Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Intip Latar Belakang Pendidikan CEO Tik Tok, Shou Zi Chew

Bridgers, apakah kalian mengenal aplikasi Tik Tok? Bagi yang sering berhubungan dengan aplikasi tersebut pasti sering melihat FYP tentang CEO Tik Tok sendiri yaitu, Shou Zi Chew! Beliau telah membawa banyak progres terhadap aplikasi ini juga loh. Terbukti dari jumlah pengguna yang berprogres meningkat dan popularitas mendunia. Lantas, kalian penasaran gak sih apa latar pendidikan CEO tersebut?

Yuk simak bareng, Bridgers! Siapa tau bisa menjadi motivasi untuk kita ya.

Profil Shou Zi Chew, Berasal Dari Keluarga Sederhana

Shou Zi Chew sendiri merupakan kelahiran tahun 1983 dengan kewarganegaraan Singapura. Ternyata dirinya berasal dari kehidupan yang relatif sederhana! Ayahnya bekerja dalam bidang konstruksi dan ibunya bekerja sebagai bookkeeper. Hal itu tidak menghilangkan kesempatan Chew untuk dapat meraih pendidikan setinggi mungkin! 

Berlandaskan determinasi dan kerja kerasnya, ia berhasil meraih peringkat tinggi dan masuk ke salah satu sekolah menengah berkualitas tinggi. Dari situlah perjalanan pendidikan Chew bermula. Beliau juga menekuni bahasa Mandarin, salah satu bahasa universal di dunia. Jadi sudah nyata bukti ya Bridgers, menambah ilmu dan belajar akan selalu membuahkan hasil baik! 

Lulus Dari Universitas TOP Dunia

Tak lupa menjalankan kewajiban negara, Chew telah menjalani wajib militer dari negara Singapura. Bahkan beliau pun sempat mengalami bertahan selama 5 hari di Kalimantan pada masa menjalani kewajibannya. Pada akhirnya Chew menyelesaikan kewajiban dinasnya dengan gelar perwira.

Setelah itu, barulah beliau memulai perjalanan pendidikan sarjana (S1) di University College London, Inggris. Universitas ini menempati peringkat ke-8 sedunia dan peringkat ke-2 di UK untuk penelitiannya. Jelas berkualitas dan bergengsi ya! Tahun 2006 adalah tahun dimana CEO Tik tok ini lulus dengan gelar BSc of Economics.

Tidak sampai disitu saja, dengan keinginan untuk memperkaya ilmu dan koneksi, Chew melanjutkan pendidikan S2 nya di Amerika Serikat. Universitas pascasarjana-nya tak kalah menarik, salah satu universitas Ivy League! Harvard menempati peringkat 5 di dunia loh! Pada tahun 2010, Chew berhasil lulus S2 dengan jurusan Master of Business Administration. Psst, salah satu fun fact, beliau bertemu dengan istrinya ketika sedang studi di universitas ini loh!

Gak heran kan mengapa Chew bisa sangat sukses? Pendidikan yang menopangnya kualitas terbaik! Belum lagi, banyak yang terkagum oleh pencapain dan sikap CEO Tik Tok satu ini. Selain pendidikan oke, tentu pengalaman kerja baik juga berperan dalam menentukan kesuksesan seseorang. Yuk lihat bersama pengalamannya!

Perjalanan Karir Shou Zi Chew

Pendidikan berkualitas tinggi hanya salah satu rahasia dari kesuksesan Chew, faktor lainnya pun datang dari pengalamannya di dunia profesional. Setelah lulus dari University College London dengan menyandang gelar sarjana ekonomi, beliau bekerja di perusahaan Goldman Sachs, salah satu perusahaan perbankan investasi multinasional terkemuka di dunia. Setelah itu masih ada di area perbankan dan investasi, Chew menjadi seorang partner di DST Global. Nah, DST Global ini sendiri seringkali terlibat dalam investasi besar di perusahaan teknologi terkemuka. Contohnya seperti: Facebook, Twitter, Spotify dan lain sebagainya.

Setelah cukup lama mengumpulkan koneksi dan keahlian profesional, Chew memutuskan untuk kembali melanjutkan pendidikan pascasarjana di salah satu universitas Ivy League, Harvard University, dengan jurusan Master of Business Administration. Selama perjalanan beliau S2, ia pun sempat magang di Facebook yang pada saat itu masih menyandang status startup. 

Karirnya semakin berkembang pesat saat beliau menjadi Chief Financial Officer perusahaan Xiaomi pada tahun 2015. Tahun 2019 bahkan ia diangkat sebagai kepala bisnis internasional loh! Xiaomi sendiri merupakan perusahaan teknologi inovatif yang berbasis di China. Perusahaan tersebut memproduksi smartphone, laptop dan peralatan lainnya. Popularitasnya pun berskala global. Barulah di tahun 2021 Chew mulai bekerja di perusahaan Byte Dance (Tik Tok), awalnya sebagai direktur keuangan. Namun di tahun yang sama beliau ditunjuk untuk menggantikan posisi CEO Tik Tok yang dijabat oleh Kevin A. Mayer hingga sekarang!

Menarik ya lika-liku pendidikan dan karir CEO Tik Tok, Shou Zi Chew! Kalau kalian juga tertarik mengikuti jejak beliau gak nih? Konsultasi gratis bareng EduBridge yuk untuk pemilihan jurusan yang paling tepat sesuai minat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *