Namun, kalian juga pasti menjalankannya dengan baik. Bila ragu, kalian bisa riset beberapa pertanyaan umum apa yang biasanya muncul ketika proses wawancara dan mempersiapkan jawabannya. Setelah itu, berlatihlah dengan orang lain untuk memberikan simulasi wawancara secara riil. Perlahan juga akan terbiasa kok Bridgers!

Itu dia beberapa tips dan trik yang bisa kami berikan untuk kalian Bridgers! Pastikan untuk berlatih terus dan bangun rasa kepercayaan diri kalian. Perlu banget kalian ingat bahwa tidak ada hal yang mustahil selama ada kerja keras. Usaha tidak akan mengkhianati hasil! Semoga membantu Bridgers!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *