Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Peringkat Universitas VS Magang Profesional

Bridgers! Kali ini kita mau bahas topik yang menarik nih. Antara peringkat universitas dan pengalaman magang, mana yang lebih oke untuk kalian? Pastinya sebelum kalian memilih tempat studi akan periksa dulu reputasi institusi belajar untuk memastikan kualitasnya yang terbaik dong! Nah, pertimbangan lain juga terletak di, apakah tersedia program magang di universitas tersebut. Program ini juga banyak peminatnya terlebih lagi bagi Bridgers yang studi di luar negeri. Sebelum kita membahas lebih lanjut, yuk kita simak dulu penjelasan peringkat universitas dan program magang profesional!

Peringkat Universitas

Source: Dhaka Tribune

Bridgers, setiap kali ingin membeli sesuatu pasti akan melihat review dan reputasi toko bukan? Semakin tinggi rating toko, pembeli akan semakin percaya untuk membeli produk atau servis dari toko tersebut. Sama halnya seperti peringkat universitas! Semakin tinggi peringkatnya, tentu semakin banyak menjadi incaran mahasiswa. 

Sistem peringkat ini terdiri dari berbagai faktor ya, bisa dari sistem pembelajaran, riset dan penelitian, kepuasan mahasiswa, dan lainnya. Maka itu universitas yang menempati peringkat tinggi itu sudah pasti kualitasnya tidak perlu kalian ragukan. Tapi! Jangan lupa ya Bridgers, peringkat universitas tidak selalu memberikan gambar yang komprehensif karena masing-masing institusi memiliki karakteristik dan warna yang berbeda.

Bagi Bridgers yang berencana riset studi di universitas apa, wajib banget nih tahu! Kalian bisa cek peringkat universitas dari seluruh dunia di website terpercaya QS World University Rankings. Sistem peringkat di platform tersebut berdasarkan 6 indikator yaitu: Reputasi akademik, persentase peluang kerja, rasio fakultas/mahasiswa, sumber referensi (citation) per fakultas, rasio siswa internasional & rasio fakultas internasional.

Setelah membahas sistem peringkat universitas, ada baiknya kita langsung bahas apa untungnya peringkat tersebut bagi mahasiswa. Kenapa bisa berpengaruh untuk kita ya?

Dampak Positif Peringkat Universitas Terhadap Mahasiswa

Tentu saja sebagai mahasiswa yang studi di universitas berperingkat tinggi akan mendapatkan manfaat positif dong! Ini dia beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan:

  • Sistem Pendidikan dan Fasilitas yang Terbaik

Universitas yang memiliki peringkat tinggi sudah pasti kualitas pendidikannya TOP dong! Baik dari fakultas, bidang riset dan penelitian, Bridgers bisa memilih universitas peringkat tinggi di bidang tertentu sesuai kebutuhan ya! Fasilitasnya pun biasanya akan lengkap karena ini salah satu elemen untuk menopang sebuah institusi untuk menjadi yang terbaik!

  • Akses untuk Peluang Kerja

Nah, ini salah satu manfaat yang paling populer! Tentu Bridgers sedikit banyak pernah mengalami ketika sedang melamar untuk magang bahkan kerja. Terkadang suatu perusahaan akan melihat latar belakang pendidikan setiap kandidat. Walaupun bukan menjadi penentu yang pasti, kebanyakan kandidat dengan pendidikan tinggi atau universitas yang terbaik biasanya akan masuk ke dalam proses seleksi. Kok bisa ya? Jelas karena perusahaan tahu bahwa universitas yang baik juga memberikan kualitas pendidikan yang baik. Maka dari itu, alumni nya tentu berkualitas dong!

  • Koneksi Alumni yang Luas

Selain nilai bagus atau prestasi lainnya yang bisa Bridgers kejar, jangan lupa akan pentingnya koneksi! Tahu gak Bridgers? Koneksi dengan sesama alumni itu sangat penting loh! Untuk apa sih gunanya? Dengan memperbanyak koneksi, banyak keahlian atau pengalaman baru yang bisa kalian dapatkan. Tidak hanya itu, bahkan koneksi bisa membawa manfaat seperti mendapatkan pekerjaan yang baik. Jadi pastikan untuk bersosialisasi semasa studimu ya!

Itu hanya sebagian dari manfaat yang bisa kalian dapatkan loh Bridgers! Ada banyak lagi kesempatan emas yang bisa Bridgers raih dengan studi di universitas berperingkat tinggi, asalkan barengi dengan usaha juga ya. Setelah membahas tentang peringkat universitas, ada baiknya kita membahas program magang yuk!

Program Magang Profesional

Sumber: Drew

Salah satu pertimbangan dalam memilih sebuah universitas selain peringkat, ada juga dilihat dari segi kesempatan magang. Bahkan tak jarang mahasiswa yang mementingkan program ini dibandingkan melihat peringkat. Apa sih artian dari program magang itu sendiri? Magang adalah pengalaman yang bisa didapatkan oleh mahasiswa sebelum masuk ke dalam dunia kerja. Singkat kata semacam kesempatan untuk eksplorasi serta pengembangan karir yang biasanya sesuai minta mahasiswa. Jenis program ini juga tersedia dalam beberapa tipe yaitu: 

  • Magang berbayar
  • Magang untuk nilai kredit studi
  • Magang saat libur semester (biasanya program “summer” internship dan sebagainya)
  • Magang Non-Profit, Co-Op (biasanya berdurasi 1 tahun lebih)
  • Externships (biasanya berdurasi beberapa hari hingga beberapa minggu).

Jenis program magang ini tergantung dari kebijakan universitas masing-masing ya! Ada juga yang memperbolehkan Bridgers untuk memilih dan ada juga yang menyediakan opsi. 

Setelah mengetahui artinya, apakah Bridgers tahu manfaat magang itu sendiri? Biar gak penasaran ayo kita simak aja langsung!

Dampak Positif Program Magang Terhadap Mahasiswa

Sama halnya dengan peringkat universitas, program magang juga memberikan banyak manfaat tak ternilai seperti:

  • Kesempatan Eksplorasi Jalur dan Prospek Karir

Dengan peluang magang, Bridgers mempunyai kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang di dapat ketika studi langsung di lapangan. Selain itu, seperti istilah “belajar sambil melakukan”, ada ilmu atau trik tertentu yang tidak kalian dapatkan di ruang kelas. Terakhir tapi juga sama pentingnya, ini bisa menjadi kesempatan Bridgers untuk mengetahui apakah prospek karir kedepannya tepat untuk kalian! Maka dari itu, sebisa mungkin ambillah program ini ketika ada kesempatan ya.

  • Menjalin Koneksi Profesional

Dimanapun kalian berada, koneksi bisa menjadi sangat krusial loh! Tak hanya penting untuk menjalin koneksi di ruang studi, kalian juga seharusnya menjalin koneksi profesional ketika menjalani program magang. Bridgers bisa belajar banyak hal dari para profesional yang bisa digunakan di kemudian hari. Yang terpenting juga dari koneksi inilah bisa muncul jendela karir yang menunggu kalian nantinya!

  • Membangun Resume/CV yang Kuat

Pada saat kalian melamar pekerjaan salah satu poin yang dilihat adalah pengalaman, bisa dari pengalaman organisasi dan kerja. Ketika di dalam CV Bridgers terdapat pengalaman kerja yang relevan, percayalah, akan lebih dipertimbangkan daripada fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman. Tapi perlu diingat ya untuk mempersiapkan CV profesional sebaik mungkin sebelum melamar!

Setelah menyimak penjelasan dan manfaat dari peringkat universitas serta program magang, mana nih yang lebih Bridgers pilih? Kedua pilihan tersebut sama-sama bagus dan tidak salah, semua tergantung ke tujuan kalian juga! Tapi satu hal yang pasti, Bridgers harus memantapkan minat terlebih dahulu sebelum memilih institusi pendidikan yang tepat! Semoga bermanfaat ya Bridgers, semangat studinya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *