Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Tips Studi Keluar Negeri: Barang Yang Wajib Dibawa!

Liburan keluar negeri saja kita sudah pusing mau bawa apa saja, gimana kalau kita studi dan menetap di negara asing? Tentu saja semakin galau mau bawa apa! Terlebih lagi jika kalian belum pernah pengalaman merantau. Selain persiapan mental, persiapan barang yang harus kita bawa akan mendukung lancarnya proses adaptasi kita di negeri lain.

Tenang saja, EduBridge akan spill sedikit tentang tips dan essentials yang gak boleh kalian lupakan untuk studi keluar negeri! Yuk simak artikel ini sampai habis, Bridgers!

Identitas Diri

Paspor berlaku sebagai identitas kalian ketika di luar negeri! Untuk keluar masuk proses imigrasi juga pastinya akan diperlukan. Pembelian sim card bahkan menginap di hotel terkadang perlu visa. Oleh karena itu sangat gawat jika hilang atau tidak kita bawa. Untuk jaga-jaga, Bridgers boleh membawa KTP. SIM dan lainnya, tapi pastikan simpan baik-baik ya!

Dokumen Beserta Salinannya

Tidak hanya paspor, pastikan juga dokumen seperti asuransi, ijazah, surat penerimaan dari universitas (letter of acceptance), transkrip nilai kalian bawa juga ya. Buatlah salinan atas dokumen tersebut dan simpan di tempat aman.

Uang Tunai/Kartu Debit & Kredit

Selanjutnya Bridgers wajib membawa persiapan finansial berupa uang tunai mata asing dan kartu debit/kredit yang bisa kalian gunakan di negara tersebut. Alasan mempersiapkan keduanya adalah karena jaman sekarang sudah serba digital, ada beberapa tempat yang masih menerima tunai dan yang tidak.

Pakaian Instagramable & Fungsional

Mungkin jika Bridgers pergi ke negara dengan musim hampir sama dengan Indonesia, tidak akan terlalu sulit perihal pakaian. Namun, jika akan studi di negara dengan 4 musim seperti Swiss contohnya, tentu akan lebih banyak printilan yang harus kalian bawa! Dari baju hangat, baju musim panas dan lain sebagainya. Belum lagi pasti kalian juga akan jalan-jalan dan foto-foto kan? Nah, bisa nih persiapkan OOTD outfit sebelum berangkat.

Segala Macam Obat-obatan

Bagi yang memiliki kondisi medis tertentu, kita anjurkan untuk membawa obat-obatan beserta cadangan dan resep dari dokter. Tidak hanya itu, yang tidak memiliki kondisi medis tertentu pun harus membawa cadangan seperti obat diare, paracetamol, obat masuk angin, suplemen vitamin dan lain sebagainya.

Bumbu Dapur Pelepas Rindu Makanan Lokal

Barang wajib bawa untuk studi keluar negeri yang satu ini paling sering terlewat nih! Kalian juga boleh banget untuk stock dan bawa makanan instan dan bumbu dapur ala Indonesia seperti indomie, sambal botol, dan rempah-rempah lainnya. Soalnya, pasti ada kalanya kalian rindu makanan Indonesia. Restoran maupun toko yang menjual bumbu dapur disana bisa lebih mahal pula!

Alat Masak Memasak

Bagi kalian yang gak bisa kenyang tanpa makan nasi, mesti banget bawa rice cooker mini! Mungkin studi di daerah asia masih bisa bertemu nasi dengan mudah, tapi di daerah seperti Eropa sedikit sulit. Restoran asia pun terbatas dan tak jarang, mahal! Jadi, pastikan untuk membawa peralatan kecil yang praktis seperti teflon, rice cooker, dan lainnya.

Peralatan Elektronik & Adaptor

Tentu saja smartphone dan laptop sudah menjadi hal utama yang harus Bridgers bawa! Apalagi di zaman digital, komunikasi dan pembayaran pun mulai menggunakan perangkat elektronik. Untuk navigasi pun bisa menggunakan google maps atau aplikasi transportasi yang berlaku. Jangan lupa untuk membawa charger atau adaptor untuk mengisi daya ya!

Jadi itu adalah beberapa barang wajib bawa untuk studi keluar negeri! Gimana, tips studi keluar negeri EduBridge ini bermanfaat gak Bridgers? Kalian bisa konsultasikan dulu dengan konselor EduBridge mengenai akomodasi, budget, aplikasi yang digunakan dan hal lainnya. Persiapkan diri dengan baik sebelum keberangkatan untuk pengalaman menyenangkan. Yuk konsultasi sekarang!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *