Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Coldplay's members doing celebration

Fans Coldplay Udah Tau Fakta Ini Belum?

15 November 2023 menjadi tanggal yang tidak terlupakan bagi para ColdHeads (sebutan untuk para fans Coldplay) di Indonesia. Karena, di momen ini adalah pertama kalinya Coldplay konser di Indonesia sejak mereka debut di tahun 1998.

Band yang beranggotakan Chris Martin sebagai vokalis, Jonny Buckland sebagai gitaris, Guy Berryman sebagai bassist, dan Will Champion sebagai drummer ini merupakan salah satu band populer yang berasal dari London, Inggris.

Beberapa lagu dari Coldplay pun terbilang sangat hits dan sering terdengar di banyak media di Indonesia. Seperti Yellow, Fix You, Viva La Vida, hingga My Universe. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya fans Coldplay dari seluruh penjuru dunia.

Lebih kenal dengan Coldplay!

Siapa sangka, kalau ternyata band yang sangat terkenal di seluruh lapisan masyarakat saat ini, terbentuk karena adanya momen orientasi mahasiswa alias ospek!

Chris Martin dan Jonny Buckland bertemu saat sedang melakukan ospek di UCL atau University College London. Lantas mereka mulai aktif bermain musik dan dengan cepat merekrut Guy Berryman dan Will Champion untuk bergabung di band. Pada awalnya, nama band mereka adalah Starfish, sampai akhirnya mengubah namanya menjadi Coldplay di tahun 1998.

Emang Chris Martin kuliah jurusan apa sih sampai bisa punya band seterkenal ini?

Jurusan Kuliah Para Anggota

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, tanpa disangka para anggota Coldplay ini merupakan lulusan salah satu universitas ternama dunia yaitu UCL atau University College London, lho.

Pertemuan keempat anggota Coldplay ini terjadi di Ramsay Hall UCL. Dilansir dari website resmi UCL, Ramsay Hall merupakan lokasi asrama tempat para mahasiswa berkumpul untuk makan dan bercengkerama. 

Di University College London, para anggota Coldplay mengambil jurusan sebagai berikut:

  • Chris Martin – Ancient World Study, First-Class honours Greek and Latin
  • Jonny Buckland – Matematika
  • Will Champion – Antropologi
  • Guy Berryman – Teknik Mesin

Walaupun jurusan yang ditempuh oleh Chris Martin pada saat kuliah terkesan “sejarah” banget, ternyata hal ini yang mendukung Chris Martin sebagai seorang pencipta lagu kelas dunia! Karena Ancient World Study adalah jurusan yang dibentuk untuk para siswa yang tertarik pada bahasa, arts, agama, sejarah, dan budaya material masyarakat yang tinggal di dunia kuno.

Wah, pantes lagu-lagu dari Chris Martin ini selalu meledak dan hits di seluruh dunia karena rangkaian kata pada liriknya sangat indah. Apalagi, Chris Martin juga mengaplikasikan apa yang dia pelajari ke dalam karirnya ini.

Konser Coldplay di Indonesia!

Pasti sudah pada tahu, kalau di tanggal 15 November 2023 pertama kalinya Coldplay mengadakan konser di Indonesia, tepatnya di Stadion Gelora Bung Karno.

Tentu hal ini mengundang euforia bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. War ticket yang terhitung sejak bulan Mei lalu, sangat menunjukan antusias para fans Coldplay karena semua tiket langsung ludes alias sold out!

Penasaran gak sih, sehebat apa si pembuat event sampai bisa menggelar konser sebesar ini? Bagaimana cara Promotor bisa meng-convince Coldplay agar mengadakan konser di Indonesia? Lalu strategi apa yang mereka gunakan untuk mengatur event sedemikian rupa sehingga bisa menjadi acara yang menarik?

Semua hal tersebut bisa Bridgers pelajari di jurusan kuliah Event Management, lho.

Apa itu Event Management?

Manajemen acara (event management) mencakup berbagai fungsi untuk menjalankan acara besar seperti konferensi, konser, trade fair, festival, dan upacara. Hal ini juga termasuk dalam menangani keseluruhan logistik acara, bekerja dengan staf, dan melakukan manajemen proyek selama acara.

Di jurusan Event Management, Bridgers tidak hanya akan mempelajari pengetahuan dasar dari pengadaan dan pengaturan berbagai macam event, namun juga soft skill dasar yang Bridgers butuhkan ketika mengawasi setiap sektor dalam sebuah event dapat berjalan dengan baik, seperti Risk Management untuk memperkirakan berbagai resiko, Accounting untuk memahami penyesuaian budget event, hingga Public Relations untuk publikasi acara dan menarik banyak audience.

Kalau Bridgers tertarik untuk mempelajari Event Management secara mendalam, Bridgers bisa langsung apply di UCSI Malaysia, SHMS Swiss, dan Coventry UK. Selain bisa dapat ilmu untuk membuat event se-sukses konser Coldplay, kamu juga bisa dapat bonus untuk lebih mudah menonton Coldplay saat studi di luar negeri khususnya di UK!

Butuh informasi lebih lengkap mengenai jurusan dan universitasnya? Yuk, langsung hubungi EduBridge dan konsultasikan study plan-mu untuk menjadi seorang Organizer yang profesional!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *