Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Pilih Kuliah di Australia atau UK? Cek Dulu Faktanya!

Semakin berkembangnya zaman, kita memiliki banyak pilihan dan kemudahan. Salah satunya ada pada bidang edukasi ya Bridgers! Sekarang mau kuliah ke negara manapun ada aksesnya. Nah, tetapi banyaknya pilihan itu justru kerap membuat kita galau. Berdasarkan pengamatan EduBridge, negara Australia dan Inggris adalah 2 destinasi favorit student Indonesia. Kok bisa ya? Simak dulu yuk alasannya!

Alasan Australia & UK Menjadi Destinasi Favorit

Pilihan studi favorit pastinya berlandaskan alasan solid! Berikut adalah beberapa faktor pendorong kebanyakan Bridgers yang studi di negara Australia dan Inggris:

  • Rumah bagi beberapa universitas TOP sedunia

Tidak bisa kita pungkiri kualitas pendidikan kedua negara ini termasuk yang terbaik sedunia. Tersedia berderet universitas berperingkat tinggi dan well-known secara global. Contoh universitas di UK termasuk: University of Oxford, Imperial College London, Newcastle University dan masih banyak lagi. Sedangkan dari Australia terdapat universitas: The University of Western Australia, The University of Adelaide, University of Tasmania dan lainnya. Ada universitas pilihan Bridgers gak nih?

  • Jurusan kuliah top di masing-masing negara

Tentu saja setiap negara mempunyai jurusan yang diincar mahasiswa. Bisa saja sama bisa saja berbeda, tergantung situasi negara tersebut! Contoh jurusan high demand di UK termasuk bisnis dan engineering sedangkan di Australia termasuk jurusan akuntansi dan desain kreatif. Selain itu juga banyak pilihan jurusan yang tidak ada di Indonesia, jadi lebih variatif deh sesuai kebutuhan Bridgers!

  • Kualitas hidup yang tinggi

Beda negara beda sisi positifnya. Kebetulan sekali kedua negara ini memang terkenal memiliki gaya hidup yang modern dan sejahtera. Lengkap pula dengan fasilitas kesehatan, transportasi, dan kesejahteraan yang baik. Selain itu, Australia dan Inggris juga memiliki komunitas internasional yang besar sehingga memudahkan Bridgers untuk beradaptasi di lingkungan baru. Satu poin plus lagi, bisa mencari pengalaman dan koneksi baru deh!

Sekiranya poin diatas adalah beberapa alasan kenapa Bridgers suka banget dengan negara Australia dan Inggris. Jadi semakin bingung ya memilih yang mana? Mungkin bisa bisa melihat dulu perbedaan antara keduanya! 

This or That, Pilih Yang Mana?

Ada beberapa perbedaan yang Bridgers mesti pahami sebelum berdiskusi dan memilih. Ini demi menghindari salah pilih negara! Yuk simak dulu Bridgers!

  • Durasi studi

Meski hampir mirip, terdapat beberapa perbedaan kecil terhadap durasi belajar di negara Australia dan UK. Untuk di UK durasi pembelajaran adalah sebagai berikut: Sarjana (3 tahun) dan pascasarjana (1 tahun). Sedangkan untuk Australia: Sarjana (3 tahun) dan pascasarjana (1-2 tahun). Hanya berbeda tipis ya Bridgers! Syarat penilaian selama studi pun agak berbeda, di Australia menggunakan sistem kredit sedangkan di UK menggunakan tes atau ujian.

  • Gelar honor

Gelar honor sangat berpengaruh terhadap durasi studi ya Bridgers! Alasan mengapa durasi di UK cenderung lebih pendek adalah karena di sistem pendidikan UK, gelar honor sudah termasuk 3 tahun kuliah (sarjana), sedangkan di Australia Bridgers perlu tambahan 1 tahun untuk gelar tersebut. Tetapi kualitasnya tetap sama bagusnya ya Bridgers! Hanya preferensi saja yang membedakan.

Kedua itu adalah perbedaan besar yang sering kali kita temukan antara negara UK dan Australia! Jika berbicara tentang biaya masuk kuliah dan biaya hidup, sulit untuk kita samakan. Gaya hidup antar mahasiswa sangat berbeda satu sama lain jadi biaya bersifat relatif. 

Namun hanya sebagai kisaran, perbedaan tuition fee antara kedua negara tersebut adalah sebagai berikut:

  • UK: Mulai dari Rp.350.000.000/tahun
  • Australia: Mulai dari Rp.450.000.000/Tahun
  • Sedangkan untuk biaya hidup:

  • UK: Mulai dari Rp.2.400.000/minggu
  • Australia: Mulai dari Rp.4.100.000/minggu
  • Tetapi umumnya terdapat beberapa universitas yang memberikan bantuan finansial atau scholarship untuk siswa dari Indonesia. Jadi kemungkinan bisa mengurangi estimasi yang tertera ya, Bridgers! Kalian juga bisa banget untuk part-time job di kedua negara tersebut untuk menambah uang saku. Berikut kisaran salary-nya, Bridgers:

  • UK: Rp.166.500- Rp.249.750/jam
  • Australia: Rp.175.100-Rp.236.900/jam
  • Dengan mengambil part time, Bridgers dapat memperoleh uang saku dan pengalaman tambahan sekaligus koneksi deh! Hayo siapa yang tertarik nih?

    Untuk informasi lebih lanjut, baiknya langsung berkonsultasi langsung dengan konsultan EduBridge! Konsultasi sebelum pemilihan sangatlah penting demi masa depan yang lebih baik. Jangan sampai salah pilih ya Bridgers!

    Tinggalkan Komentar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *