Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Kebanyakan Mahasiswa Lulusan Luar Negeri Lebih Dihargai Perusahaan, Kok Bisa?

Bridgers, kali ini kita akan bahas topik yang tidak asing bagi kalian “fresh graduate” maupun yang sedang mencari pekerjaan saat ini. Meskipun tidak selalu, sering kali terjadi kasus dimana mahasiswa lulusan lokal kalah saing dengan mahasiswa lulusan luar negeri. Itu adalah sebuah realita yang benar adanya. Namun, penasaran gak sih kalian mengapa hal itu bisa terjadi? Bukankan pendidikan di Indonesia juga sama bagusnya? Ya, memang dalam hal pendidikan mungkin saja kualitasnya sama, tapi ada beberapa hal yang membedakan. Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang perbedaan studi di dalam dan luar negeri, sekarang saatnya kita kupas tuntas, apa sih keuntungan studi di luar negeri?

Ini dia beberapa faktor positif yang mempengaruhi, simak baik-baik ya Bridgers!

Keahlian Bahasa

Menguasai bahasa pastinya akan sangat kalian perlukan untuk studi di luar negeri. Memang, banyak universitas yang menyediakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar dalam kurikulum mereka, tapi sedikit banyak mahasiswa akan beradaptasi di suatu negara dengan bahasanya. Kehidupan sehari-hari tentunya akan memakai bahasa lokal. Belum lagi lingkaran pertemanan yang luas, Bridgers pasti bisa semakin semangat mempelajari keahlian yang baru! Efektivitasnya pun akan jauh lebih baik daripada hanya belajar di ruang kelas.

Nah, semakin banyak bahasa asing yang kalian kuasai, yakinlah hal itu akan memberikan manfaat positif untuk prospek karir kalian!

Perspektif Baru dan Luas

Masa-masa Bridgers studi di luar negeri, kalian bertemu banyak orang dari latar belakang atau bahkan negara yang berbeda. Keberagaman ini akan meningkatkan perspektif, toleransi serta solusi yang kreatif untuk kalian kedepannya. Mengapa perusahaan mencari faktor semacam ini? Perspektif ini bisa saja melahirkan ide-ide baru yang bisa berguna untuk perusahaan, maka itu mereka pasti akan mencari kandidat dengan pengalaman internasional.

Kemampuan Beradaptasi dan Fleksibilitas

Sumber: Scholarship Positions

Bridgers, memulai perjalanan untuk studi di luar negeri, terlebih lagi bila tidak ada kenalan pastinya sangat sulit dan penuh tantangan ya! Kalian harus beradaptasi dengan lingkungan, rutinitas, tempat tinggal, kurikulum, kebiasaan lokal hingga lingkaran pertemanan. Bukan suatu hal yang mudah tentunya. Kalian juga akan ditantang untuk menyesuaikan diri dengan cepat dan tahan banting terhadap masalah yang mungkin datang menimpa loh!

Kualitas macam ini yang dicari oleh perusahaan, kandidat yang mempunyai kemampuan untuk beradaptasi cepat dan mempunyai solusi tepat ketika memecahkan sebuah masalah!

Kecerdasan Budaya di Luar Negeri

Sumber: Canva

Tahukah kalian Bridgers? Dengan berada di lingkungan yang mempunyai keberagaman dari unsur ras, budaya, agama, gender, dan usia yang berbeda, kecerdasan budaya kita akan semakin terasah. Kita akan terlatih untuk saling menghargai perbedaan untuk suatu kondisi yang kondusif dan aman. Bayangkan saja bila dalam suatu lingkar antarbudaya tidak saling toleransi, pastinya akan menghasilkan situasi yang kacau bukan?

Inilah mengapa perusahaan mencari Bridgers dengan kecerdasan budaya yang tinggi. Sama seperti studi di luar negeri, dalam suatu lingkup perusahaan terdapat bermacam-macam individu yang mencari peruntungan dari latar belakang yang berbeda. Otomatis sebagai karyawan ideal dengan pengalaman internasional lebih menonjol dibandingkan mereka yang di dalam negeri ya! 

Beragam Cara Untuk Mendapatkan Pengalaman Internasional

Nah, setelah sedikit banyak mengetahui apa sih manfaat studi di luar negeri, sekarang muncul pertanyaan lainnya: Bagaimana caranya mendapatkan pengalaman internasional? Kita bahas yuk beberapa opsi yang bisa kalian pilih!

Studi di Luar Negeri

Sumber: Canva

Ini salah satu cara yang bisa kalian pertimbangkan Bridgers! Kalian bisa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman dengan belajar di negara dan universitas pilihan kalian. Tak hanya itu, CV kalian juga akan semakin dilirik perusahaan nih ketika melamar!

Partisipasi Program Internasional

Kalian dapat memilih opsi pertama rata-rata ketika ingin melanjutkan studi usai SMA. Lalu bagaimana untuk Bridgers yang masih belum waktunya kuliah? Tenang saja! Sekarang ini banyak sekali program seperti summer school yang bisa kalian ambil. Manfaatnya adalah bagi kalian yang penasaran dunia kuliah dan ingin tahu jurusan yang cocok, bisa banget ikut program semacam ini! Bersama dengan itu Bridgers juga bisa sambil eksplor dan jalan-jalan loh!

Program Magang Internasional

Bukan hanya studi loh, ada juga opsi untuk meningkatkan portofolio dengan cara magang di luar negeri. Ilmu, pengalaman, koneksi bahkan gaji bisa kalian dapatkan dengan magang. Tentu tantangan dalam magang akan lebih besar daripada program studi ya, tapi tetap saja keduanya membawa keuntungan untuk pertumbuhan-mu sebagai individu!

Program Relawan Internasional

Sumber: Canva

Nah kalau untuk pilihan ini, kalian bisa bekerja dengan sukarela alias tidak mendapatkan gaji. Tetapi umumnya kalian akan mendapatkan tempat tinggal atau makan gratis dan uang saku. Pekerjaannya juga banyak macam dari bekerja di hostel, konstruksi, mengajar bahasa hingga menjaga binatang peliharaan! Biasanya pekerjaan akan membutuhkan durasi 4 sampai 6 jam per hari dan sisa waktu bisa kalian gunakan untuk jalan-jalan deh! Seru banget kan?

Tinggal di Luar Negeri

Opsi terakhir bisa terbagi menjadi 2 nih Bridgers, antara kalian mencoba untuk tinggal di luar negeri sebelum mulai kuliah sebagai waktu untuk persiapan adaptasi kuliah kedepannya atau tinggal di luar negeri setelah kelulusan. Kebanyakan dari mahasiswa yang studi di luar bisa mendapatkan Post-Study Work Visa dimana kalian diperbolehkan untuk menetap dan mencari kerja sesuai ketentuan durasi setiap negara. Ini bisa menjadi pengalaman berharga loh buat kalian, Bridgers!

Jadi itu dia Bridgers opsi yang bisa kalian pilih untuk meningkatkan pengalaman internasional kalian! Sebenarnya selain menjadi elemen pendukung ketika melamar kerja, pengalaman tersebut bisa menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan atau bahkan merubah hidup kalian secara keseluruhan. Ilmu dan pengetahuan yang tidak akan kalian dapatkan di ruang kelas bisa terpenuhi! 

Perlu kalian ingat juga ya bahwa mempunyai pengalaman internasional tidak berarti kalian serta merta akan mudah mendapatkan pekerjaan! Tidak ada jaminan 100%, pengalaman hanya menguntungkan sebagai faktor pendukung. Mengapa? Semua kembali kepada keahlian dan keberuntungan kalian masing-masing ya! Tidak bisa disamakan sesama Bridgers. Tetap jangan patah semangat dan terus berjuang Bridgers!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *