Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Perbedaan antara ielts dan toefl

IELTS VS TOEFL, Mana Yang Cocok Untukmu?

Bridgers, bagi kalian yang ingin studi di luar negeri pasti gak asing banget dengan tes bahasa inggris! Bahkan tes ini juga seringkali kalian terima meski masih menduduki bangku sekolah. Jenis tes bahasa inggris tentu banyak sekali ya di luar sana, namun yang paling umum terkenal di kalangan siswa adalah IELTS dan TOEFL. Selain itu, banyak dari universitas prestisius juga mengakui kedua tes ini! Lantas, apa sih perbedaan antara kedua tes ini? Apakah ada yang lebih bagus atau cocok untuk Bridgers? Nah, untuk mengetahui tes mana yang sesuai dengan kebutuhan kalian, yuk kita simak dulu apa sebenarnya arti dan perbedaan IELTS dan TOEFL!

Introduksi: IELTS & TOEFL

the differences of ielts and toefl

Kita mulai dengan membahas apa itu tes IELTS ya Bridgers! IELTS atau International English Language Testing System merupakan tes pengujian kemahiran bahasa inggris dengan British Council dan IDP sebagai pemiliknya. Kurang lebih sekitar 140 negara mengakui tes bahasa inggris jenis ini. Tipe tesnya sendiri memiliki 2 macam yaitu IELTS General Training yaitu khusus untuk keperluan imigrasi atau pekerjaan sedangkan IELTS Academic adalah jenis tes yang Bridgers ambil untuk keperluan pendidikan. 

Kalau begitu apa itu TOEFL? TOEFL atau Test of English as a Foreign Language juga sama yakni berfungsi untuk menguji kemampuan bahasa inggris. Organisasi ETS (Educational Testing Service) yang berasal dari Amerika adalah organisasi yang memproduksi test TOEFL ini. Tes ini lebih menekankan agar para pesertanya dapat berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dengan pengaturan ruang kelas. Ini tandanya lebih fokus ke arah pendidikan ya! Perlu kalian ingat bahwa terdapat 2 tipe tes untuk TOEFL yaitu paper-based atau internet-based, yang membedakan adalah sarana pengerjaan offline/online dan sistem scoring-nya ya Bridgers. Pengerjaan online atau TOEFL iBT umumnya lebih populer dan banyak pesertanya. Maklum ya, jaman sekarang pasti orang-orang akan lebih memilih proses digital karena lebih efisien dan cepat. Tetapi sebenarnya keduanya mempunyai fungsi sama kok!

IELTS & TOEFL, Apa Yang Membedakan?

Meskipun kita mengetahui bahwa kedua tes ini mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda, bahkan formatnya pun hampir sama. Hal yang membedakan adalah runtutan format dimana urutan untuk IELTS adalah Listening, Reading, Writing, Speaking; sedangkan urutan TOEFL adalah Reading, Listening, Speaking, Writing. Durasinya pun berbeda jauh, IELTS hanya berdurasi 2 jam 45 menit dan TOEFL 4 jam.

Ini dia Bridgers, beberapa fokus elemen yang membedakan di dalam masing-masing format kedua tes tersebut:

  • Bagian Writing (Menulis)

IELTS: Yang akan mereka nilai adalah kemampuan menanggapi pertanyaan, kejelasan tulisan, jangkauan kosa kata, ejaan, dan tata bahasa terhadap kedua soal tes menulis.

TOEFL: Yang akan mereka nilai adalah kemampuan menulis secara terintegrasi dan independen terhadap kedua soal tes menulis.

  • Bagian Speaking (Lisan)

IELTS: Kalian akan melakukan tes dengan format wawancara dengan sang penguji. Bagi yang ingin melakukan bagian lisan terlebih dahulu daripada ke-3 bagian lainnya juga diperbolehkan.

TOEFL: Dalam tes ini kalian akan menjawab pertanyaan dan mengirimkan rekaman suara ke penguji. Tes TOEFL tidak memperbolehkan untuk partisipan mengerjakan tes lisan secara terpisah dari tes lainnya seperti IELTS.

  • Bagian Reading (Membaca)

IELTS: Dalam tes ini terdapat sekitar 10-15 pertanyaan yang diambil dari buku, jurnal, majalah, dan surat kabar. 

TOEFL: Sedangkan di tes ini terdapat sekitar 3 atau 4 teks akademik yang berasal dari buku teks tingkat universitas.

  • Bagian Listening (Mendengarkan)

IELTS: Dalam tes ini, peserta dapat menjawab pertanyaan sambil mendengarkan rekaman. Pertanyaan juga akan meliputi kehidupan sehari-hari dan konteks pendidikan.

TOEFL: Sedangkan dalam tes ini, peserta boleh mencatat sambil mendengarkan rekaman. Pertanyaan akan meliputi kehidupan akademik sehari-hari di dalam kelas seperti diskusi antar siswa atau dengan guru.

Perbedaan terakhir yang bisa kita temui adalah perbedaan tingkat skor antara kedua tes tersebut. Rentang skor IELTS mulai dari 0-9 sementara TOEFL mulai dari 0-120.

Mana Yang Cocok Untukmu?

Meskipun terdapat perbedaan, IELTS dan TOEFL adalah tes pengujian bahasa yang berkualitas dan banyak institusi TOP yang menerima keduanya. Untuk mengetahui tes mana yang cocok untuk Bridgers, baiknya simak dulu beberapa poin penting ini:

  • Pilihan Universitas

Kalian punya rencana studi di universitas apa? Ini poin sangat penting karena setiap sekolah mempunyai ketentuan masing-masing untuk tes kemampuan bahasa inggrisnya. Ada yang menerima IELTS, ada pula yang menerima TOEFL. Jadi Bridgers harus mempersiapkan tes yang tepat untuk masuk ke universitas impian kalian ya!

  • Fokus Konten Tes

Seperti yang sudah kita bahas Bridgers, banyak perbedaan format antara kedua tes ini. Bila memang fokus kalian adalah akademik, seperti cara penulisan dan percakapan di ruang kelas, maka TOEFL adalah tes yang tepat! Namun bila kalian lebih membutuhkan tes yang menguji kemampuan berinteraksi di dalam kehidupan sehari-hari, IELTS adalah tes yang tepat!

  • Waktu dan Budget

Ini bisa menjadi pertimbangan juga untuk kalian bridgers! Durasi tes untuk IELTS lebih singkat dan intens sedangkan TOEFL memerlukan durasi yang lebih panjang. Untuk budget, kurang lebih untuk kedua tes berkisar 200 USD per tes. Jadi kalian tinggal pilih deh mana yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan!

  • Proses Tes Lisan

Untuk tes TOEFL, semua pengerjaan akan menggunakan komputer. Bahkan bagian lisan pun kalian hanya perlu merekam dan mengirimkan rekaman ke penguji. Tetapi untuk IELTS bagian lisan akan menggunakan proses wawancara dengan penguji. Nah kalian lebih pilih yang mana nih?

Kurang lebih itulah beberapa poin yang bisa Bridgers pertimbangkan sebelum memilih tes mana yang cocok. Perlu kalian ingat ya kalau sebenarnya IELTS dan TOEFL sama-sama bagus kok! Hanya saja ada beberapa perbedaan yang perlu kalian perhatikan. Bridgers, kalian lebih pilih tes yang mana nih? Pastikan untuk mempersiapkan diri sebelum mendaftar tes ya! Kalian juga bisa cari tahu apakah universitas yang kalian tuju menggunakan IELTS atau TOEFL. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *