Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Intip Pendidikan Rishi Sunak, Perdana Menteri Keturunan India Pertama di UK

Selalu ada pertama kali untuk segalanya. Salah satu contohnya adalah perdana menteri UK yang baru dilantik pada 24 Oktober silam, Rishi Sunak. Uniknya lagi, beliau merupakan keturunan India pertama yang menjabat sebagai perdana menteri di negara tersebut! Sontak saja publik langsung terguncang dengan berita fantastis ini. Tak hanya itu yang membuat publik terkesima loh. Sunak adalah perdana menteri paling muda sejak tahun 1812 dan hanya dengan durasi 7 tahun beliau sudah menjabat menjadi PM. 

Tak hanya itu pencapaian beliau. Sebelumnya Sunak juga menjabat sebagai menteri keuangan ketika pandemi COVID sedang pada puncaknya. Salah satu pencapaian suksesnya yang menjadi sorotan publik adalah penanganan bisnis serta rancangan skema cuti yang sukses. Hal ini sangat membantu banyak masyarakat Inggris, terutama saat tengah pandemi!

Keren banget ya Bridgers? Tentu saja pendidikan juga berkontribusi di balik kesuksesan seseorang. Yuk kita intip dulu latar belakang edukasi Rishi Sunak!

Awal Segalanya, Latar Pendidikan Rishi Sunak

Sumber: Stanford University dan University of Oxford

Meski tidak selalu, nyatanya pendidikan menjadi salah satu faktor seseorang sukses dalam karirnya. Ternyata Sunak merupakan alumni dari universitas top sedunia loh yaitu University of Oxford dan Stanford University. 

Hebatnya lagi, Sunak merupakan satu dari 9 mahasiswa yang diterima di University of Oxford untuk mempelajari jurusan filsafat, politik dan ekonomi (lokasi studi di Lincoln College, perguruan tinggi konstituen dari Oxford University). Selain berprestasi dalam hal akademik, beliau aktif dalam organisasi Oxford Trading and Investment Society sebagai posisi presiden. Dalam organisasi tersebut keahliannya mempelajari pasar keuangan dan perdagangan internasional.

Setelah kelulusannya yaitu di tahun 2001, Sunak bekerja dan mencari pengalaman sebagai analis di perusahaan perbankan investasi, Goldman Sachs. Perusahaan ini merupakan bank investasi terbesar kedua di dunia loh! Tetapi rasa ingin tahu dan belajar Sunak sangatlah tinggi sehingga ia pun memutuskan untuk terus menuntut ilmu. Berbekal pengalaman dari karirnya, beliau kembali melanjutkan studi Master of Business Administration di Stanford University. Eits, gak lupa S2-nya terdukung dengan Fulbright Scholarship loh!

Nah ini bisa menjadi motivasi untuk kalian Bridgers. Kita mesti selalu membuka diri untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya tanpa batas usia! Meskipun sudah bekerja, bukan berarti kita tak bisa kembali belajar lagi. Bagi yang tertarik, EduBridge akan spill beberapa requirements yang kita perlukan untuk apply ke 2 universitas TOP ala Rishi Sunak nih!

Persiapan Masuk dan Beasiswa Yang Tersedia

Sumber: Canva

Jelas jika Bridgers berniat untuk melanjutkan studi baik sarjana maupun pascasarjana, kalian harus sudah menentukan jurusan yang tepat! Sebaiknya pikirkan matang-matang dan diskusi dengan ahlinya, EduBridge juga siap membantu setiap langkah kalian! Nah, untuk ketentuannya pun tak seribet yang Bridgers bayangkan kok! 

Kurang lebih berikut adalah dokumen umum yang mesti kalian persiapkan untuk apply ke University of Oxford dan Stanford University:

  • Data pribadi (termasuk pengalaman kerja jika ada)
  • IELTS (Minimum skor 7.0)
  • Transkrip akademik
  • Tes ACT/SAT (untuk Stanford University)
  • Surat rekomendasi (dari guru atau pengajar)
  • Letter of statement/pernyataan pribadi
  • Final declaration
  • Untuk informasi lebih lengkapnya Bridgers bisa langsung berkonsultasi gratis dengan konselor EduBridge ya!

Agar Bridgers semakin semangat, intip juga yuk beasiswa yang tersedia untuk kedua universitas ini:

  • Beasiswa Stanford University:

Knight Hennessy Stanford Scholarship (S2/S3), Fulbright Scholarship (S2/S3), American Association of University Women (S2/S3), LPDP (S2/S3), Beasiswa Indonesia Maju Kemdikbud Ristek (S2), dan juga Beasiswa Perguruan Tinggi Akademik Kemdikbud Ristek (S2/S3).

  • Beasiswa University of Oxford:

Chevening Scholarships (S2), Jardine Scholarship (S1), LPDP (S2/S3), Beasiswa Indonesia Maju Kemdikbud Ristek (S2), dan juga Beasiswa Perguruan Tinggi Akademik Kemdikbud Ristek (S2/S3).

Jadi, bagaimana Bridgers? Apakah kalian tertarik untuk mengikuti pendidikan Rishi Sunak? Tau gak sih, selain beliau ada beberapa artis tanah air yang studi di universitas yang sama loh seperti Maudy Ayunda! Terbukti deh kualitasnya best of the best!

Persiapan Matang Demi Karir Sukses

Memang jalan hidup dan karir setiap individu pasti berbeda Bridgers. Banyak juga faktor yang mempengaruhi. Tidak semua orang berjalan di garis awal yang sama, namun jangan biarkan hal itu menghentikan semangat kalian untuk terus maju! 

Satu hal yang pasti, bekal ilmu dan pendidikan tidak akan lekang oleh waktu. Sukses dalam berkarir maupun menjadi wiraswasta umumnya terdorong oleh pendidikan yang tepat. Modal memang penting, namun modal ilmu tidak kalah pentingnya. Asalkan Bridgers mempunyai niat dan semangat untuk terus belajar, tak ada yang sia-sia deh! Persiapan sangatlah esensial, maka itu EduBridge sangat merekomendasikan Bridgers untuk memilih jurusan dan universitas yang tepat. 

Jangan sampai salah pilih dan biasakan untuk mau selalu belajar ya! Percayalah, usaha tak akan mengkhianati hasil! 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *