Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

7 Prospek Karir CEMERLANG Untuk Para GEN Z!

Karir di bidang teknologi dan data adalah beberapa alternatif yang paling menjanjikan untuk meraih kesuksesan di masa depan. Terlebih lagi untuk Generasi Z atau sering disebut sebagai generasi digital, yang lahir dan dibesarkan di era teknologi yang terus berkembang. Berikut ini adalah 7 prospek karier cemerlang yang cocok untuk gen Z, beserta informasi mengenai tingkat perkembangan karier masing-masing. EduBridge juga menyertakan jurusan dan gelar yang direkomendasikan untuk mengejar karier tersebut.

1. Data Scientist (Tingkat Pertumbuhan Karier: 36% dari 2021 hingga 2031)

Ilmu data adalah salah satu karier yang paling dicari saat ini karena banyak bisnis membutuhkan analisis data. Sebagai data scientist, Bridgers akan menggunakan berbagai teknik seperti data mining, analisis statistik, machine learning, dan pengolahan bahasa alami. Data yang sudah terkumpul akan dianalisa dan dimanipulasi dalam skala besar. Hasil analisis inilah yang berguna untuk keputusan bisnis yang lebih baik, mengidentifikasi tren pasar, memperkirakan permintaan produk, dan mengoptimalkan strategi pemasaran. 

Matematika, statistik, fisika, dan ilmu komputer adalah jurusan yang cocok untuk mereka yang tertarik untuk berkarir di bidang data science.

2. Web Developer (Pertumbuhan pekerjaan sebesar 30,3% dari tahun 2021 hingga 2031)

Situs web dan aplikasi web dirancang dan dikembangkan oleh pengembang web. Karena perusahaan dan organisasi semakin mengandalkan saluran online untuk terlibat dengan klien dan audiens, profesi ini sangat diminati. Jangankan untuk Gen Z, sekarang saja posisi untuk pekerjaan ini lumayan menjanjikan loh!

Ilmu komputer, desain grafis, dan pengembangan web adalah jurusan yang tepat bagi siapa saja yang tertarik berkarir di bidang pengembangan web. Selain itu, Bridgers juga harus menguasai betul bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, dan PHP.

3. Software Developer (Tingkat Pertumbuhan Profesional 2021-2031: 25%)

Sebagai perancang perangkat lunak tugas kalian adalah membuat, merakit, dan menguji aplikasi software. Semakin banyak sektor, seperti perawatan kesehatan, keuangan, dan hiburan yang menggunakan perangkat lunak oleh karena itu profesi ini berkembang dengan cepat. Belum lagi teknologi semakin berkembang setiap saat, cocok banget bagi Gen Z, generasi yang besar di era digital ini!

Ilmu komputer, software engineering, dan matematika adalah jurusan yang cocok untuk Bridgers yang tertarik berkarier dalam pengembangan perangkat lunak.

4. AI Engineer (Tingkat Pertumbuhan Profesional: 21%)

Pembuatan dan pengembangan sistem dan aplikasi kecerdasan buatan merupakan tanggung jawab insinyur AI. Permintaan akan pekerjaan ini berprospek untuk meningkat secara dramatis karena penerapan AI di banyak industri terus meningkat. Para Gen Z pasti tau banget dong AI sedang sangat ngetren dari tahun ini? Contohnya grup K-pop dan game dari AI.

Ilmu komputer, matematika, dan teknik elektro merupakan jurusan yang cocok bagi kalian yang ingin berkarir di bidang teknik AI.

5. Aktuaris (2021-2031: Kenaikan Karier 21%)

Manajemen risiko untuk perusahaan dan organisasi adalah tanggung jawab seorang aktuaris. Ini adalah bidang yang sangat kompleks yang membutuhkan pemahaman yang kuat tentang bisnis, statistik, dan matematika. Umumnya, kalian akan menyelam dalam sektor keuangan, termasuk industri asuransi, reasuransi, dan investasi, serta di sektor publik dan pemerintah.

Bridgers wajib menguasai jurusan seperti matematika, statistik, dan ekonomi untuk berkarir dalam ilmu aktuaria. Selama bisnis dan organisasi terus berjalan, tentu saja posisi ini tak akan mati. Jadi, para gen Z tenang saja ya!

6. Manajer Keuangan (2021-2031) (Tingkat Pertumbuhan Karier: 17%)

Masih berkutat seputar keuangan, manajer keuangan bertanggung jawab untuk mengambil keputusan keuangan strategis, merencanakan dan mengelola anggaran, serta mengawasi operasi keuangan perusahaan. Selain itu mereka juga terlibat dalam proses pengambilan keputusan terkait dengan pengembangan produk atau layanan baru, merger atau akuisisi, dan strategi pertumbuhan bisnis. 

Para gen Z yang tertarik posisi ini bisa menekuni jurusan keuangan, ekonomi, akuntansi dan administrasi bisnis ya!

7. Analis Manajemen (Tingkat Pertumbuhan Profesional: 11%)

Tugas analis manajemen untuk mengevaluasi dan meningkatkan praktik-praktik organisasi. Sama halnya seperti sektor keuangan, sektor ini sangat mudah beradaptasi menyesuaikan dengan perkembangan perusahaan serta organisasi. Jadi, kedepannya juga tetap tercipta lapangan kerja cukup untuk Gen Z.

Jurusan yang cocok untuk posisi ini antara lain: Administrasi bisnis, manajemen, dan ekonomi.

Kesimpulannya, Generasi Z memiliki beragam pilihan profesional dan banyak potensi untuk sukses di era digital. Apalagi pertumbuhan teknologi semakin berkembang pesat setiap harinya.  Oleh karena itu generasi ini dapat mengambil manfaat dari hal tersebut dan meraih kesuksesan profesional. Kuncinya adalah selalu mengikuti perkembangan dan melihat potensi karir di tahun-tahun yang akan datang. 

Jika kalian masih bingung, bisa konsultasi dulu yuk dengan EduBridge. Free consultation loh!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *