Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

dr djaja suraya atmadja

Jadi Dokter Forensik kayak Dr. Djaja Surya Atmadja!

Siapa yang sudah nonton salah satu film dokumenter di Netflix, yang berjudul Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso? Terdengar sangat familiar, gak sih? Yup, benar banget karena film tersebut diadaptasi dari kejadian nyata, kasus kopi sianida yang sempat viral di tahun 2016 silam. Dalam film tersebut dijabarkan berbagai macam sudut pandang yang dimana penonton bisa menilai dengan versi mereka. Salah satu sudut pandang yang menarik dari film dokumenter ini yaitu dari sang ahli forensik, dr. Djaja Surya Atmadja, yang merupakan ahli forensik DNA pertama di Indonesia.

Siapa sih dr. Djaja Surya Atmadja? Kenalan secara singkat, yuk! 

Profil dr. Djaja Surya Atmadja

Djaja Surya Atmadja atau biasa disapa dr. Djaja, merupakan seorang ahli forensik yang bekerja di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan merupakan dokter forensik DNA pertama di Indonesia.

Pada saat itu, ia merupakan dokter ahli pada kasus Mirna dan Jessica Wongso atau yang lebih kita kenal sebagai kasus kopi sianida.

Biasanya, ahli spesialisasi ini bekerjasama dengan satuan kepolisian untuk memecahkan kasus-kasus kriminal. Tujuan dengan menggunakan ilmu forensik untuk meneliti barang bukti dan mengungkap kebenaran.

Lebih Kenal dengan Pekerjaan Ahli Forensik

Dokter spesialis forensik dan medikolegal merupakan dokter spesialis yang memiliki kemampuan  biasanya memiliki tugas untuk memecahkan kejahatan yang berhubungan dengan ilmu forensik. Ilmu ini mempelajari aplikasi ilmu pengetahuan untuk membantu dalam penyelidikan dan penegakan hukum.

Ilmu forensik mencangkup berbagai ilmu sains seperti fisika, kimia, biologi, farmasi dan kedokteran. Fokusnya adalah mengumpulkan mengidentifikasi dan mengevaluasi bukti fisik dari kasus yang terjadi di tempat kejadian perkara (TKP),  yang kemudian akan digunakan sebagai barang bukti di ruang sidang.

Ilmuwan forensik biasanya fokus kepada investigasi di TKP, tempat kejahatan atau insiden tersebut terjadi. Pada saat di TKP, para tim ahli forensik menggunakan metode ilmu forensik seperti analisa sidik jari, pola noda darah, rekonstruksi TKP, temuan dan sampel yang ditemukan dianalisa di laboratorium menggunakan teknik ilmiah untuk mendapatkan hasil dan bukti-bukti yang kemudian disajikan dalam forum hukum (pengadilan).

Waktunya Bridgers jadi Ahli Forensik!

Jurusan spesial ini akan sangat cocok untuk Bridgers yang suka dengan teka teki. Karena di jurusan ini, kamu akan berkesempatan untuk belajar secara dekat dengan laboratorium, kamu juga akan berhadapan dengan berbagai kasus kejahatan, dari yang sederhana hingga yang paling besar.

Peluang karir untuk jurusan forensic studies adalah

Top university yang ada di UK pun banyak yang menyediakan jurusan untuk Forensic Studies, yaitu:

  • Coventry University – Forensic Investigations
  • UWE Bristol – Forensic Science
  • University of Huddersfield – Chemistry and Forensic Science, Forensic and Analytical Science
  • Nottingham Trent University – Forensic Science
  • University of Newcastle – Forensic Psychology (Postgraduate)
  • University of Sunderland – Forensic Psychology

Supaya Bridgers bisa mengikuti jejak dr. Djaja, mulai untuk membuat study plan demi melakukan pendidikan di Forensic Science Studies, yuk!

Langsung kontak EduBridge sekarang dan konsultasikan tentang rencana pendidikan-mu sekarang yaaa~

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *