Edubridge Kelapa Gading

Jl. Boulevard Timur Raya Blok NE 1 no. 58, RT.8/RW.12, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Tolok Ukur Penelitian; Research Excellence Framework (REF)

Apakah Bridgers familiar dengan istilah Research Excellence Framework atau REF? Istilah REF memang tidak asing lagi di dunia pendidikan tinggi khususnya di negara UK. Hampir semua institusi di negara tersebut, khususnya yang aktif dalam bidang riset dan penelitian pasti akan memburu akreditasi yang memegang pengakuan secara internasional ini loh Bridgers! Sebelum kita membahas lebih lanjut lagi, yuk kita sama-sama simak apa arti dari REF ini sendiri ya!

Sekelompok ilmuwan yang bekerja di laboratorium yang memenuhi standard Research Excellence Framework (REF)
Sumber: Forbes

Arti Research Excellence Framework (REF)

REF sendiri adalah suatu sistem yang berasal dari UK dan bertujuan untuk menilai kualitas riset dari universitas di UK. Tahun 2014 adalah tahun sistem ini pertama kali aktif.

Penilaian REF dilakukan setiap 6 tahun sekali, artinya, universitas yang sudah mendapatkan tetap harus mengikuti penilaian ulang untuk mengetahui progres dan perkembangannya dalam bidang riset. Pastinya agar semua yang berpartisipasi tetap menjaga kualitas penelitian mereka dan tidak lalai ketika mendapatkan penghargaan ini.

Tahu gak Bridgers, jauh sebelum adanya sistem REF ada pendahulunya loh yang terkenal dengan nama Research Assessment Exercise atau RAE.  Tapi mengapa ya, bisa terjadi pergantian sistem? Untuk mengetahuinya, penting untuk mengenal dulu sistem RAE.

RAE, Sistem Pendahulu REF

Singkat kata RAE, sama seperti REF, mempunyai tujuan untuk menilai kualitas riset dan penelitian suatu institusi. Pada awalnya RAE pertama kali diimplementasikan oleh University Grants Committee di bawah kepemimpinan Peter Swinnerton-Dyer. 2 institusi yang menjalankan sistem ini berbeda dengan REF yaitu:

  • Higher Education Funding Council for England (HEFCE)
  • Scottish Funding Council (SFC)
  • Higher Education Funding Council for Wales (HEFCW)
  • Department for Employment and Learning (DEL)

Ada alasan tersendiri mengapa RAE mengalami perubahan menjadi REF. Hal tersebut terjadi karena adanya tuaian dari berbagai kritik. Pada saat itu, sistem ini mendapat kritik telah mengabaikan publikasi sebagian besar peneliti penuh waktu di UK yang mempunyai kontrak jangka waktu tetap. Hal itu terjadi karena dalam panduan sistem RAE sebagian besar dari asisten peneliti tidak memenuhi syarat untuk terdaftar sebagai bagian aktif dari suatu penelitian. Mengapa hal ini berdampak buruk? Penelitian yang dilakukan oleh staf yang tidak memenuhi syarat tidak akan diperhitungkan oleh RAE. Tidak hanya itu, institusi yang mengevaluasi juga diragukan kemampuannya untuk menilai penelitian. Maka dari itu banyak dari institusi yang sebenarnya mempunyai kualitas riset yang baik, harus mengalami penutupan departemen hingga PHK dan penyempitan peluang penelitian. 

Itulah alasan kemudian mengapa terjadi perubahan sistem RAE menjadi sistem REF dengan unit penelitian dan institusi pengawas yang berbeda juga. 

Kerangka Kerja REF

Nah, transisi kedua sistem ini menghasilkan kerangka kerja baru dengan harapan untuk hasil yang lebih baik:

  • Untuk menghasilkan indikator keunggulan penelitian yang kuat di seluruh Inggris untuk semua disiplin ilmu yang dapat digunakan untuk membandingkan kualitas terhadap standar internasional dan untuk mendorong pendanaan Dewan untuk penelitian
  • Untuk memberikan dasar untuk mendistribusikan dana terutama dengan mengacu pada keunggulan penelitian, dan untuk mendanai penelitian yang sangat baik dalam segala bentuknya di mana pun itu ditemukan
  • Untuk mengurangi secara signifikan beban administrasi pada institusi dibandingkan dengan RAE
  • Untuk menghindari menciptakan insentif perilaku yang tidak diinginkan
  • Untuk mempromosikan kesetaraan dan keragaman
  • Untuk menyediakan kerangka kerja yang stabil untuk dukungan berkelanjutan kami terhadap basis penelitian terkemuka dunia dalam pendidikan tinggi

Wah, terlihat ya motivasi untuk transisi perubahan sistemnya sangat positif dan tidak merugikan pihak mana pun!

Setelah membahas tentang transisi dari RAE dan REF, saatnya kita membahas institusi baru dan tujuan dari REF ini sendiri ya Bridgers!

Institusi Yang Melakukan REF

Inilah pihak eksternal universitas terbaru yang berjumlah 4 institusi yakni: 

  • Research England
  • Scottish Funding Council (SFC)
  • Higher Education Funding Council for Wales (HEFCW)
  • Department for the Economy, Northern Ireland (DfE)

Ke-4 institusi ini sekarang adalah yang bertanggung jawab dalam pendanaan universitas di UK. Tugasnya tetap sama, yaitu untuk memastikan kualitas riset dan penelitian sesuai dengan pendanaan. Mengapa? Karena hasil dari REF akan menentukan alokasi dari pendanaan tersebut di setiap universitas, Bridgers! 

Itu hanya salah satu dari tujuan sistem ini loh Bridgers, secara keseluruhan ada 3 tujuan REF.

Tujuan dari REF

Akreditasi ini tidak berfungsi hanya untuk menentukan berkualitas atau tidaknya suatu universitas. REF sangatlah berdampak dalam dunia riset, terlihat jelas dari situs REF 2021, ini ke-3 tujuan dari REF:

  • Sebagai wujud pertanggungjawaban dan hasil investasi riset dari pendanaan publik 

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya Bridgers, terdapat pengalokasian dana ke masing-masing universitas UK yang aktif dalam bidang riset. Tentunya dengan pendanaan negara, universitas juga harus membuktikan bahwa dana yang terpakai berbuah hasil!

  • Sebagai informasi perbandingan dan tolok ukur reputasi, untuk penggunaan dalam bidang pendidikan tinggi dan informasi publik

Tujuan dari riset adalah menjadi solusi terhadap masalah-masalah yang sedang terjadi di dunia. Maka dari itu setiap riset harus terbukti hasil dan kualitasnya. Semakin berkualitas suatu riset, reputasi badan riset pun akan meningkat dong!

  • Sebagai penentuan alokasi selektif dana untuk riset

Pengalokasian dana untuk setiap badan penelitian bergantung kepada hasil kerja. Itu alasan mengapa universitas saling berlomba-lomba untuk mendapatkan peringkat terbaik. Kinerja yang buruk bahkan dapat mengakibatkan penutupan suatu badan penelitian sedangkan hasil yang baik dapat mendapatkan pendanaan yang stabil

Setelah membahas tentang REF sendiri, sekarang saatnya untuk kita melihat peringkat 10 universitas dengan akreditasi REF paling tinggi yuk! Ini bisa menjadi pertimbangan kalian juga nantinya untuk memilih universitas impian di UK.

  1. University of Oxford
  2. University College London
  3. University of Cambridge
  4. University of Edinburgh
  5. University of Manchester
  6. King’s College London
  7. Imperial College of Science, Technology and Medicine
  8. University of Bristol
  9. University of Nottingham
  10. University of Leeds

Nah itu dia 10 universitas di UK dengan akreditasi REF tertinggi! Dari 10 kampus tersebut, apakah ada universitas impian Bridgers? Bagi kalian yang memang tertarik untuk kesempatan berpartisipasi di dunia riset dan penelitian, mesti banget memilih universitas dengan akreditasi REF tinggi! Semoga artikel ini bermanfaat ya Bridgers!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *