Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

G5 Universities: Mengenal Lima Deretan Kampus Top yang Ada di UK

Inggris masih menjadi salah satu negara favorit bagi calon pelajar yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Sebab, universitas-universitas top dunia memang banyak yang berlokasi di UK. Salah satunya adalah G5 Universities yang merupakan kumpulan kampus bergengsi yang ada di UK. 

Ketika berbicara tentang universitas-universitas terbaik yang ada di UK, pastinya kampus yang terlintas adalah Oxbridge yakni University of Oxford dan University of Cambridge. Tapi, nggak cuma itu aja nih Bridgers, ternyata ada beberapa kampus lain yang juga memiliki reputasi tinggi dan sering disebut sebagai “G5 Universities” atau “Golden Triangle.” 

Nah, buat kamu yang penasaran apa saja sih kampus yang tergabung dalam G5 Universities ini, berikut penjelasan singkatnya.

University of Oxford

Pertama ada University of Oxford. Kampus yang berdiri sejak tahun 1096 ini memang dikenal sebagai salah satu universitas tertua di dunia. University of Oxford ini terkenal  karena tradisi akademis yang kuat, penelitian berkualitas, dan alumni yang sukses.

Kampus ini juga menawarkan berbagai program studi di berbagai bidang. Ada beberapa jurusan populer di University of Oxford, antara lain seperti Historical, Philosophical, and Religious Studies, Physical Sciences, Social Sciences, Law dan Mathematical Sciences. Saat ini University of Oxford menempati posisi ke-3 untuk Universitas Terbaik di Dunia versi QS Ranking University 2024.

University of Cambridge

Selain University of Oxford, kampus ini juga memiliki sejarah panjang dan prestisius. University of Cambridge dikenal pada fokus  penelitian ilmiah dan keunggulan akademisnya.

Bahkan kampus ini juga memiliki 116 perpustakaan dengan total sekitar 16 juta buku, di mana sembilan juta di antaranya berada di Cambridge University Library, yang merupakan salah satu perpustakaan akademik terbesar di dunia.

University of Cambridge juga memiliki beberapa alumni yang terkenal, seperti Isaac Newton, Charles Darwin dan Stephen Hawking. Berdasarkan QS Ranking University 2024, University of Cambridge berada di posisi ke-5.

Imperial College London

Berdiri pada tahun 1907, Imperial College London adalah universitas riset publik yang terletak di London, Inggris Raya. Fokus utama dari kampus ini meliputi sains, teknik, kedokteran, dan bisnis.

Menurut QS World University Rankings 2025, Imperial berhasil menempati peringkat #2 di dunia dan peringkat #1 di Inggris Raya. Selain itu, kampus ini juga terkenal karena penelitian inovatif dan kontribusi terhadap perkembangan teknologi.

The London School of Economics and Political Science (LSE)

Buat kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di bidang bidang ekonomi dan , ilmu politik, The London School of Economics and Political Science (LSE) mungkin bisa menjadi kampus yang kamu tuju.

Pasalnya, alumni LSE ini sering berkarier di sektor pemerintahan, lembaga keuangan, dan organisasi internasional. The London School of Economics and Political Science (LSE) sendiri memang terkenal sebagai salah satu institusi pendidikan terkemuka di dunia yang berfokus pada ilmu sosial. 

Terletak di jantung kota London, Inggris, LSE terkenal dengan penelitian dan pendidikannya dalam bidang ekonomi, politik, sosiologi, hukum, dan antropologi. Saat ini, LSE menempati peringkat ke-50 berdasarkan QS Ranking University.

University College London (UCL)

Selanjutnya, ada University College of London yang berada di pusat London. University College London adalah salah satu universitas tertua di Inggris, dan saat ini diakui sebagai salah satu universitas penelitian terkemuka di dunia. 

Selain unggul dalam pengajarannya, kampus ini juga menghasilkan tokoh-tokoh yang luar biasa penting, salah satunya adalah Alexander Graham Bell. Saat ini, University College London menempati urutan ke-9 universitas terbaik di dunia versi QS University Ranking 2024.

Kampus ini juga terkenal dengan arsitektur bangunannya. Dimana bangunan kampus ini  juga sering digunakan dalam pembuatan film, salah satunya pada film Batman Begins yang menggunakan perpustakaan DMS Watson sebagai ‘Ruang Cetak Gotham’, serta film Inception yang mengambil latar di Front Quad dan perpustakaan utama.

Kalau Bridgers tertarik untuk melanjutkan kuliah di UK, kamu bisa langsung mengikuti Seminar “Study in UK + Tips Entering G5 Universities and Powerful Personal Statement”, yang diadakan oleh EduBridge pada Overseas Education Expo 2024. Seminar ini akan membahas lebih lanjut tentang tips and trick mengenai G5 Universities, menulis Personal Statement untuk daftar ke universitas hingga seputar Study in UK. Tertarik untuk join? Langsung aja daftar di sini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *