Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Langkah Menuju Indonesia Emas 2045; Peningkatan Kualitas SDM di Indonesia

Bridgers, kali ini kita bahas tentang perkembangan pendidikan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) saat ini yuk! Tahu gak sih, SDM itu salah satu komponen penting untuk pertumbuhan finansial negara. Mengapa? Suatu negara yang memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas tentunya akan menghasilkan kondisi dan situasi yang makmur ya, baik dari kualitas hidup sampai keadaan ekonomi! Nah, bagaimana cara agar SDM dapat bertumbuh menjadi lebih berkualitas? Kuncinya hanya satu Bridgers, pendidikan. Ya, pendidikan adalah kunci yang dapat membuka jendela peluang serta kemungkinan positif lainnya. Meski terlihat sulit bagi negara Indonesia dengan segala perbedaan suku dan geografisnya, tetap bukan suatu hal yang mustahil loh! Asalkan terencana dan dilakukan satu persatu, Indonesia pun bisa menghasilkan SDM kompetitif dan berkualitas secara global.

Ada berita baik juga Bridgers! Makin kesini, negara kita pun semakin sadar atas pentingnya SDM. Buktinya apa? Anggaran untuk peningkatan SDM pun sudah disiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk tahun 2022. Simak dulu yuk!

Peningkatan SDM Indonesia 2022

Dialog bersama Menteri Keuangan Indonesia membahas rencana 2023
Sumber: Kemenkeu.go.id

Kita semua tahu dampak dari pandemi yang sudah berhasil kita lalui ya, Bridgers! Dengan banyaknya penurunan finansial yang berefek negatif, perekonomian negara pun harus segera pulih demi kesejahteraan banyak orang. 

Sesuai kutipan dari Menteri Keuangan Indonesia, 2022:

“Bidang yang diprioritaskan untuk pemulihan adalah pertama, belanja untuk sumber daya manusia (SDM) yang sangat penting. (Yaitu) kesehatan, pendidikan, dan perlindungan sosial. Tiga terpenting dalam meningkatkan kualitas SDM di Indonesia,” ungkap Menkeu.

Untuk bidang pendidikan sendiri, anggaran akan menopang hal seperti peningkatan keahlian & profesionalisme guru/pengajar, fasilitas pendidikan, pendidikan vokasi, serta koordinasi pemerintah terkait. Bahkan tahun 2022, kementerian keuangan pun telah menetapkan tema khusus untuk kebijakan fiskal Indonesia yaitu untuk meningkatkan kualitas SDM. Menkeu mengatakan bahwa SDM yang berkualitas sangatlah penting untuk pemulihan serta daya saing dan pembangunan perekonomian di Indonesia.

Wah terbukti ya Bridgers, akhirnya bisa terealisasikan juga peningkatan SDM di Indonesia! Selain itu, ada juga nih berita bahagia untuk masyarakat Indonesia, khususnya yang menetap di Jawa Barat. Apa ya kira-kira? Yuk kita simak bersama Bridgers!

Rencana Pembangunan University of Lancaster

Lancaster University, salah satu universitas TOP yang ada di Inggris
Sumber: Education One

Sesuai Kutipan atas hasil pertemuan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan perwakilan University of Lancaster, 

“University of Lancaster di Jawa Barat akan segera dibangun sebagai persiapan pembangunan SDM Jawa Barat yang berkualitas global dan kompetitif dalam menjemput Indonesia Emas 2045. Khususnya di bidang Engineering and Business 4.0,” ujar Ridwan Kamil.

Wah ini berita yang sangat menggembirakan ya Bridgers! Apalagi untuk kalian yang berminat di bidang bisnis dan teknik. Universitas asal UK ini juga bukan sembarang universitas loh! Menurut QS World University Rankings, universitas ini menduduki peringkat ke-132 SEDUNIA. Kualitasnya sudah pasti yang terbaik dong. Selain itu, penelitian di University of Lancaster juga sudah mempunyai akreditasi Research Excellence Framework (REF) 2021. Apa fungsinya? Universitas yang memiliki akreditasi REF menandakan bahwa institusi tersebut sudah menghasilkan riset yang mempunyai kualitas tinggi. Keren ya, Bridgers jadi bisa mengambil bagian dalam riset dan penelitiannya!

Rencana pembangunan ini memungkinkan pelajar Indonesia untuk mendapatkan pendidikan baik tanpa harus jauh-jauh ke negara UK. Jadi tambah hemat ya tentunya!

Selain rencana pembangunan University of Lancaster, masih ada beberapa rencana kerja sama lainnya antara Inggris dan Indonesia, khususnya Jawa Barat. Salah satu programnya berupa program Interfaith Dialogue.

Rencana Program Interfaith Dialogue

Keanekaragaman dalam beragama yang cukup kental di Indonesia
Sumber: Lutheran World

Sebelum kita membahas program ini lebih lanjut, ada baiknya untuk memahami arti Interfaith Dialogue terlebih dahulu.

Ketika terjadi sebuah interaksi positif antara sekelompok orang yang mempunyai perbedaan keyakinan atau agama, itulah arti dari Interfaith Dialogue (Dialog Antar Agama). Kegiatan ini tidak hanya berpacu pada tingkat individual namun juga bisa terjadi di tingkat institusional. Apa sebenarnya tujuannya? Bukan untuk menggabungkan atau mencampurkan kedua keyakinan, tapi lebih kepada mempromosikan pemahaman akan perbedaan tersebut. Ini hal yang sangat baik ya Bridgers! Pengertian akan suatu perbedaan akan memicu rasa toleransi yang tinggi.

Kembali lagi ke pembahasan rencana program Interfaith Dialogue dengan Inggris bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Jawa Barat.

“Kerja sama tersebut, juga program Interfaith Dialogue dengan mengirimkan delegasi ulama Jawa Barat ke Inggris dalam program English for Ulama, dibicarakan bersama Ibu Rt Hon Amanda Milling, Minister for Asia at the Foreign, Commonwealth & Development Office dan delegasi University of Lancaster,” kata Ridwan Kamil, dikutip dari Tribun News.

Semoga rencana program tersebut berjalan dengan lancar ya untuk keuntungan Inggris dan Indonesia sendiri.

Setelah membahas rencana program, kita langsung saja yuk bahas tentang rencana investasi Inggris dan Jawa Barat! Investasinya akan berfokus dalam bidang energi terbarukan atau Renewable Energy.

Rencana Investasi Renewable Energy

Renewable energy dengan kincir angin sebagai sumber tenaga
Sumber: Mongabay

Nah ini juga topik yang menarik untuk dibahas Bridgers! Seperti yang kita ketahui kalau negara Indonesia ini kaya akan budaya dan sumber daya alamnya, termasuk sumber energi. Ada dua jenis sumber energi yaitu sumber energi tidak terbarukan dan sumber energi terbarukan. Sumber energi tidak terbarukan di Indonesia bervariasi dari batu bara, minyak bumi hingga gas alam. Namun, variasi sumber energi tersebut bisa saja habis suatu saat, apalagi kalau tidak ada sistem pengelolaan yang baik.

Beda hal dengan Renewable Energy atau energi terbarukan yang tidak akan bisa habis. Contohnya berupa energi surya (berasal dari matahari), energi angin dan energi air.

Sesuai dengan kutipan dari Tribun News, untuk rencana investasi kedepan, fokus utama sumber energinya adalah energi angin.

“Juga kesepakatan akan banyaknya investasi dari Inggris di bidang Energi Terbarukan atau renewable energy di Jawa Barat. Percontohan akan dimulai dibangun pembangkit listrik tenaga angin di Garut,” 

Akhirnya Indonesia perlahan sudah mulai “melek” dan memulai langkah ke energi terbarukan. Dengan begitu pastinya bumi kita juga bisa jadi lebih sehat dan juga tercipta banyak lapangan kerja baru kedepannya!

Gimana Bridgers? Sudah terbukti kan bahwa pendidikan adalah salah satu kunci untuk perubahan baik dari segi finansial maupun kualitas SDM. Karena itu kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus tetap membuka pikiran dengan luas dan menjunjung tinggi pendidikan ya! Pastikan untuk melanjutkan studi yang tepat, cocok dan berkualitas untuk diri sendiri. Banyaknya rencana dan pembangunan pasti akan membuahkan hasil dan kesempatan luas kedepannya. Yuk persiapkan diri untuk mengambil bagian! 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *