Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Diprediksi Akan Kembali Berjaya, Baguskah Prospek Jurusan Pariwisata dan Perhotelan?

Bridgers! Sudah bukan jadi rahasia ya bila semua sektor di penjuru dunia merasakan penurunan drastis sejak awal pandemi. Mungkin satu-satunya sektor yang masih berjaya di kehidupan pandemi adalah industri kesehatan. Hingga sekarang pun, sebenarnya ekonomi belum betul-betul pulih. Seperti halnya bayi yang belajar merangkak, perlahan industri raksasa maupun industri kecil mulai memulihkan diri. Mudah? Tentu tidak! Apalagi dengan adanya faktor-faktor eksternal lainnya yang menyebabkan harga bahan baku naik dan lain sebagainya.

Meski begitu, tidak ada hal yang mustahil! Habis gelap selalu akan terbit terang. Gak percaya? Biarkan data yang berbicara, yuk simak apa kata data!

Pemulihan Industri Pariwisata dan Perhotelan

Sumber: Canva

Berdasarkan data dari UNWTO (World Tourism Organization), dengan Eropa sebagai pemimpin, di seluruh dunia kedatangan internasional meningkat tiga kali lebih banyak pada kuartal pertama 2022 dibandingkan periode yang sama tahun 2021 loh! Bisa terlihat dari barometer UNWTO bahwa pertumbuhan pariwisata internasional mengalami peningkatan 182% tahun-ke-tahun pada Januari-Maret 2022. Proses pemulihan yang menjanjikan banget gak sih Bridgers!

Dengan adanya kenaikan pariwisata, lumrah jika industri perhotelan pun akan meningkat. Keduanya memiliki hubungan yang cukup erat! Terbukti dari pemesanan secara global untuk hotel dan persewaan liburan yang naik sekitar 35% dari kuartal sebelumnya. Pertumbuhan industri hotel diperkirakan akan semakin meningkat tahun 2022-2026.

Nah, dari sini terlihat kan Bridgers bahwa perlahan tapi pasti, kedua industri raksasa ini sedang merangkak dan berjalan ke arah pemulihan. Memang sih bila kalian bandingkan dengan sebelum terjadinya pandemi tentu angka masih berbeda jauh. Tetapi, tidak menutup kemungkinan bisa mengejar atau bahkan melampaui angka tersebut di beberapa tahun kedepan loh!

Elemen Pendukung Pemulihan

Sumber: Canva

Penasaran gak sih Bridgers, kok bisa ya terjadi peningkatan yang terbilang cukup cepat diantara kedua industri tersebut? Ini dia beberapa faktor yang mempengaruhi:

  • Pelonggaran Travel Restriction

Belum semua negara telah membuka batasan atau meringankan batasan untuk masuk antar negara, tapi beberapa sudah memberlakukan sistem tersebut. Ini yang menjadi salah satu faktor nih kenapa sudah mulai banyak yang bepergian baik di dalam maupun luar negeri. Kebanyakan karena pekerjaan, bisnis, studi, kesehatan bahkan liburan!

  • Peningkatan Kesadaran Protokol Kesehatan

Membaiknya situasi pandemi tertolong karena masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya protokol kesehatan. Bukan hanya pengunjung, pihak hotel dan tempat wisata pun memberlakukan kesehatan untuk kepentingan pengunjung dan staff. Itulah yang membuat masyarakat tak lagi takut untuk bepergian!

  • Otomatisasi & Digital Guest Experience dengan teknologi

Zaman sekarang sudah tidak asing yang namanya teknologi digital ya Bridgers! Mulai hal sederhana dari menu di rumah makan saja sudah tersedia menu digital. Hal ini juga sama di dunia perhotelan dan pariwisata. Sudah banyak yang menyediakan sarana teknologi untuk mendapatkan informasi katalog, pemesanan hingga pembayaran. Tentu hal ini mempermudah pengunjung! Tak hanya itu, pengunjung juga dengan mudah memberikan umpan balik sehingga dari sisi hotel juga bisa meningkatkan pengalaman pengunjung kedepannya.

  • Tren “Staycation” 

Istilah ini memang sudah ada sejak lama, namun sejak pandemi mulai membaik tak sedikit dari masyarakat yang melakukan “staycation”. Terlebih lagi ketika batasan antar negara belum ada pelonggaran! Banyak yang ingin merasakan esensi jalan-jalan bahkan dengan cara menginap di penginapan tengah kota. Fasilitas hotel juga bisa memberikan “healing” yang orang dicari orang banyak. 

Pemilihan Institusi Yang Tepat

Sumber: Canva

Bridgers sudah lihat sendiri kan betapa menjanjikan industri perhotelan dan pariwisata kedepannya? Ketika badai pandemi menerpa saja, keduanya bisa mulai bangkit lagi, bayangkan saja bila situasi menjadi normal kembali! Bersamaan dengan itu, bidang pekerjaan di payung pariwisata dan perhotelan yang bisa Bridgers ambil sangat beragam mulai dari F&B hingga rekreasi!

Lantas, apa saja nih yang Bridgers harus lakukan untuk berkarir di industri raksasa ini di masa yang akan datang? Kalian bisa memulai dari pemilihan universitas yang cocok! Kalau Bridgers sudah mantap nih mau berkarir di bidang pariwisata dan perhotelan maka langkah pertama yang mencari sekolah yang sesuai. Saran untuk pemilihan, baiknya memilih sekolah yang menggabungkan teori dan praktik ya karena dalam industri ini pengertian pekerjaan secara praktik sangatlah penting.

Saran yang kedua adalah memilih institusi yang mempunyai koneksi kuat dengan perusahaan dan para ahli di industri yang bersangkutan. Hal ini akan membuka kesempatan untuk universitas memberikan ilmu di luar ruang kelas untuk kalian! Saran terakhir adalah memilih institusi dengan koneksi alumni luas yang kuat. Ini bisa menjadi jendela karirmu di masa depan loh Bridgers!

Usahakan Mengikuti Program Magang

Seperti yang Bridgers ketahui, ilmu bisa kalian dapatkan dari 2 tempat yakni ruang kelas dan di luar dari itu. Memang, sangat krusial untuk memahami ilmu dasar sesuatu, namun akan lebih baik bila berbarengan dengan belajar sambil melakukan. 

Itulah mengapa kami sarankan untuk mencari institusi yang menawarkan program magang. Bila tidak memungkinkan, dengan inisiatif sendiri kalian juga bisa mengambil waktu di libur semester dan mencari paruh waktu atau magang di industri yang bersangkutan loh! 

Perlu diingat Bridgers, pengalaman magang itu berharga banget! Kalian bisa belajar banyak dari segi ilmu hingga cara berkomunikasi dengan rekan kerja. Selain itu ini bisa menambah pengalaman kerja di CV kalian. Yang paling bermanfaat adalah kalian bisa memperluas koneksi profesional sebelum lulus. Bagus banget kan?

Katakan YA Pada Jurusan Perhotelan dan Pariwisata

Mungkin Bridgers sempat ragu mengambil jurusan ini sejak pandemi menyerang ya? Tidak salah sih, memang sempat marak pemberhentian karyawan di industri ini dan keanjlokan yang parah. 

Tetapi seperti yang sudah kita bahas ya, pemulihan sedang dalam proses. Kejayaan industri raksasa ini mempunyai prediksi akan kembali normal beberapa tahun kedepan. Pas banget gak sih Bridgers? Ketika kalian sudah selesai kuliah, pasti sedang booming lagi tren pariwisata dan perhotelan!

Bila memang sudah yakin dengan pilihan kalian, jangan takut untuk mengambil jurusan tersebut! Lagipula kalau Bridgers masih bingung kalian juga bisa secara gratis konsultasi dengan EduBridge kok. Yang paling penting persiapkan sedari awal mungkin ya. Semangat terus Bridgers, jangan menyerah!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *