Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Selangkah Ke Luar Negeri Dengan Agen Pendidikan

Siapa disini yang pernah mendengar tentang agen pendidikan? Atau Bridgers mungkin pernah datang langsung ke salah satu agen pendidikan? Lalu, sebenarnya apa sih agen pendidikan, atau jasa apa saja yang bisa ditawarkan? Mengapa penting untuk menggunakan jasa agen dalam memproses studi lanjut ke luar negeri? Artikel ini sangat pas untuk kalian yang sedang gundah gulana dan masih minim ide memulai dari mana untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya, Bridgers!

Sumber: unsplash

1. Apa Itu Agen Pendidikan?

Sumber: unsplash

Agen Pendidikan Luar Negeri (Overseas Education Consulting Agent) merupakan suatu lembaga atau perusahaan yang bergerak dalam bidang konsultasi, bantuan, ataupun informasi pendidikan ke luar negeri termasuk penyediaan, pendampingan dan pengurusan berbagai dokumen dan persyaratan yang harus disiapkan oleh calon peserta didik untuk diserahkan atau ditunjukkan kepada universitas tujuan asing sesuai dengan negara yang diinginkan. Selain itu, agen juga biasanya menyediakan layanan konsultasi untuk siapapun yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Lembaga atau perusahaan tersebut biasanya berupa usaha komersial atau lembaga nirlaba.

Namun perlu diingat bahwa dalam kapasitas sebagai konsultan atau agen, mereka tidak bisa membantu pembiayaan studi kalian. Kalian harus mempersiapkan biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat, dan biaya-biaya lainnya untuk menanggung seluruh keperluan pendidikan kalian. Jika kalian mencari beasiswa penuh (full scholarship) sebagai sumber dana pendidikan, kalian bisa menghubungi lembaga-lembaga penyedia beasiswa yang ada seperti LPDP dan lain sebagainya.

2. Mengapa Butuh Agen Pendidikan?

Sumber: unsplash

Sebagian besar agen memiliki banyak pengalaman dan mengetahui proses aplikasi secara mendetail dan akurat. Jika kalian berdiskusi dengan agen pendidikan tentang harapan dan capaian studi kalian dengan jelas, mereka akan membantu dan memilihkan tempat, negara tujuan, penyesuaian dengan budget studi, serta jurusan yang tepat sesuai kebutuhan dan keinginan kalian. Mereka akan memberikan opsi yang paling sesuai dan tepat untuk para calon pelajar.

Namun, jangan lupa untuk menyampaikan ekspektasi untuk menghindari rasa kecewa dengan beberapa hal yang belum kalian ketahui. Misalnya, jika kalian ingin belajar di Amerika Serikat dan memiliki pandangan bahwa semua kota di Amerika seperti New York dengan gaya hidup yang sangat dinamis, kalian mungkin akan salah menilai. Banyak universitas di Amerika yang terletak di kota-kota kecil dengan gaya hidup yang jauh lebih tenang dan affordable dibandingkan dengan kota-kota besar pada umumnya. Oleh sebab itu, komunikasi terarah dengan agen pendidikan tersebut cukup penting.

Konsultan agen pendidikan juga merupakan orang-orang yang memiliki pengetahuan lebih dengan pelatihan langsung oleh universitas yang bekerja sama dengan mereka dalam proses aplikasi, sehingga mereka tahu persis dokumen apa yang akan dibutuhkan untuk mempercepat aplikasi dalam mendaftar di universitas tersebut. Jika kalian mendaftar sendiri, mungkin akan menghadapi beberapa kesulitan, seperti tertinggal masa deadline, atau masa tunggu yang lebih lama dikarenakan dokumen yang kurang lengkap, dan sebagainya. Hal tersebut bisa berpengaruh terhadap diterima tidaknya kalian sebagai calon mahasiswa di universitas tujuan.

Cukup riskan bukan? Maka dari itu, peran dan jasa agen pendidikan ternyata cukup signifikan, ya!

3. Apa yang Agen Pendidikan Bisa Bantu Bagi Kalian yang Ingin Studi Ke Luar Negeri?

Sumber: unsplash

Banyak agen pendidikan yang membantu merekrut mahasiswa untuk universitas yang telah bermitra dengan mereka. Salah satu keuntungan dari hubungan agen pendidikan dan universitas-universitas ini  adalah agen tersebut dapat memberitahu kalian lebih cepat apakah aplikasi atau pendaftaran kalian pada suatu universitas berhasil atau tidak. Jika kalian akan memulai perkuliahan dan kalian kurang senang atau kurang cocok dengan perkuliahan tersebut, agen pendidikan dapat membantu kalian bernegosiasi dengan universitas sehingga kalian dapat pindah ke jurusan atau program yang lain. Beberapa agen pendidikan juga memberikan dukungan berkelanjutan selama kalian studi di universitas yang sudah kalian pilih.

4. Apa yang Bedanya dengan Aplikasi Mandiri?

Sumber: usacademic

Agen pendidikan biasanya dapat membantu kalian yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri dengan hal-hal berikut:

  • Memilih tujuan studi
  • Memilih penyedia dan jurusan/ program pendidikan yang tepat
  • Pendaftaran dan persiapan untuk tes bahasa Inggris 
  • Dukungan aplikasi visa
  • Asuransi kesehatan/ akomodasi/ bantuan perjalanan/ transportasi selama berada di negara tujuan
  • Konseling karir dan dukungan pencarian kerja sebelum lulus

Selain bisa membantu untuk membuat pilihan yang tepat, mereka juga akan memperhatikan apa yang kalian inginkan. Terlebih, karena mereka bekerja dengan beberapa penyedia pendidikan secara langsung, hal ini akan membuat proses aplikasi ke universitas yang kalian inginkan jadi lebih mudah.

Agen pendidikan yang memenuhi syarat adalah mereka yang ahli dalam industri pendidikan internasional dan dapat secara akurat memberi informasi kepada kalian tentang proses aplikasi, persyaratan mahasiswa internasional, dan bagaimana rasanya belajar di luar negeri.

5. Bagaimana Dengan Biaya Konsultasi?

Sumber: freepik

Kalian mungkin berpikir kalau biaya konsultasi akan sangat mahal. Faktanya, layanan konsultasi dengan agen umumnya adalah gratis! Sebelum memutuskan untuk melanjutkan konsultasi, kalian perlu memastikan tidak ada biaya tersembunyi dalam menggunakan jasa konsultan tersebut. Selain itu, kalian perlu mengingat bahwa kalian masih perlu membayar biaya pendaftaran ke institusi pilihan kalian, termasuk biaya lain-lain yang berkaitan dengan persyaratan wajib seperti asuransi kesehatan atau tes bahasa Inggris.

Nah, penjelasan berikut adalah hal-hal yang kalian perlu tahu mengenai agen pendidikan yang dapat membantu kalian dalam meraih cita-cita untuk studi di luar negeri. Edubridge juga bisa membantu kalian untuk mendapatkan informasi lebih akurat mengenai hal-hal yang kalian butuhkan untuk studi ke luar negeri! Tertarik untuk berkonsultasi? Segera hubungi kami ya, Bridgers!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *