Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Intip Universitas Beserta Beasiswa Maudy Ayunda dan Jesse Choi

Sepertinya bukan hal yang asing bagi netizen Indonesia kalau Maudy Ayunda yang baru saja menikahi Jesse Choi (teman semasa menempuh studi S2-nya) menjadi trending topic di berbagai media sosial. Kok bisa? Latar belakang pendidikan keduanya menarik perhatian banyak orang, bagaimana tidak, kesuksesan dan pendidikan yang mereka tempuh melejit setinggi-tingginya. Nah, pada artikel kali ini Edubridge akan mengulas tentang latar belakang pendidikan pasangan yang sedang viral di kalangan dunia maya netizen Indonesia. Penasaran mereka pernah berkuliah di universitas mana saja, kan? Simak informasinya berikut ini ya Bridgers!

Latar Belakang Pendidikan S1 Maudy & Jesse

Universitas Oxford tempat Maudy Ayunda menempuh pendidikan S2
Sumber: Schoters – University of Oxford
Universitas Columbia salah satu Universitas TOP di Amerika
Sumber: Columbia University

Seperti yang pernah diungkapkan oleh penyanyi multitalenta ini, ia juga pernah loh sempat galau memilih dua universitas top dunia ketika mendaftar untuk pendidikan S1-nya. Akhirnya Maudy Ayunda menetapkan pilihan studinya pada Oxford University dan mengambil jurusan Politic, Philosophy, and Economic (PPE) pada tahun 2013 hingga 2016 serta lulus dengan predikat Cumlaude. Selain itu, artis multitalenta ini juga sempat menjadi salah satu Head of Speaker di Oxford Economics Society. Definisi kuliah sembari berprestasi ya Bridgers!

Sementara itu Jesse Choi, juga mengenyam pendidikan S1 di salah satu universitas top dunia di Amerika Serikat, yaitu Columbia University. Melansir dari profil Linkedin Jesse, ia lulus dengan mendapatkan gelar sarjana sains (B.Sc) dan juga lulus dengan mendapatkan predikat Magna Cumlaude. Sama halnya seperti Maudy, Jesse juga sempat menjadi bagian dari Student Council ketika ia menempuh studi sarjana nya. Yuk kita contoh nih kuliah tidak hanya kuliah, tapi sambil mendapatkan pengalaman dan koneksi juga!

Keunggulan Oxford University & Columbia University

Apa sih yang spesial dari universitas tempat kedua insan ini menuntut ilmu? Yuk kita lihat bersama!
Oxford University, yang terletak di negara Inggris ini, memiliki ranking yang tinggi secara global. Saat ini, Oxford menduduki ranking ke-2 sedunia dan nomor 1 di Eropa (menurut QS World University Rankings 2022). Selain universitasnya yang unggul, banyak juga jurusan yang juga mendapatkan ranking top dunia seperti clinical health, computer science, social sciences, life sciences and medicine, dan juga jurusan management.
Columbia University juga merupakan salah satu universitas top dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Universitas ini mendapatkan ranking ke-19 sedunia menurut QS World University Rankings 2022. Tak hanya itu, Uni ini merupakan bagian dari universitas bergengsi di AS, Ivy League. Columbia University terkenal dengan reputasinya yang outstanding dalam bidang sains dan mencetak banyak alumni yang mendapatkan penghargaan Nobel, loh.

Wah hebat sekali ya mereka bisa menempuh pendidikan di universitas yang prestisius!

Latar Belakang Pendidikan S2 Maudy & Jesse

Stanford University adalah universitas TOP dunia yang terletak di Amerika
Sumber: Parapuan – Stanford University

Sempat galau memilih antara Harvard University dan Stanford University ketika Maudy ingin melanjutkan studi untuk jenjang S2-nya, akhirnya ia melabuhkan pilihan pada Stanford University dan mengambil 2 jurusan sekaligus. Apa saja ya? Jurusan yang dipilih adalah pendidikan dan bisnis. Setelah lulus dari Stanford University beberapa waktu lalu, Maudy kini termasuk jajaran artis dan public figure yang memiliki deretan gelar yang cukup banyak dan namanya menjadi “Ayunda Faza Maudy BA., MA., MBA.”.

Suami Maudy, Jesse Choi, juga berkuliah di universitas yang sama dan di jurusan yang sama yaitu jurusan bisnis.

Keunggulan Stanford University

Stanford University merupakan salah satu universitas top dunia lainnya yang terletak di Amerika Serikat. Universitas ini menduduki peringkat ke-3 sedunia versi QS World University Rankings 2022. Selain dikenal dengan reputasi dan peringkatnya yang baik, universitas ini juga dikenal karena alumninya yang juga merupakan tokoh-tokoh besar seperti Peter Thiel (co-founder dari PayPal), Kevin Systrom (co-founder dari Instagram), and Sundar Pichai (CEO dari Google).

Keren banget yang orang-orang yang berkuliah di sana? Kalian juga bisa mengikuti jejak mereka, loh!

Program Beasiswa Yang Ditawarkan

Mungkin Bridgers berpikir untuk studi di 3 universitas diatas terlihat cukup mahal dari sisi biaya pendidikan. Tenang saja! Bagi kalian yang tertarik buat jadi satu almamater bareng Maudy dan Jesse, bisa lihat program beasiswa yang tersedia! Berikut ini beasiswa-beasiswa yang bisa kalian ambil:

  • Beasiswa di Columbia University: Fulbright Scholarship (S2/S3), American Association of University Women (S2/S3), LPDP (S2/S3), Beasiswa Indonesia Maju Kemdikbud Ristek (S2), dan juga Beasiswa Perguruan Tinggi Akademik Kemdikbud Ristek (S2/S3).
  • Beasiswa di Stanford University:
    Knight Hennessy Stanford Scholarship (S2/S3), Fulbright Scholarship (S2/S3), American Association of University Women (S2/S3), LPDP (S2/S3), Beasiswa Indonesia Maju Kemdikbud Ristek (S2), dan juga Beasiswa Perguruan Tinggi Akademik Kemdikbud Ristek (S2/S3).
  • Beasiswa di Oxford University: Chevening Scholarships (S2), Jardine Scholarship (S1), LPDP (S2/S3), Beasiswa Indonesia Maju Kemdikbud Ristek (S2), dan juga Beasiswa Perguruan Tinggi Akademik Kemdikbud Ristek (S2/S3).

Inspirasi dari Maudy Ayunda & Jesse Choi

Itu tadi artikel seputar Maudy dan Jesse dan background pendidikan mereka. Jika kalian merasa studi ke luar negeri itu nggak mungkin, ini dia beberapa quotes dari mereka yang bisa memotivasi Bridgers:

  • Take more risks!” 

Setiap keputusan yang kalian ambil pasti memiliki risiko dan konsekuensi, tapi kalian seharusnya tidak perlu takut dengan kegagalan karena setiap kegagalan mungkin ada pelajaran yang bisa dipetik. 

  • Become the smartest in the room about something”, “But also be okay being the least smart” 

Kalian bisa menjadi seseorang yang ahli dalam suatu bidang dan membuat itu jadi ciri khas kalian, terutama bidang yang membangkitkan semangat untuk menjalaninya. Namun, harus tetap menjadi seseorang dengan perumpamaan “gelas kosong” supaya bisa memiliki ruang untuk selalu belajar, menerima, dan menyerap informasi atau ilmu baru dengan rendah hati. 

Nah, buat kalian yang mau mewujudkan mimpi kalian untuk studi di luar negeri, pastikan untuk mempersiapkan sedini mungkin ya! The sooner, the better. Semoga bermanfaat Bridgers!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *