Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Tipe Personality MBTI Sebagai Penentu Jurusan Kuliah

Namanya juga manusia, tentu saja kepribadian akan berbeda satu sama lain. Perbedaan kekuatan, kelemahan atau preferensi itulah yang menjadi salah satu keunikan kita. Hal yang sama pun berlaku perihal jurusan serta karir. Jurusan A mungkin cocok dengan mu, tapi tidak untuk temanmu. Pada akhirnya semuanya akan menyesuaikan dengan passion serta karakteristik individu masing-masing. Setuju gak Bridgers? 

Apa ada yang familiar dengan tes kepribadian MBTI? Tes ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun sempat booming akhir-akhir ini. Ternyata sedikit banyak tes ini bisa menjadi salah satu elemen penentu Bridgers mengambil jurusan yang sesuai loh! Untuk lebih jelasnya, yuk kita ketahui dulu besarnya pengaruh karakter pribadi pada pilihan jurusan.

Pengaruh Karakter Terhadap Pilihan Jurusan

Sumber: Canva

Pemilihan jurusan maupun karir tidak semudah itu, memang betul. Ini bersangkutan dengan masa depan dan jalan hidup masing-masing. Jurusan yang Bridgers pilih meski tak selalu, nyatanya adalah awal perjalanan karir kalian. Jadi, ketika pemilihan jurusan hampir mirip dengan jalan karir. Ada beberapa faktor karakteristik umum yang dapat mempengaruhi, contohnya: 

  • Realistic

Tipe realistik biasanya suka bekerja melalui tangan, seperti mengotak-ngatik mesin. Maka itu orang yang realistik sangat cocok untuk bekerja dalam bidang perhitungan dan teknik.

  • Artistic

Orang artistik mempunyai imajinasi kuat dan jiwa kreativitas tinggi. Sebab itu mereka akan cocok bekerja di lingkungan fleksibel.

  • Investigative

Mereka adalah tipe analitikal yang baik dalam bidang perhitungan dan penelitian ilmiah. Berpikiran intelektual, mereka menyukai proses dalam penyelesaian suatu masalah.

  • Social

Sesuai dengan namanya, mereka adalah tipe individual yang berjiwa sosial tinggi. Tipe ini menyukai bekerja dengan orang lain dan memberikan servis pada masyarakat.

  • Enterprising

Seringkali mereka bersifat ambisius, persuasif dan dapat menjadi pemimpin yang baik. Tipe ini umumnya kita temukan sebagai pebisnis handal.

  • Conventional

Tipe ini juga cocok bekerja dengan angka dan mesin. Namun, mereka menyukai pekerjaan yang repetitif dan mudah mengikuti petunjuk.

Nah, sampai sini Bridgers paham kan seberapa pengaruhnya karakteristik seseorang untuk pilihan jurusan dan karir? Jika kalian mempelajari atau bekerja di bidang yang “kamu banget”, pasti akan enjoy dong? Selanjutnya, yuk kita lihat dari sisa karakteristik MBTI!

Tentang Tes MBTI

Sumber: Kaggle

Singkat kata, tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) merupakan tes yang berfungsi untuk memahami tipe kepribadian seseorang. Ini termasuk bagaimana cara pikir serta cara seseorang menanggapi suatu masalah. Selain itu, Bridgers juga bisa memahami kekuatan dan kekurangan dalam berbagai hal seperti hubungan antar sesama, dalam lingkungan bekerja, dan lain sebagainya.

Setelah menjalani tes dan menerima hasil, dari situ kita bisa mempunyai insight yang tepat agar dapat bertumbuh secara sinkron dengan pribadi kita. 

Pasti istilah ekstrovert dan introvert sudah tak asing lagi dong Bridgers? Ternyata dari tes ini, 2 klasifikasi general tersebut terbagi menjadi banyak tipe lainnya. Berikut adalah 16 tipe kepribadian menurut tes MBTI:

  • Tipe Ekstrovert: ESTJ, ENTJ, ESFJ, ENFJ, ESTP, ENTP, ESFP, ENFP 
  • Tipe Introvert: INFP, ISFP, INTP, ISTP, INFJ, ISFJ, INTJ, ISTJ 

Terlihat banyak sekali ya Bridgers? Tenang, tidak seribet kelihatannya kok! EduBridge bakal jelaskan secara singkat untuk setiap hurufnya:

  • Untuk huruf “E” mengartikan ekstrovert atau lebih menyukai bersosialisasi sedangkan huruf “I” adalah introvert yang cenderung suka menyendiri.
  • Untuk huruf “S” artinya sensing dan mengartikan seseorang lebih fokus pada pemikiran berdasarkan fakta. Sementara huruf “N” artinya intuition dimana seseorang akan mengandalkan intuisinya.
  • Untuk huruf “T” berasal dari thinking, mengartikan seseorang mengambil keputusan secara objektif. Sebaliknya huruf “F” atau feeling berarti seseorang mengandalkan perasaan untuk memutuskan sesuatu.
  • Untuk huruf “J” atau judging berarti seseorang cenderung berpegang teguh pada rencana atau nilai yang dia miliki. Huruf “P” atau perceiving biasanya lebih fleksibel dan mudah beradaptasi.

Nah, hasil tes akan berupa gabungan 4 huruf ya Bridgers! Kalian jadi bisa mengetahui lebih jelas deh tentang diri kalian sendiri. Bridgers bisa melakukan tes secara online juga secara gratis. Mudah ya?

Rekomendasi Jurusan Untuk 5 MBTI Paling Umum

Dari sekian banyaknya hasil tes MBTI, ada 5 tipe yang paling umum kita temukan yaitu: ISFJ, ESFJ, ISTJ, ISFP, dan ESTJ.

  • Karakteristik ISFJ (Introvert, Sensing, Feeling, Judging): Mereka adalah orang pekerja keras yang menyukai learning by doing. Mempunyai sifat perfeksionis, ISFJ juga merupakan pengamat baik.

Rekomendasi jurusan meliputi: Accounting, Nursing, Architecture, Biology

  • Karakteristik ESFJ (Ekstrovert, Sensing, Feeling, Judging): Mereka adalah para ekstrovert yang mudah berteman dan suka membantu orang lain. Selain itu, mereka merupakan team player yang baik.

Jurusan yang cocok meliputi: Psychology, Education, Hospitality Management

  • Karakteristik ISTJ (Introvert, Sensing, Thinking, Judging): Mereka adalah pribadi yang terorganisir, terencana dan disiplin. Merupakan tipe realistis, karakter mereka lebih fokus pada masa kini.

Cocok mengambil jurusan: Computer Science, Civil Engineering, Mechanical Engineering

  • Karakteristik ISFP (Introvert, Sensing, Feeling, Perceiving): Mereka adalah kepribadian berjiwa bebas dan artistik. Umumnya karakteristik mereka kurang menyukai struktur yang terlalu kaku.

Jurusan yang sesuai meliputi: Visual and Graphic Design, Culinary, Art

  • Karakteristik ESTJ (Ekstrovert, Sensing, Thinking, Judging): Mereka mempunyai karakteristik yang jujur dan berkeadilan tinggi. Sifat tegas, taat peraturan dan jiwa leadership tinggi menjadikan mereka cocok menjadi seorang pemimpin.

Rekomendasi jurusan: Criminology, Business Administration, Law, Pharmacy

Bagaimana Bridgers, kalian termasuk dalam 5 tipe ini tidak? Bila belum termasuk jangan khawatir, pada artikel selanjutnya EduBridge bakal jelasin juga tipe-tipe karakteristik MBTI lainnya ya! Semoga artikel ini dapat membantu Bridgers dalam pemilihan jurusan ya. Bila masih ragu, kalian bisa banget berdiskusi dengan konselor EduBridge secara gratis! Terkadang bantuan profesional dapat mempermudah proses pemilihan yang tepat loh!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *