Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Serba-Serbi Kehidupan London yang Wajib Kalian Calon Mahasiswa Ketahui

Di artikel sebelumnya, Bridgers sudah mengetahui keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan jika melanjutkan studi di Inggris. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu kota di Inggris yang bisa jadi pilihan tepat untuk memulai studi, yaitu kota London.

Sudah tak asing bila UK atau Inggris saat ini menjadi negara tujuan populer bagi pelajar internasional. Tak hanya kualitas pendidikannya saja yg memiliki standar kelas dunia, tapi UK juga merupakan pusat  perekonomian, budaya dan transportasi. Sebagai Ibu kota negara Inggris, kesempatan belajar di London tentunya sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja karena banyak hal yang bisa dieksplor dan diperoleh disana.

Berdasarkan QS Best Student City Ranking, London berada di rangking teratas sebagai kota terbaik di dunia untuk tujuan studi. Sehingga, sudah pasti kota ini cocok untuk ditinggali pelajar domestik maupun internasional. Terlebih lagi, kualitas pendidikannya juga merupakan salah satu yang terbaik di dunia, London memiliki setidaknya 10 universitas yang masuk ke dalam top rangking di dunia. 

Lalu, seperti apa kehidupan mahasiswa di London? Yuk!  Simak ulasan berikut!

Biaya Hidup di London Untuk mahasiswa

Mengutip dari website LSE (The London School of Economics and Political Science),  setidaknya membutuhkan £1,100-1,300 per bulan untuk mencakup sebagian besar biaya hidup di Inggris; termasuk akomodasi, transportasi, makanan, laundry, biaya studi, dan pengeluaran pribadi lainnya. 
Jumlah tersebut akan bervariasi tergantung pada gaya hidup dan kebutuhan masing-masing student, jadi penting bagi Bridgers untuk melakukan riset sendiri. Berikut adalah estimasi biaya yang bisa dijadikan referensi

1. Biaya Makan

Sumber: unsplash

Biaya makan termasuk salah satu hal utama yang akan menjadi bagian penting dari anggaran Bridgers. LSE (The London School of Economics and Political Science) memperkirakan setidaknya membutuhkan sebanyak £160 hingga £300 per bulan per orang untuk makan. 

Ada beberapa opsi dan trik yang bisa Bridgers lakukan untuk mengurangi pengeluaran makanan, seperti berbelanja di pasar lokal maupun memasak dengan teman flat, dan membawa makan siang sendiri ke kampus.

2. Akomodasi

Sumber: unsplash

Di London, pengeluaran bulanan paling mahal untuk pelajar adalah akomodasi, dengan biaya rata-rata £840 per bulan. Saat mencari tempat tinggal, ada tiga alternatif utama yang perlu dipertimbangkan, yaitu: asrama universitas, flat pribadi, dan rumah sewa.

Pilihlah jenis akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian, ya!

A. College-run accommodation

– Kamar Standar £135 – £210 (Sekitar Rp2.700.000,00 – Rp4.200.000,00) per minggu

– Kamar En-Suite £130 – £260 (Sekitar Rp2.600.000,00 – Rp5.200.000,00) per minggu

– Unit Studio £140 – £340 (Sekitar Rp2.800.000,00 – Rp6.800.000,00) per minggu

B. Akomodasi pribadi

– Tarif Standar Mingguan £160 – £250 (Sekitar Rp3.200.000,00 – Rp5.000.000,00) per minggu

– Kamar En-Suite £160 – £280 (Sekitar Rp3.200.000,00 – Rp5.600.000,00) per minggu

– Unit Studio £280 – £500 (Sekitar Rp5.600.000,00 – Rp10.000.000,00) per minggu

C. Sewa

London adalah kota besar dengan beberapa daerah populer di mana biaya hidup bisa sedikit lebih tinggi daripada di daerah lain. Menurut Study London, sebuah apartemen studio kecil di London dapat berharga mulai dari £120 hingga lebih dari £1.000 per minggu.

3. Transportasi

Sumber: unsplash

Di London, transportasi umum yang paling sering digunakan adalah London Underground (Tube), bus dan taksi. Sistem transportasinya menggunakan “zona” untuk menentukan berapa banyak pengeluaran kalian.

Sebagai pelajar, Bridgers berhak menerima diskon 30 persen dari tarif Tube dan bus standar jika kalian membeli Student Oyster Card. Selain itu, Bridgers juga bisa mendapatkan diskon di Railcard, yang tersedia untuk full-time student. Tak hanya itu, Bridgers juga bisa berhemat dengan bersepeda – tersedia skema persewaan sepeda umum di London, atau kalian dapat menggunakan sepeda pribadi.

Hiburan di London

Sumber: Hindustan Times

Sebagai kota yang populer untuk tujuan turis dari seluruh dunia, London tidak pernah sepi. Dengan empat situs warisan dunia UNESCO juga ratusan atraksi terkenal dunia di seluruh kota, Bridgers tidak akan pernah bosan tinggal di London.

Bagi Bridgers yang mencari hiburan di malam hari, London terkenal dengan kehidupan malamnya yang tiada henti, dengan ribuan tempat keren untuk dijelajahi, banyak diantaranya yang gratis dan terdapat diskon untuk pelajar juga.
Temukan informasi menarik lainnya mengenai kegiatan apa saja yang bisa Bridgers lakukan di London, disini dan disini!

Kesempatan Kerja yang Terbuka Lebar

Sumber: unsplash

Pekerjaan paruh waktu adalah cara yang sangat bagus bagi mahasiswa internasional untuk meningkatkan CV atau portfolio, menambah pengalaman professional, menyibukkan diri di waktu luang, mendapatkan penghasilan tambahan pula.

London memiliki ribuan peluang kerja paruh waktu yang dapat disesuaikan dengan waktu kuliah kalian (sebaiknya tidak bekerja lebih dari 15 jam seminggu). Ingatlah bahwa kerja part-time di London juga akan memiliki upah yang lebih tinggi dibanding di kota bagian lain di Inggris.

Untuk opsinya, Bridgers bisa menaruh aplikasi untuk bekerja part-time di bar, restoran, toko atau melakukan sesuatu yang sedikit berbeda, seperti menjadi pelayan di theater atau menjadi pemandu wisata di museum. Selain itu, terdapat banyak peluang kerja part-time di universitas kalian sendiri, contohnya adalah sebagai staf di perpustakaan atau menjadi Student Ambassador kampus.

Itulah ulasan lengkap mengenai kehidupan di London mulai dari biaya makan, akomodasi, transportasi, hingga peluang paruh waktu. Sebagai murid, Bridgers harus pandai-pandai mengatur waktu untuk belajar dan melakukan hal lain serta membuat rincian keuangan agar bisa hidup dengan bahagia dan nyaman di London.

Untuk mengetahui informasi lainnya mengenai kehidupan mahasiswa, beasiswa, maupun tips-tips menarik lainnya, Bridgers bisa klik tab blog sekarang juga, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *