Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Kerja di UK Setelah Lulus? Bisa dong dengan Graduate Visa!

Tentunya Bridgers senang banget dong kalau bisa dapat kesempatan untuk bekerja di luar negeri sehabis kuliah! Siapa sih yang tidak mau kerja dan tinggal di negara impian? Apalagi di negara UK, negara ke 5 sedunia dengan pertumbuhan GDP tertinggi di tahun 2022 ini. Selain bisa mendapatkan peluang karir yang lebih luas dan standar kehidupan yang tinggi, Bridgers juga bisa sambil memperluas koneksi, mempelajari kultur, dan jalan-jalan! Terdengar sangat menarik ya.

Sebelum kita membahas tentang esensi dari Graduate Visa itu sendiri, ada baiknya untuk mengetahui apa sih yang menarik dari negara UK? Mengapa banyak orang berbondong-bondong ingin belajar, bekerja dan menetap di negara tersebut? Bridgers bisa membaca artikel mengenai keuntungan studi dan menetap di UK serta informasi lainnya melalui blog Edubridge ya! 

Nah setelah mengetahui segala keuntungan yang bisa didapat dari luasnya kesempatan kerja hingga kualitas pendidikan yang diakui secara internasional, barulah kita akan membahas tentang apa sih Graduate Visa itu sendiri. Yuk simak lebih lanjut!

Apa Sih Graduate Visa?

Bagi mahasiswa yang baru saja menyelesaikan studi di negara UK, visa ini pasti yang menjadi incaran! Bisa dikatakan sebagai salah satu opsi mudah untuk bekerja di UK, Graduate Visa adalah rute baru dari Post-Work Study (PWS) Visa dimana mahasiswa internasional dapat diberikan izin untuk tinggal di negara UK selama 2 tahun setelah mahasiswa tersebut menyelesaikan studi di negara bersangkutan. 

Namun jangan lupa bahwa setelah visa berakhir, Graduate Visa tidak bisa diperpanjang. Setelah durasi visa habis, yang bisa kalian lakukan adalah memperbarui dengan visa jenis lain yang relevan misalnya Skilled Worker Visa. Visa ini juga berbeda dari Graduate Visa ya Bridgers! Untuk mendapatkan visa jenis ini, Bridgers membutuhkan sponsor dari tempat kerja dan juga ada beberapa persyaratan, contohnya, bekerja di bidang pekerjaan yang memang sedang kekurangan di negara UK (skill shortages).

Salah satu kelebihan dari Graduate Visa dari visa lainnya selain khusus untuk mahasiswa internasional adalah tidak perlunya sokongan (sponsorship) dari tempat kerja. Nah visa ini dapat memungkinkan Bridgers lulusan Uni UK untuk menetap sementara mencari pekerjaan. Jadi tidak perlu terburu-buru untuk mencari pekerjaan sebelum lulus ya! Ini juga menjadi salah satu keuntungan dari mendapatkan Graduate Visa ya Bridgers!

Apa saja sih yang kalian perlukan untuk mendapatkan Visa ini? Apa sih hal yang boleh dan tidak boleh kita lakukan dengan visa tersebut? Yuk kita lihat sama-sama beberapa fakta dari Graduate Visa UK ya, Bridgers!

Fakta Tentang Graduate Visa

Ini dia beberapa hal yang perlu kalian ketahui Bridgers sebelum mengajukan Graduate Visa UK:

Home Office UK Visa and Immigration tempat semua jenis visa UK di proses.
Sumber: The Outliers Circle

Durasi Minimum 2 tahun

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, untuk Graduate Visa, Bridgers boleh tinggal selama 2 tahun di UK namun durasi bisa bertambah 1 tahun apabila memperoleh gelar Magister atau Doktor loh!

Harus Berada di UK

Saat sedang mengajukan Graduate Visa, Bridgers harus berada di negara UK ya! Pengajuan visa membutuhkan mahasiswa untuk berada di UK dengan menggunakan visa pelajar.

Wajib Mempunyai Visa Pelajar 

Selain harus berada di UK, visa pelajar juga menjadi salah satu syarat untuk mengajukan Graduate Visa. Umumnya, Bridgers bisa mengajukan visa pelajar  paling awal 6 bulan sebelum studi dimulai.

Harus Mempunyai Gelar

Tentunya, Bridgers harus mempunyai salah satu gelar dari gelar sarjana, gelar pascasarjana atau kursus lain yang memenuhi syarat. Tanpa perlu menunggu sertifikat kelulusan, setelah lulus, kita bisa minta pihak kampus untuk memberikan info kelulusan kepada lembaga yang bersangkutan (Home Office).

Ada Biaya Pengajuan

Ada 2 biaya yang wajib kalian ketahui yaitu biaya pengajuan visa sebesar £715 dan biaya kesehatan sebesar £624 per tahun. Bila Bridgers mendapatkan visa selama 2 tahun, biaya akan meningkat menjadi £1,248 dan 3 tahun menjadi £1,872.

Do’s and Don’ts, edisi Graduate Visa

Terdapat beberapa hal yang bisa Bridgers lakukan dengan Visa ini seperti mencari pekerjaan, menjadi wiraswasta dan berpergian keluar/kembali ke UK. Tetapi jangan lupa bahwa ada hal yang TIDAK boleh kalian laukan seperti bekerja sebagai olahragawan profesional dan mengajukan dana pensiun. Maka dari itu kalian harus melihat dulu ketentuannya, Bridgers!

Tidak Memerlukan Sponsorship 

Graduate Visa TIDAK memerlukan sponsor maupun tawaran pekerjaan dari perusahaan di UK ya Bridgers! Maka dari itu setelah lulus, bisa langsung mengajukan dan menetap sembari mencari pekerjaan.

Tidak Ada Syarat Minimum Gaji

Berbeda dengan visa lainnya, Bridgers tidak perlu khawatir tentang jumlah gaji karena itu bukanlah syarat pengajuan. Berbeda dengan visa jenis Skilled Worker Visa yang mempunyai ketentuan jumlah gaji tertentu untuk pengajuan.

Kemungkinan Untuk Mengubah Jenis Visa

Setelah mendapatkan Graduate Visa, Bridgers bisa mempunyai peluang untuk upgrade visa menjadi Skilled Worker Visa. Namun pastinya ada persyaratan wajib mulai dari minimum gaji hingga sponsor dari perusahaan. Untuk lebih mempermudah, bisa cek di daftar untuk pekerjaan dengan permintaan tinggi di UK. Bila kemampuanmu ada di dalam daftar, salah satu syarat sudah terpenuhi! 

Semua Serba Online

Proses pengajuan Graduate Visa bisa kalian lakukan via online! Setelah lulus, Bridgers hanya perlu mempersiapkan semua dokumen wajib dan langsung mengajukan. Untuk melihat dokumen wajib, kalian bisa lihat disini dan untuk link aplikasi juga bisa lihat disini.

Gimana, setelah membaca fakta menarik Graduate Visa juga, apakah Bridgers tertarik untuk mengajukan? Caranya cukup mudah kok, yang terpenting semua persyaratan dan dokumen sudah komplit ya!

Sekarang ini mau kerja di UK memang semudah itu! Terbuka banyak peluang bagi mereka yang menginginkan karir luas dan menjanjikan. Tentunya untuk menemukan pekerjaan yang tepat, pasti Bridgers mesti studi di universitas yang berkualitas dan jurusan yang tepat juga dong. 

Karena itu, persiapan awal itu sangatlah penting! Kami sangat merekomendasikan untuk berdiskusi sejak dini dengan agen yang tepat. Mulai dari sekarang untuk merencanakan karir-mu Bridgers! Yuk konsultasi bareng Edubridge!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *